6 Keunggulan Hyundai CRETA Dibanding Rival-rivalnya

18/11/2021

Mobil baru

10 menit

Share this post:
Hyundai CRETA sudah diluncurkan secara resmi di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Apa keunggulan mobil ini dibandingkan rivalnya?

Setelah menanti dengan penuh rasa penasaran, masyarakat Indonesia akhirnya bisa berkenalan dengan Hyundai CRETA di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang digelar di Indonesia Convention Exhibition, BSD, Tangerang Selatan.

Gambar Hyundai CRETA

Anda bisa berkenalan langsung dengan Hyundai CRETA di GIIAS 2021

Sejak diluncurkan pada hari pertama GIIAS 2021, para pengunjung tak henti-hentinya mengunjungi booth Hyundai yang terletak di hall 5 - 6 untuk melihat langsung Compact SUV dengan tampilan berani, dinamis, dan futuristik tersebut.

Wajar saja, mobil perdana yang diproduksi Hyundai di Tanah Air ini hadir dengan deretan keunggulan yang membuat CRETA sangat menarik dibanding rival-rivalnya. Berikut 6 di antaranya:

1. Desain Futuristik yang Menjadi Pusat Perhatian

Sebelum Indonesia, Hyundai CRETA sudah dipasarkan terlebih dahulu untuk pasar India dan Brazil. Namun, Hyundai Motors Indonesia (HMID) membawa kejutan untuk pasar Indonesia dengan tampilan yang sepenuhnya baru.

>>> Review Hyundai CRETA 2021: SUV Pertama Hyundai untuk Orang Indonesia

"Kami menerima tanggapan yang sangat positif dari para pecinta otomotif di Indonesia sejak sketsa desain Hyundai CRETA dirilis minggu lalu. SUV ini dibangun dan didesain khusus sesuai dengan minat dari pelanggan di Indonesia," terang SungJong Ha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID).

Gambar Fascia Depan Hyundai CRETA

Tampilan fasad depan CRETA, kental dengan nuansa futuristik

Nuansa futuristik hadir di bagian fasad depan melalui Parametric Jewel Pattern Grille yang berpadu dengan Hidden-type LED DRL yang langsung menyita pandangan orang-orang yang melihatnya.

Siluet Hyundai CRETA dengan garis-garis dinamis dan berotot membuat tampilan mobil terlihat gagah. Apalagi ditunjang dengan ground clearance 200 mm yang membuat mobil ini siap untuk berbagai medan jalanan di Indonesia.

Gambar Lampu Belakang Boomerang-type

Tak sulit untuk mengenali CRETA dari belakang dengan pendar lampu berbentuk boomerang-nya

Didukung pula dengan lampu belakang Boomerang-type dan High Mounted Stop Lamp (HMSL) yang menjadi kombinasi tepat untuk menggenapkan tampilan futuristik pada eksterior mobil. Pendar lampunya yang khas akan membuat CRETA tampil berbeda dengan mobil di sekitarnya.

2. Dilengkapi dengan Hyundai Bluelink

Demi mendukung mobilitas masyarakat yang dinamis, Hyundai CRETA dilengkapi dengan berbagai fitur canggih dan menarik, salah satunya Hyundai Bluelink yang memungkinkan pemilik mobil untuk selalu terhubung dengan CRETA melalui smartphone.

Lewat Hyundai Bluelink, fitur-fitur penting kendaraan seperti mengetahui kondisi terkini, menghidupkan/mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci/membuka kunci pintu, menyalakan klakson, menyalakan/mematikan lampu, hingga mengetahui di mana kendaraan diparkir.

Gambar Hyundai Bluelink

Anda akan menemukan eksibisi khusus untuk memahalami fitur ini di booth Hyundai selama GIIAS 2021 berlangsung

Selain itu, fitur canggih lainnya yang ada pada Hyundai Bluelink seperti Stolen Vehicle Notification & Stolen Vehicle Tracking dapat memberi peringatan kepada pemilik mobil melalui smartphone saat mobil sedang ingin dicuri dan mengetahui posisinya secara real time.

>>> Hyundai CRETA Meluncur di Indonesia, Siap Tantang Honda HR-V

Pemilik mobil juga bisa membuat pagar virtual (Geo-Fence Notification) yang mengatur perimeter. Jadi ketika mobil keluar dari batasan digital tadi, akan ada notifikasi yang diterima oleh pemilik kendaraan.

