5 Fitur Unggulan yang Jadi Senjata All New Honda BR-V Hadapi Rivalnya

22/09/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Selain penampilan dan mesin yang baru, All New Honda BR-V juga dilengkapi dengan 5 fitur unggulan yang tak dimiliki oleh rival-rivalnya di kelas Low SUV.

Penyematan fitur canggih dan menarik menjadi salah satu cara untuk mendongkrak ketertarikan konsumen terhadap sebuah mobil. Bak pahlawan kesiangan, All New BR-V yang baru saja diluncurkan seakan datang untuk membalas kritik bahwa Low SUV 7 penumpang besutan Honda dianggap pelit fitur.

Tak tanggung-tanggung, PT Honda Prospect Motor (HPM) membekali mobil yang akan dipasarkan di rentang harga Rp 260 - 300 jutaan ini dengan deretan fitur unggulan. Fitur-fitur tersebut biasanya hanya tersedia pada mobil-mobil premium dengan harga Rp 500 jutaan ke atas.

Di bawah ini, Cintamobil.com akan merangkum 5 fitur BR-V terbaru yang belum pernah ditawarkan oleh mobil-mobil lain di kelas Low SUV maupun Low MPV.

>>> All New Honda BR-V Meluncur, Harganya Mulai Dari Rp 260 Juta

1. Honda Sensing

Gambar Honda Sensing

Fitur keselamatan canggih milik All New BR-V ini jadi yang pertama di kelasnya

Alih-alih sebuah fitur, Honda Sensing merupakan serangkaian teknologi keselamatan canggih yang memberikan perlindugan menyeluruh kepada pengemudi dan penumpang All New Honda BR-V dengan memberikan peringatan atau mengambil tindakan secara otomatis untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Honda Sensing tersebut meliputi:

  • Lead Car Departure Notification System (LCDN) yang berfungsi untuk menginformasikan pengemudi saat kendaraan berhenti dan kendaraan di depannya mulai menjauh.
  • Collision Mitigation Brake System (CMBS) yang membantu ketika terdapat kemungkinan kendaraan berbenturan dengan kendaraan lain atau pejalan kaki yang terdeteksi di depan. CMBS didesain untuk memberi tanda atau peringatan ketika ada potensi potensi benturan, dan membantu mengurangi kecepatan mobil.
  • Lane Keeping Assist System (LKAS) yang membantu pengemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada jalur yang terdeteksi dan memberikan getaran serta visual jika kendaraan terdeteksi keluar dari jalur.
  • Road Departure Mitigation (RDM) yang akan memberikan peringatan dan jika diperlukan melakukan koreksi secara otomatis pada setir apabila pengemudi keluar dari jalur agar kembali ke jalur yang benar.
  • Adaptive Cruise Control (ACC) yang membantu menjaga kestabilan kecepatan kendaraan dan mengatur jarak di belakang kendaraan yang terdeteksi di depan, membantu mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan Anda tanpa harus menginjak rem atau gas apabila kendaraan yang terdeteksi berhenti.
  • Auto-High Beam (AHB) yang secara intuitif akan berganti antara lampu besar dan lampu normal tergantung pada situasi jalan.

2. Walk Away Auto Lock

Gambar Walk Away Auto Lock

Pintu akan otomatis terkunci setelah pengemudi menjauh dari radius 2 meter

Fitur ini akan membantu pengemudi untuk mengunci pintu mobil secara otomatis saat kunci menjauh dari mobil. Dengan fitur ini, Anda tak perlu mengeluarkan anak kunci dari kantung sama sekali untuk memencet tombol pengunci.

Selain itu, fitur ini akan menjamin mobil untuk terkunci jika Anda termasuk golongan pengemudi yang kerap lupa mengunci mobil setelah memarkir.

>>> Ada Mobil Baru Honda Lain Dibalik Peluncuran All New BR-V, Apa Ya?

3. Remote Engine Start

Fitur ini berfungsi untuk menghidupkan mesin dan AC All New Honda BR-V melalui tombol pada remote kunci mobil. Tentu fungsinya bukan sekadar untuk gaya, tetapi juga fungsional.

Gambar Remote Engine Start

Tak perlu panas-panasan di dalam kabin karena AC mobil bisa dinyalakan dari luar

Bayangkan jika mobil terparkir di lapangan dengan kondisi matahari yang terik. Dengan fitur ini, Anda bisa menyalakan AC dari luar mobil sehingga kondisi kabin bisa lebih sejuk saat Anda masuk.

4. Smart Entry System

Fitur ini merupakan kebalikan dari Walk Away Auto Lock, berfungsi untuk membuka kunci saat kunci mendekat ke arah mobil. Dengan fitur ini, Anda tak perlu mengeluarkan anak kunci dari dalam kantung.

5. Honda LaneWatch

Killer feature terakhir dari All New BR-V ini berfungsi untuk membantu visibilitas pengemudi dengan menampilkan visual area blind spot di sisi sebelah kiri melalui kamera yang disematkan pada spion mobil.

Gambar Honda LaneWatch

Visual blind spot akan ditampilkan pada layar infotainment

Fitur ini akan aktif secara otomatis ketika Anda menekan tuas untuk mengaktifkan lampu sinyal belok ke arah kiri.

>>> LiDAR, Teknologi Mobil Otonom Volvo Berbekal "Mata" Laser

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top