Akan Diluncurkan di India, Berikut 10 Perubahan Suzuki Wagon R 2019

05/01/2019

Mobil baru
Akan Diluncurkan di India, Berikut 10 Perubahan Suzuki Wagon R 2019
Generasi terbaru Suzuki Wagon R 2019 (atau Maruti Wagon R) akan diluncurkan di India pada tanggal 23 Januari. Mendapatkan beberapa perbedaan dibandingkan generasi sebelumnya, Indianautosblog menunjukan beberapa pergantian yang dilakukan untuk MPV andalan Suzuki ini.

Menjelas debut resminya di India pada 23 Januari nanti, facelift Suzuki Wagon R 2019 telah terlihat di gudang dealer. Beberapa sumber, termasuk Indianautosblog menangkap beberapa perbedaan mobil ini dibandingkan pendahulunya, mulai dari pembaruan kosmetik, fitur, serta mekanisme berkendara yang baru. Berikut beberapa perbedaan yang bisa dilihat pada Wagon R 2019.

1. Perubahan dimensi

Untuk pasar India, Suzuki akan menampilkan desain yang hampir sama dengan model Jepang, namun tetap menawarkan desain yang sama sekali baru untuk membuat generasi ketiga jauh lebih berani dan segar dibandingkan pendahulunya. Selain itu, Wagon R mendapatkan perubahan dimensi yang membuatnya lebih tinggi dan lebih besar.

bagasi Suzuki Wagon R 2019 berwarna putih yang terbuka

Perubahan dimensi Suzuki Wagon R 2019 lebih besar

2. Mesin 1.2 liter

Suzuki Wagon R 2019 akan mempertahankan mesin K10B 1.0 liter untuk pasar India. Namun untuk spesifikasi teratas, Suzuki akan menawarkan mesin K12B tiga silinder 1.2 liter yang ditemukan di Ignis. Kemungkinan besar, ketersediaan mesin yang lebih besar akan terbatas.

>>> Ini Dia Bocoran Fitur Toyota Avanza Veloz 2019 dan Toyota Avanza tipe G 2019

3. Tanpa platform HEARTECT

Tidak seperti tampilan versi Jepang atau Indonesia, versi India tidak akan menggunakan arsitektur HEARTECT yang ringan. Saat ini, mobil paling terjangkau yang menggunakan arsitektur yang kuat namun ringan adalah Ignis. Gen baru Wagon R didukung oleh versi revisi dari platform yang memenuhi norma-norma pengujian kecelakaan ketat yang akan datang.

mesin Suzuki Wagon R 2019 berwarna putih

Mesin baru pada Suzuki Wagon R 2019

4. Empat pilihan mesin

Untuk mesin lainnya tidak akan ada banyak perubahan. Pasalnya Wagon R akan tersedia dalam empat varian mesin, yaitu mesin bensin 1.0 liter, 1.0 liter bensin-CNG, 1.0 liter bensin-LPG dan mesin bensin 1.2 liter. Selain itu, opsi transmisi yang diberikan yaitu manual 5 kecepatan dan AMT 5 kecepatan akan dibawa ke generasi berikutnya.

>>> Berita mobil baru dalam dan luar negeri bisa Anda dapatkan di sini

5. Pembaruan fitur

Sedangkan untuk interior, model baru akan mendapatkan interior dual-tone dan pelapis beige dan brown. Model baru mendapatkan kluster instrument yang direvisi, soket pengisian daya telepon 12V, spion yang dapat disetel secara elektrik, AC manual, dan setir multifungsi. Dikenal karena kepraktisannya, Wagon R yang baru juga diharapkan menawarkan kantong tambahan, tempat gelas dan tempat botol.

interior dasbor Suzuki Wagon R 2019 berwarna hitam

Pembaruan fitur pada bagian dalam Suzuki Wagon R 2019

6. Sistem infotainment layar sentuh

Gambar mata-mata terbaru telah mengungkapkan Suzuki Maruti Wagon R 2019 akan menampilkan unit infotainment layar sentuh yang menjadi pusat perhatian pada dasbor. Dari penampilannya, unit infotainment SmartPlay yang sama akan tersedia pada trim teratas dengan model yang lebih mahal.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

7. Tidak ada varian 7 kursi

Meskipun mendapatkan dimensi yang lebih besar, Wagon R 2019 tampaknya akan memberhentikan desain 7 kursi. Untuk selanjutnya, Suzuki akan meneruskan desain 5 kursi.Hal yang sama juga terjadi di Indonesia, model tiga baris yang sudah dievaluasi di pasar harus diberhentikan karena rendahnya permintaan dari konsumen.

Suzuki Wagon R 2019 berwarna putih dilihat dari samping

Wagon R hanya akan mengandalkan dua baris kursi

8. Persiapan kendaraan listrik

Maruti Suzuki India Ltd (MSIL) telah menguji 50 unit Wagon R buatan Jepang dengan powertrain listrik di jalanan umum di India. Suzuki menyebutkan pengujicobaan ini tidak terikat di India. Perusahaan akan menggunakan data yang diperoleh dari tes jalan untuk validasi mobil listrik baru berdasarkan Wagon R. Varian listrik murni akan diluncurkan pada 2020 dan menjadi model Suzuki pertama dengan powertrain semua listrik.

>>> Harga Suzuki Karimun Wagon R 2017: City Car yang Kembali Hadir dengan Mempertahankan Desain Nyentrik

9. Peningkatan sistem keamanan

Suzuki Wagon R akan lebih aman dibandingkan model sebelumnya. Pasalnya, semua trim akan dilengkapi dengan airbag sisi pengemudi, sistem ABS, jangkar kursi anak ISOFIX, kunci pintu sensor kecepatan, penguncian pintu dengan sensor dampak, peringatan kecepatan tinggi, dan peringatan sabuk pengaman depan. Model baru akan mendapatkan pengerjaan ulang pada platform untuk menawarkan perlindungan kecelakaan yang lebih tinggi.

Suzuki Wagon R 2019 dari depan dengan pintu terbuka

Bagian depan Suzuki Wagon R 2019

10. Harga premium

Dengan penambahan fitur keamanan, mesin yang lebih besar, pembaruan platform, kantong udara tambahan, serta sensor dan fitur yang lebih tinggi pasti akan mempengaruhi harga. Di India, Wagon R 2019 diperkirakan akan menelan biaya antara INR 4.5 – 6 lakh (Rp 92 hingga Rp 120 jutaan), bandingkan model saat ini yang dihargai INR 4.15 hingga 5.36 lakh (Rp 85 jutaan hingga 100 jutaan).

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top