7 Teknologi Baru Toyota dalam Konsep Toyota LQ di Tokyo Motor Show 2019

14/10/2019

Mobil baru

4 menit

7 Teknologi Baru Toyota dalam Konsep Toyota LQ di Tokyo Motor Show 2019
Toyota selalu dikenal dengan perkembangan teknologi yang unik dan baru di Tokyo Motor Show. Dan tahun ini, teknologi baru Toyota disematkan dalam mobil konsep Toyota LQ yang akan dipamerkan pada 23 Oktober mendatang.

Mobil konsep Toyota LQ bukanlah konsep baru. Pertama kali diluncurkan oleh Toyota pada Januari 2017 di CES di Las Vegas sebagai Concept-I, mobil ini mendapatkan pembaruan untuk Tokyo Motor Show 2019 dengan berbagai teknologi baru Toyota. Tak tanggung-tanggung, ada 7 teknologi anyar milik Toyota yang bisa Anda saksikan ketika LQ nantinya ditampilkan kembali akhir bulan ini.

1. Teknologi kecerdasan buatan Yui

Dengan kecerdasan buatan yang diberi nama “Yui”, teknologi ini akan memberikan pengalaman mobilitas pribadi berdasarkan emosi dan kewaspadaan pengemudi. Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan, AI dapat terlibat dengan pengemudi menggunakan komunikasi suara interaktif, fungsi di kursi yang dirancang untuk meningkatkan kewaspadaan atau mengurangi stress, pendingin udara, dan interaksi mesin-manusia lainnya.

Perkenalan pertama teknologi Yui pada CES 2017

Selain itu, Yui bisa memilih dan memutar music berdasarkan lingkungan mengemudi dan memberikan informasi secara real-time tentang topik yang menarik bagi pengemudi. Selain penelitian Toyota, sistem ini juga dikembangkan oleh JTB Corporation untuk informasi dan fasilitas rute mengemudi, AWA Co, Ltd untuk layanan streaming musik, serta NTT DoCoMo, INC untuk konektivitas 5G.

2. Sistem Parkir Valet Otomatis (dikembangkan bersama Panasonic Corporation)

Sistem ini membantu Anda mencari tempat parkir terdekat dan meningkatkan aksesibilitas bagi pengemudi dengan keterbatasan mobilitas, seperti manula, orang-orang dengan cacat fisik, wanita hamil, atau ketika Anda sedang membawa bayi. Sistem ini juga memaksimalkan ruang di tempat parkir dan mengurangi jarak antar kendaraan yang berdekatan hingga 20 sentimeter.

mobil konsep Toyota LQ berwarna putih
Sistem valet menggabungkan beberapa teknologi dalam LQ

Sistem ini menggunakan teknologi yang mengidentifikasi posisi kendaraan menggunakan kamera, sonar dan radar, pemetaan jalan 2D, kamera yang dipasang di tempat parkir, dan sistem AI. Sensor kendaraan dan kamera parkir juga memantau kendaraan lain dan pejalan kaki pada rute mengemudi, secara otomatis berhenti ketika ada kendaraan lain atau pejalan kaki terdeteksi.

>>> Toyota Mirai Generasi Kedua Terlihat Menakjubkan dengan Platform Baru

3. AR-HUD (dikembangkan bersama Panasonic Corporation)

LQ menggunakan tampilan Augmented Reality (AR) untuk memperluas area head-up display (HUD). Toyota menjelaskan bahwa teknologi ini akan mendukung sistem berkendara yang aman dengan mengurangi gerakan mata pengemudi. Informasi seperti peringatan jalur, rambu-rambu jalan, dan panduan rute bisa ditampilkan secara tiga dimensi dalam tampilan layar besar (230 inci).

4. Kursi dengan sistem alert dan relaksasi (pertama di dunia dan dikembangkan bersama Toyota Boshoku Corporation).

Pertama di dunia, teknologi baru Toyota ini memberikan kenyamanan sekaligus meningkatkan fokus pengemudi. Sistem tempat duduk canggih LQ terdiri dari beberapa kantung udara tiup yang tertanam di kursi bersama sistem pendingin di tempat duduk untuk membantu pengemudi tetap terjaga atau rileks, tergantung situasi mengemudi,

warna kabin baru Toyota LQ berwarna biru
Desain kabin mobil konsep Toyota LQ

Ketika sistem merasakan pengemudi lelah, Kantong udara di belakang akan mengembang untuk mendukung postur duduk tegak dan mengarahkan udara dingin dari sistem ventilasi yang terletak di kursi. Ketika kondisi membuat pengemudi rileks, seperti dalam mode swakemudi, kantong udara di belakang akan mengembang dan berkontraksi untuk mendorong pernafasan perut.

>>> Ingin mencari mobil baru Toyota? Dapatkan daftarnya hanya di sini

5. Fungsi Human-Machine Interfence baru

LQ menggunakan area atap dan lantai sebagai platform komunikasi intuitif dan berbagi informasi antara kendaraan dan penumpang. Pencahayaan kabin menampilkan warna yang berbeda untuk menunjukkan mode mengemudi otomatis atau manual.

sistem parkir Toyota LQ dari lampu berwarna putih

Digital Micromirror Device dipasang di lampu depan

LQ juga dapat mengkomunikasikan informasi seperti kondisi permukaan jalan kepada penumpang menggunakan Digital Micromirror Device (DMD) yang dipasang di lampu depan. Sistem ini dapat mengaktifkan satu juta cermin kecil yang tertanam untuk memproyeksikan tampilan kompleks di jalanan yang dilalui oleh pengemudi.

>>> Review Toyota Sienta 2019 Indonesia: Penyegaran Kosmetik dan Peningkatan Kenyamanan Penumpang

6. Dasbor berlayar LED Organik

Melalui konsep LQ, Toyota pertama kali memperkenalkan dasbor dan pengukur kecepatan menggunakan LED organik (OLED) pada mobilnya. Dengan desain panel instrument canggih dipercaya akan menawarkan visibilitas yang bagi pengemudi selama berkendara.

tampilan dasbor Toyota LQ berwarna hitam dan putih

Dasbor Toyota LQ menggunakan teknologi LED organik

7. Teknologi air purification (dikembangkan bersama Aisin Chemical Co., Ltd dan Cataler Corporation)

Teknologi baru Toyota dalam mobil konsep LQ terakhir adalah lapisan katalis baru yang dikembangkan menguraikan ozon menjadi oksigen pada kipas radiator, memungkinkan ozon di dekat permukaan tanah dan terurai pada saat kendaraan bergerak. Toyota telah mengukur efek pelapisan menghasilkan 60% ozon yang terkandung dalam 1.000 liter udara selama satu jam perjalanan.

>>> Berita terupdate dan terlengkap tentang dunia otomotif hanya di situs Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top