Alfa Romeo Luncurkan Mobil F1 2021, Pertahankan Duet Raikkonen-Giovinazzi

25/02/2021

Mobil baru

4 menit

Alfa Romeo jadi tim ketiga yang memperkenalkan mobil F1 2021, yang diberi nama C41. Adapun tim masih mempertahankan line-up Kimi Raikkonen dan Antonio Giovinazzi.

Bertempat di Warsawa, Polandia, Alfa Romeo yang mendapat sponsor utama PKN Orlen memamerkan mobil F1 2021 mereka. Alfa Romeo  menduetkan Raikkonen-Giovinazzi untuk berada di balik kemudi sebagai pembalap utama dan Rober Kubica jadi pembalap test serta cadangan tim.

>>> McLaren Perkenalkan MCL35M, Mobil F1 2021 Bermesin Mercedes

Dari merah putih menjadi putih merah

Diberi nama C41, livery mobil F1 Alfa Romeo tahun 2021 mendapatkan revisi dari sebelumnya. Kali ini bagian atas mobil seperti engine cover diberi warna putih dengan aksen merah, sedang bagian bawah seperti sidepod dikelir merah.

Kimi Raikkonen, Antonio Giovinazzi, dan Robert Kubica berpose di Alfa Romeo C41

Alfa Romeo mempertahankan line-up pembalap musim 2021

Adapun mobil F1 Alfa Romeo tahun 2021 ini akan memulai debut treknya pada Jumat (26/2) dalam sesi shakedown di Circuit de Barcelona-Catalunya, dengan tes pra-musim bergulir antara 12-14 Maret di Sirkuit Sakhir, Bahrain.

“Peluncuran mobil baru selalu menjadi momen emosional, puncak dari kerja keras selama berbulan-bulan dari semuanya di pabrik, dan menjadi awal dari petualangan baru,” ujar Team Principal, Frederic Vasseur.

“Saya pikir filosofi yang menjadi basis tim masih sama, kami harus melakukan pekerjaan lebih baik kedepannya dari yang kita lakukan hari ini. Kami sudahi musim 2020 di posisi kedelapan, jadi kami mengincar hasil lebih baik tahun 2021. Untuk itu, kami harus terus berimprovisasi di tiap departemen, baik di sisi trek ataupun basis utama.

“Tiap tim di grip memiliki ekspektasi tinggi saat ini, seluruh tim berharap untuk melakukan pekerjaan bagus di musim dingin, dan berada di posisi yang bagus untuk balapan pertama, namun tak lama lagi semuanya untuk menampilkan mobil mereka.”

>>> Situasi COVID-19 Belum Kondusif, F1 GP Australia 2021 Terancam Batal

Habiskan token pengembangan untuk development sisi depan

Di musim 2020 lalu, F1 memberlakukan pembekuan pengembangan (development freeze) yang berarti mobil 2021 tidak akan berbeda jauh dari tahun sebelumnya.

Pun demikian, tiap tim diberikan kelonggaran dengan dua token development untuk mendevelop beberapa bagian mobil yang akan dipakai musim 2021, tak terkecuali Alfa Romeo.

Tampilan depan mobil Alfa Romeo C41

Alfa Romeo menghabiskan token development musim 2021 untuk merevisi sisi depan mobil

Tim yang berbasis di Hinwil, Swis, itu memakai seluruh token developmentnya untuk mendevelop bagian depan mobil F1 Alfa Romeo C41, khususnya di bagian nosecone.

“Kami memutuskan untuk menginvestasikan dua token untuk hidung baru, nose box, dan crash box yang dibuat baru, semuanya dilakukan karena alasan aero,” ujar Technical Director Jan Monchaux.

“Kami jelas melakukan perombakan besar pada suspensi depan, sayap depan, dan drum rem depan, di mana tim menginvestasikan banyak usaha, begitu juga barge boards, dan deflektor di sisi depan mobil.”

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa ditemukan di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top