Ada Lagi Nih Mobil China yang Siap Masuk Indonesia, Begini Wujudnya

13/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Mobil China Weltmeister disebut siap memasuki pasar otomotif Indonesia dengan menawarkan sebuah SUV listrik yang punya banderolan harga cukup terjangkau.

Indonesia tampaknya menjadi pasar yang menarik bagi para produsen mobil China untuk menancapkan kuku bisnisnya. Kali ini giliran pabrikan mobil listrik WM Motor yang dikabarkan akan segera meramaikan pasar otomotif Tanah Air mulai tahun depan.

WM Motor bakal menghadirkan produk-produk dengan merek Weltmeister ke Indonesia melalui perwakilan yang ditunjuk yakni PT WM Motor Asia Pacific. 

Weltmeister EX5

SUV listrik EX5 yang disebut siap masuk Indonesia

>>> Inikah Mobil Listrik Chery yang Bakal Dijual di Indonesia?

Siap Tawarkan Mobil Listrik Sesuai Selera Orang Indonesia

WM Motor bakal memboyong mobil listriknya W5 atau dikenal juga dengan model EX5 yang merupakan SUV listrik. SUV berkapasitas lima penumpang ini dinilai cocok untuk masyarakat Indonesia. 

Melansir Paultan, CEO WM Motor Pacific Yedi Yunadi Sondy menyebut bahwa SUV listrik EX5 sesuai dengan selera masyarakat Indonesia kebanyakan di samping fungsionalitas dan kepraktisannya. 

Sekadar informasi, Weltmeister EX5 dibekali motor listrik yang bisa menghasilkan tenaga 218 PS dan torsi 315 Nm. Untuk Indonesia, mobil China ini akan mengusung baterai berdaya 49 kWh dan dipercaya bisa menempuh jarak hingga 300 km. 

Kemudian, Weltmeister EX5 ini kabarnya akan memiliki sistem berkendara otonom level dua disertai dengan ragam fitur canggih nan kekinian seperti kamera depan beresolusi tinggi, tiga radar dengan jarak gelombang menengah, serta kamera 360 derajat. 

Weltmeister EX5

Di China, SUV ini dibanderol Rp 331 jutaan

Sedangkan di China sendiri ada tiga varian yang ditawarkan dengan daya baterai berbeda. Adapun ketiga model itu adalah EX5 400 dengan 52.5 kWh, untuk menempuh jarak sejauh 400 km. Kemudian ada juga EX500 dengan 56,9 kWh yang bisa menempuh jarak 460 km. Terakhir ada EX5 Pro dengan daya baterai 59,5 kWh. 

Di negara asalnya, EX5 paling murah dibanderol 149.800 yuan atau setara dengan Rp 331 jutaan. Bila tak ada perubahan harga yang signifikan, maka mobil China ini akan menjadi pilihan menarik apalagi sudah mengusung tenaga listrik. 

>>> Mobil China Ini Terang-Terangan Caplok Desain Toyota Land Cruiser 2021

Mobil China di Indonesia Makin Ramai

Weltmeister EX5

Seperti diketahui saat ini mobil listrik di Indonesia harganya masih terbilang tinggi. Untuk segmen mobil penumpang, rata-rata punya banderolan di kisaran Rp 600 jutaan. 

Kehadiran Weltmeister tentu menambah panjang daftar mobil China di Indonesia. Saat ini, sudah ada Wuling, DFSK, MG (merek Inggris dan dimiliki pabrikan China), kemudian rencananya Chery pun akan menyusul dalam waktu dekat. 

Meski begitu, Indonesia bukan satu-satunya negara yang dibidik PT WM Motor Asia Pacific. Kabarnya mereka juga akan menjadi distributor sekaligus memasok mobilnya itu ke Vietnam, New Caledonia, dan beberapa negara lainnya. Wah patut ditunggu nih! Akankan deretan mobil merek China ini sanggup menggeser dominasi pabrikan Jepang di Indonesia? 

>>> Tragis, Banjir Besar di China Hancurkan 400 Ribu Mobil

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top