Ada Toyota Yaris Versi Mobil Niaga di Spanyol, Begini Bentuknya

03/08/2021

Mobil baru

2 menit

Toyota Spanyol resmi merilis Toyota Yaris ECOVan yang didapuk sebagai mobil niaga dengan mengubah ruang baris kedua menjadi lantai untuk menyimpan barang.

Meski mungil rupanya Toyota Yaris bisa disulap menjadi beberapa model. Setelah mendapatkan bodi yang lebih besar bernama Yaris Cross serta versi balap dari model GR Yaris, ternyata pabrikan Jepang tiu masih ingin mengembangkan mobil populer tersebut dengan memperkenalkan Toyota Yaris Hybrid ECOVan yang dipersiapkan sebagai mobil niaga.

Ruang kabin dimodifikasi

Bagaimana caranya sebuah hatchback mungil diubah menjadi mobil niaga untuk angkutan barang? Ide ini merupakan bagian dari Toyota Professional di Spanyol yang memperkenalkan Yaris Hybrid ECOVan, dibuat berdasarkan model generasi terbaru yang diperkenalkan di Eropa tahun lalu.

bagasi Toyota Yaris versi kargo
Bagian belakang memiliki ruang berkapasitas 720 liter

Mobil ini didesain untuk menjadi solusi mobilitas perkotaan hingga pengiriman yang tak terlalu jauh. Terlihat jelas bagaimana kursi belakang di dalam kabin dihilangkan. DIganti menjadi lantai kayu yang ditinggikan dengan pelindung karet dipasang. Termasuk pembagian kompartemen kargo dan kait pengikat untuk mengangkut barang-barang di dalam kabin.

Toyota menyebutkan bahwa Yaris ECOVan dapat mengangkut muatan hingga 720 liter kargo namun dengan bobot di bawah 430 kilogram. Angka ini tentu saja lebih tinggi dibandingkan Yaris standar yang hanya menawarkan volume bagasi belakang 286 liter.

>>> Keunggulan Toyota Aqua, Kembaran Toyota Yaris Khusus Pasar Jepang

jaring pelindung pada Toyoa Yaris ECOVan
Ada jaring pelindung untuk pengemudi dan penumpang di depan

Nama ECOVan sendiri tentu saja merujuk pada kemampuan mobil ini menghadirkan pengendaraan yang ramah lingkungan. Semuanya berkat sistem hybrid dari mesin 1,5 liter 3-silinder dan motor listrik dengan total output 116 hp dan torsi 141 Nm. Konsumsi bahan bakarnya bahkan mencapai 4,3 liter per 100 km, atau 23 km/l.

>>> Ludes Terjual di IU, Intip Spesifikasi Toyota GR Yaris 2021 Indonesia

Ramah lingkungan

Bagian luarnya memang tak banyak berubah dibandingkan mobil Yaris seperti biasa. Tampilan yang modern dan stylish dari generasi keempat yang diperkenalkan 2020 lalu masih dipertahankan. Tapi Toyota Spanyol menawarkan opsi untuk menambahkan jendela belakang berlapis vinil yang bisa digunakan untuk menambahkan branding perusahaan.

Toyota Yaris 2021 di Eropa
Bagian luarnya tak begitu jauh berbeda dibandingkan Yaris standar

Ada dua tipe yang tersedia, Business Plus dan Active Tech. Keduanya menawarkan fitur standar seperti Toyota Safety Sense, sensor hujan, Auto High-Beam, dan sistem infotainment 7,0 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Butuh €1,300 (sekitar Rp 22 juta) atas harga Toyota Yaris standar untuk mendapatkan versi kargo. Saat ini, Yaris ECOVan hanya tersedia di Spanyol. Namun tak menutup kemungkinan Toyota akan menawarkan mobil niaga mungil ini ke seluruh Eropa.

>>> Harga Toyota Yaris terbaru dan promo 2021 bisa Anda temukan di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top