5 Hal Ini Membuat Honda CR-V Facelift 2021 Layak Dinanti

04/02/2021

Mobil baru

5 menit

5 Hal Ini Membuat Honda CR-V Facelift 2021 Layak Dinanti
Pertengahan bulan Februari 2021 ini kabarnya Honda CR-V Facelift 2021 akan segera mengaspal, nah 5 alasan ini membuat SUV medium Honda ini layak dinanti

Honda CR-V merupakan salah satu SUV (Sport Utility Vehicle) andalan PT Honda Prospect Motor di Tanah Air. Ia telah hadir meramaikan pasar SUV di Indonesia sejak tahun 2000. CR-V sendiri adalah kepanjangan dari “Comfortable Runabout Vehicle” yang berarti kendaraan yang praktis dan juga nyaman. Nah, memasuki bulan Februari tepatnya pertengahan bulan ini, CR-V dikabarkan siap mendapat penyegaran. Inilah 5 hal yang membuat Honda CR-V Facelift 2021 layak ditunggu.

Gambar Honda CR-V Facelift 2021

Mengapa CR-V Facelift ini layak ditunggu?

Facelift Honda CR-V pertama kali muncul di kawasan ASEAN, tepatnya di Thailand pada ajang bergengsi Bangkok Motor Show tahun lalu. Setelah sebelumnya digadang-gadang akan memulai debutnya di Vietnam. Honda CR-V versi penyegaran ini sebenarnya hadir dengan ubahan luar yang terlihat minor, namun berkat pembaruan yang cukup banyak di bagian kabin, So, inilah beberap hal yang membuat Honda CR-V Facelift ini terasa pantas untuk ditunggu.

1. Fitur Safety Lebih Lengkap

Di versi penyegaran Honda CR-V ini, Honda Indonesia diprediksi melengkapi SUV medium andalannya ini dengan fitur Honda sensing. Honda Sensing adalah suatu sistem keselamatan terintegrasi yang mengandalkan kemampuan pindai radar untuk menambah fitur keselamatannya. Radar tersebut diletakkan pada emblem ‘H’ di depan mobil dan sensor ultrasonik di balik spion tengah. Kemampuan pindai radar ini cukup bisa diandalkan di berbagai kondisi.

Gambar Honda Lane Watch

Honda Sensing dan Honda Lane Watch kini ada di CR-V Facelift

Fitur Honda Sensing yang ditanam pada Honda CR-V Facelift ini meliputi Collision Mitigation Brake System (CMBS) terintegrasi dengan Forward Collision Warning (FCW), Road Departure Mitigation System (RDM) terintegrasi dengan Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist System (LKAS), Driver Attention Monitor (DAM), Agile Handling Assist (AHA) , Adaptive Cruise Control (ACC) terintegrasi dengan Low Speed Follow (LSF) dan Auto-High Beam.

>>> Begini CR-V Facelift versi Thailand

2. Tampilan Segar

Tampilan eksterior depan Honda CR-V Facelift ini masih mengandalkan bahasa desain solid wing face yang berkarakter gagah, sporty dan aerodinamis. Ubahan ada di bagian grille depan yang tebal kini menggunakan kelir piano black dari yang sebelumnya chrome, di samping itu desain bumper juga mengalami ubahan jadi terlihat lebih sporty. Walau desainnya tidak terlihat aerodinamis, namun para engineer Honda sudah memikirkan agar tetap efisien mengalirkan angin.

Gambar Honda CR-V Facelift 2021

Tampilannya kini lebih segar

Lanjut ke bagian eksterior samping Honda CR-V Facelift ini, sebenarnya tidak terlihat terlalu banyak ubahan dari versi sebelum penyegaran. Garis-garis body masih sama dengan model sebelumnya. Hanya saja velg dengan diameter 18 inci kini menggunakan desain anyar yang terlihat lebih sporty namun tetap tidak meninggalkan kesan elegan. Tiap spoke (palang) pada velg ini juga dirancang khusus agar aerodinamis dan mampu membuang udara yang terjebak di balik velg.

Gambar tampak bagasi Honda CR-V Facelift 2021

Buritan hanya sedikit berubah

Di bagian buritan Honda CR-V Facelift ini, sebenarnya ada beberapa pembeda, di antaranya adalah mika stoplamp belakang yang kini menggunakan akses smoke berwarna agak kehitaman sehingga menimbulkan kesan sporty. Lalu, terdapat sensor di bawah bumper belakang untuk mengoperasikan fitur pembuka pintu belakang otomatis.

3. Varian Tetap Lengkap

Honda Indonesia tetap mengerti kebutuhan Anda. Meski agak kecil kemungkinan untuk memasukkan varian i-MMD Sport Hybrid yang punya akselerasi serta kehematan mengagumkan, tetapi Honda tetap menyediakan varian yang lengkap. Yakni varian 2.000 cc naturally aspirated dan 1.500 cc Turbocharger. Mesin turbonya sendiri juga istimewa bila dibandingkan mesin turbo gasoline lainnya. 

Foto mesin L15B7 Honda

Mesin berkode L15B7 ini punya performa mumpuni dan hemat BBM

Sebab mesin turbo di CR-V telah mengadopsi material mesin dan desain piston khusus agar mampu memenuhi tuntutan BBM beroktan rendah. Honda juga telah menerapkan teknologi direct injection di mesin ini. Alhasil, saat langkah kompresi mesin, tidak ada bahan bakar yang mendapat tekanan tinggi. Artinya, kemungkinan untuk knocking pun menjadi tidak ada sehingga dapat tetap aman menggunakan bahan bakar beroktan rendah sekalipun.

4. Kapasitas Tujuh Penumpang

Foto tampilan bagasi Honda CR-V

Kapasitas 7-penumpang membuatnya cukup diminati

Ini dia yang menyebabkan Honda CR-V laris di pasaran. Meski lahir dengan genre SUV yang tangguh dan punya ground clearance tinggi, tetapi CR-V punya kapasitas 7 penumpang. Tak pelak mobil ini menjadi primadona di pasar medium SUV bersasis monokok yang juga dihuni oleh Nissan X-Trail, Hyundai Santa Fe, dan Renault Koleos. Meski perlu dicatat, CR-V 7-seater ini hanya tersedia untuk varian bermesin 1.500 cc turbocharger.

>>> CR-V Facelift tertangkap kamera, kapan mengaspal di Indonesia?

5. Fun To Drive

Foto Honda CR-V melibas jalanan licin

Bahkan saat hujan lebat seperti ini, CR-V mampu memberikan keyakinan pada kami akan kestabilannya

Salah satu keunggulan yang ada pada Honda CR-V adalah rasa fun to drive yang diberikan sebagai ciri khas produk Honda, dan kami rasa ini bukan suatu pengecualian di Honda CR-V Facelift 2021. Pengendaliannya terasa mantab dan membuat pengemudi tetap percaya diri meski mobil ini 'ditekuk' dalam kecepatan tinggi. Hebatnya, pengendalian yang baik tersebut tetap ditunjang dengan suspensi yang nyaman baik dikendarai sendiri maupun dengan muatan penuh.

Pertanyaan Sering Diajukan

Kapan CR-V Facelift meluncur di Indonesia?
Kabar yang tim internal kami terima tak lama lagi Honda CR-V Facelift mengaspal di Indonesia
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top