Jika mobil tersebut dicuri, pemilik mobil juga bisa langsung menghubungi call center untuk meminta mobil tersebut dilumpuhkan dengan Stolen Vehicle Immobilization.

Terdapat juga fitur ACN (Auto Collision Notification), tombol SOS/Emergency Assistance, dan Roadside Assistance (RSA) yang dapat digunakan oleh pemilik mobil di situasi darurat lainnya.

Gambar Hyundai Bluelink

Ilustrasi penggunaan Hyundai Bluelink

Melalui Hyundai Bluelink, pemilik mobil juga bisa mengetahui apabila mobil sedang dalam kondisi prima maupun kurang prima melalui Manual/Automatic Diagnostic Report yang secara otomatis akan melakukan diagnosa jika terjadi kejanggalan pada mobil.

Lalu, mobil juga bisa memberikan laporan bulanan mengenai berbagai aktivitas yang telah dilakukan kendaraan lewat fitur Driving Information and Vehicle Health Report.

Vehicle Status Check/Notification juga tak kalah membantu dalam menginformasikan kondisi perawatan mobil dalam bentuk notifikasi.

Selain yang sudah kami sebutkan di atas, masih banyak fitur-fitur lain yang bisa dieksplorasi seperti Speed Notification, Time-Fence Notification, Valet Mode, dan Idling Time Notification.

3. Bebas Melakukan Kustomisasi dengan My Own CRETA

Hyundai menawarkan CRETA dengan layanan khusus yang disebut My Own CRETA. Layanan ini memberikan keleluasaan pilihan pada konsumen dalam memilih fitur dan tampilan mobil sesuai keinginan, mirip dengan personalisasi di merek-merek mobil premium Eropa.

>>> GIIAS 2021: Fitur Canggih Ini Bikin Hyundai Creta 2022 Lebih Aman di Jalan

Gambar Booth My Own CRETA

Tak kalah dengan mobil premium Eropa, calon pemilik Hyundai CRETA bisa melakukan kustomisasi

My Own CRETA memberikan konsumen dengan pilihan 10 paket fitur, 10 warna eksterior, 2 warna interior, dan 3 jenis Radiator Grille atau Daytime Running Light

Semua pilihan tersebut akan membuka jalan ke lebih dari 9.000 kombinasi di dalam CRETA, sehingga pelanggan bisa mendapatkan mobil yang paling sesuai dengan kepribadiannya masing-masing.

Gambar Package My Own CRETA

10 paket fitur yang bisa dipilih dalam layanan My OWN CRETA

Layanan ini disediakan pada varian Trend dan My Own CRETA tersedia di platform Click to Buy yang dapat diakses melalui web resmi HMID, www.hyundai.com/id/id.

4. Mengusung Fitur Keselamatan Hyundai SmartSense

Hyundai CRETA mengusung fitur keselamatan Advanced Driver Assistance System (ADAS) bernama Hyundai SmartSense.

Fitur ini terdiri dari Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA), dan Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA).

Gambar Hyundai SmartSense

Keselamatan berkendara akan terjaga dengan Hyundai SmartSense

Sebagai satu kesatuan, Hyundai SmartSense akan mendukung keselamatan berkendara yang optimal. Pengemudi pun bisa lebih fokus dalam mengemudi karena detail-detail kecil seperti menjaga mobil di lajur atau mengantisipasi kemungkinan kecelakaan sudah terbantu oleh fitur ini.

Tak kalah penting, disematkan juga fitur yang memudahkan ketika mengemudi seperti Hill-Start Assist Control (HAC) dan Emergency Stop Signal (ESS).

5. Dilengkapi Fitur Kenyamanan Premium yang Tak Kalah Menarik

Tak hanya fitur-fitur yang telah kami sebutkan di atas, Hyundai CRETA juga dibekali dengan fitur kenyamanan premium yang siap memanjakan pengemudi dan penumpangnya.

Sebut saja head unit touchscreen 8 inci yang terintegrasi dengan smartphone dengan sistem audio premium lansiran BOSE.

Gambar Interior CRETA

Tampilan dashboard dan cockpit Hyundai CRETA

Ada juga Ambient Mood Light dan Panoramic Sunroof yang membuat interior terlihat berkelas sekaligus mendukung nuansa berkendara yang menyenangkan.

Tak ketinggalan, fitur-fitur pendukung kenyamanan seperti Wireless Phone Charging, Cooling Glove Box, dan Ventilated Seat untuk kursi di baris terdepan juga tersedia di Hyundai CRETA.

