5 Alasan Honda All New BR-V Layak Jadi Most Wanted Car Tahun Ini

28/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Honda All New BR-V bukan hanya bikin repot pemain lain di kelas Low Sport Utility Vehicle, namun juga berpotensi menjadi the most wanted car yang patut dilirik

Pasar Low Sport Utility Vehicle (LSUV) di Indonesia kian sengit dengan kehadiran Honda All New BR-V. Bisa dibilang kedatangan LSUV racikan PT Honda Prospect Motor (HPM) ini membawa standar baru bagi persaingan di kelas ini.

Emblem PRESTIGE pada Honda All New BR-V 2022

Harga Honda BR-V terbaru ini belum diumumkan secara resmi

Bahkan bukan hanya mengganggu rival lainnya, dengan positioning harga yang tepat, ia juga berpotensi 'mengambil' pasar mobil di bawahnya seperti Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) sekelas Mitsubishi Xpander dan Medium MPV yang diisi Toyota Kijang Innova.  Lantas, mengapa menurut kami ia layak jadi the most wanted car yang patut dilirik oleh Anda? Setidaknya kami menemukan lima alasannya.

1. Fitur Lengkap

Fitur seolah menjadi senjata utama Honda All-New BR-V guna menandingi lawan-lawannya. Seperti yang sudah diumumkan saat launching mobil ini beberapa waktu lalu, BR-V generasi kedua ini membawa berbagai fitur safety yang lengkap.

Ban dan Velg Honda All New BR-V Prestige 2022

Rem ABS & EBD sudah jadi standar di semua tipe Honda All New BR-V

Bukan hanya Honda Sensing & Honda Lane Watch di tipe Prestige saja yang jadi senjata utamanya, tapi juga fitur keselamatan lainnya untuk trim di bawahnya (tipe E & S). Seperti ISOFIX, ABS (Anti-lock Braking System) & EBD (Electronic Brake-force Distribution), 6 SRS Airbags, hingga kontrol kestabilan.

>>> 5 Fitur Unggulan yang Jadi Senjata All New Honda BR-V Hadapi Rivalnya

2. Kabin Lega & Praktis

Dimensi Honda All New BR-V yang semakin membesar juga berdampak pada kabinnya. Kami sudah coba duduk di dalam kabin mobil ini. Alhasil, tester kami yang punya postur tubuh 173 cm sama sekali tidak merasa kesempitan baik di depan, belakang, hingga kursi baris ketiga.

Interior Honda All New BR-V Prestige 2022

Kabin Honda All New BR-V terasa lega dan mewah

Belum lagi busa jok yang empuk semakin membuat kabin kian menyenangkan. Tapi tak hanya menawarkan kenyamanan, ia juga praktis. Contohnya, kursi baris kedua yang bisa dilipat one touch tumble, dan bisa digeser maju-mundur kian menambah praktis kabin mobil ini.

Bagasi Honda All New BR-V 2022

Bagasi bisa rata tak akan ditemui pada BR-V generasi pertama

Dalam hal membawa barang ia juga jempolan, tak seperti Honda BR-V generasi sebelumnya. Kini kursi baris kedua dan ketiga dapat dilipat sehingga menciptakan permukaan yang rata. Rasanya tidak sulit untuk memasukkan satu buah sepeda full sized dan beberapa barang ke dalam SUV andalan PT HPM ini.

3. Mesin Potensial

Honda All-new BR-V ditenagai oleh mesin 4-silinder 1.500 cc berkode L15ZF dengan teknologi i-VTEC DOHC. Mesin ini diklaim 3% lebih efisien dari mesin L15 yang dipakai Honda BR-V generasi sebelumnya. Mesin ini L15ZF ini punya tenaga maksimal 121 PS pada putaran mesin 6.600 rpm dan torsi 145 NM di putaran mesin 4.300 rpm. Mesin ini punya standar regulasi emisi Euro 4.

Mesin Honda L15ZF

Mesin yang sama juga bisa Anda temukan di Honda City Hatchback RS

Demi efisiensi bahan bakar yang maksimal dan pengalaman berkendara yang baik, tenaga dan torsi mesin itu disalurkan ke dua roda depan malalui transmisi CVT atau transmisi manual 6-percepatan. Honda berupaya untuk menghadirkan torsi yang lebih besar pada putaran mesin rendah dan menengah. Hal itu dapat terlihat dari konstruksi intake (saluran udara) yang memanjang guna mendapat flow udara lebih baik.

Tuas transmisi Honda All New BR-V 2022

Transmisi CVT disempurnakan agar lebih efisien menyalurkan tenaga

Desain saluran udara yang panjang ttersebut dipadu dengan pengaturan katup variable pintar VTEC dan VTC yang dipercaya dapat meningkatkan kemampuan penyaluran torsi yang besar dari putaran bawah secara signifikan hingga ke atas 4.000 rpm. Belum lagi konstruksi DOHC (Double Overhead Camshaft) yang membuat range setup bisa lebih lebar dan dapat ditingkatkan untuk selanjutnya mencapai kinerja mesin yang diharapkan.

>>> Honda BR-V Bakal Ada Versi Hybrid?

4. Eksterior Dinamis

SUV terbaru Honda ini mengusung konsep besar Jetliner Cross, yang artinya diharapkan konsumen yang menggunakan mobil ini selayaknya mengemudikan pesawat jet pribadi yang nyaman dan aman. Secara garis besar konsep ini memadukan SUV Value yang kokoh namun tetap bisa tampil premium, serta MPV Value yang praktis dan cocok untuk berbagai gaya hidup.

Tampilan samping Honda All New BR-V 2022

Konsep Jetliner Cross diusung Honda All New BR-V

Secara teknis All-new BR-V memiliki platform terbaru yang mampu menurunkan bobot kendaraan, meningkatkan kekokohan, dan memperbaiki kinerja keamanan dari benturan. Dengan struktur baru, jarak sumbu roda diperpanjang hingga 40 mm dari model saat ini. Rasio aplikasi bahan high-tensile steel yang ringan dan kuat telah ditingkatkan hingga 24% untuk meningkatkan daya tahan bodi dan mengurangi bobot kendaraan.

5. Nama Besar HONDA

Tak bisa dipungkiri salah satu faktor orang dalam membeli sebuah kendaraan adalah adanya dukungan jaringan servis yang luas, aftersales yang baik dan juga nama besar. Tentu saja merek HONDA tak perlu diragukan lagi.

Honda All New BR-V 2022

Nama besar Honda tak akan mengecewakan Anda

Bahkan beberapa anggota crew tim Cintamobil.com dan penulis artikel ini juga pernah memiliki mobil merek Honda. Sehingga kami yakin dengan nama besar pada brand ini dan mampu membuat Anda percaya diri kemanapun.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top