>>> GIIAS 2021: Rekomendasi Mobil Rp 200 Jutaan, Dari Xenia Hingga Creta

6. Performa Menjanjikan yang Didukung Teknologi

Hyundai CRETA mengusung mesin Smartstream G1.5 yang berkapasitas 1.497 cc. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga 113 HP dan 144 Nm. Tenaga itu disalurkan ke roda depan (FWD) melalui pilihan transmisi manual 6-percepatan atau IVT (Intelligent Variable Transmission).

Mendukung performanya, mesin Smartstream tersebut dibekali dengan teknologi Dual Port Fuel Injection (DPFI) dan Integrated Thermal Management System (ITMS).

Gambar Mesin CRETA

Mesin Smartstream G1.5 mampu menghasilkan tenaga yang mumpuni

Bonar Pakpahan, Product Expert HMID menjelaskan bahwa penggunaan dual injektor (DPFI) akan menciptakan campuran udara dan bahan bakar yang lebih stabil.

“Dengan campuran yang lebih stabil, maka resirkulasi gas buangnya lebih baik serta ada benefit pada pengabutan dan pembakaran yang lebih sempurna sehingga emisi gas buangnya lebih baik,” terang Bonar.

Sementara itu, ITMS sejatinya adalah katup dua arah di sistem pendinginan mesin. Katup itu berfungsi untuk meregulasi cairan pendingin mesin ke radiator dan ke pendingin transmisi.

Teknologi ini akan meningkatkan kinerja manajemen thermal mesin sehingga dapat meningkatkan ketahanan mesin terutama di negara seperti Indonesia yang beriklim tropis.

Gambar Kenop Power/Traction Mode

Anda bisa memilih berbagai pilihan mode berkendara dan traksi melalui kenop ini

Tak ketinggalan, Hyundai CRETA juga dibekali dengan Drive dan Traction Mode untuk mendapatkan performa terbaik sesuai dengan kondisi.

Anda bisa melihat langsung Hyundai CRETA dengan mengunjungi booth Hyundai yang di Hall 5 - 6 pameran GIIAS 2021 yang berlangsung di ICE BSD dari tanggal 11 hingga 21 November.

Selain melihat CRETA, Anda juga bisa melihat dan menjajal mobil-mobil lain dari Hyundai seperti STARIA, New SANTA FE, PALISADE, IONIQ Electric dan KONA Electric.

Gambar Hyundai KONA Electric

Tak hanya CRETA, Anda juga bisa melihat mobil Hyundai lainnya seperti KONA Electric

Ada juga aktivitas-aktivitas menarik seperti permainan sepak bola interaktif yang merupakan kolaborasi Hyundai dengan Chelsea FC. Jika Anda penggemar K-Pop, Anda juga bisa berfoto bersama para member BTS dengan teknologi photobooth augmented reality.

HMID pun akan memberikan promo spesial bagi yang melakukan pre-booking Hyundai CRETA dari November 2021 hingga Januari 2022.

"Bagi konsumen yang booking sekarang, kita berikan gratis biaya suku cadang untuk maintenance selama 4 tahun. Kemudian juga mendapat gratis car pick up and delivery selama empat tahun untuk perawatan berkala di dealer resmi Hyundai," ujar Makmur, Chief Operating Officer HMID.

Gambar Promo Hyundai

Anda bisa menikmati berbagai keuntungan jika memesan Hyundai CRETA selama periode yang ditentukan

Bukan cuma itu, 100 orang yang beruntung bisa mendapatkan paket perjalanan ke Korea Selatan, negara asalnya Hyundai. Begitu juga bisa mendapatkan kesempatan memenangkan karya spesial kolaborasi Hyundai X Erica.

HMID juga menawarkan program asuransi yaitu Owner Assurance Program untuk memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi para pembeli Hyundai CRETA. Owner Assurance Program memiliki dua program utama, yaitu New CRETA Replacement Guarantee dan Resale Value Guarantee.

New CRETA Replacement Guarantee memberikan jaminan penggantian mobil baru dengan tipe, warna, dan spesifikasi yang sama jika mobil Creta mengalami kerusakan minimal 75 persen.

Sedangkan Resale Value Guarantee memberikan jaminan harga jual kembali mobil Creta senilai 70 persen dari harga pembelian apabila pemilik hendak melakukan trade-in dengan mobil Hyundai apapun di tahun ketiga kepemilikan.

>>> Temukan Harga Mobil Baru Hyundai di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top