Buka Tahun 2021, 3 SUV Baru BMW Hadir di Indonesia

28/01/2021

Mobil baru

9 menit

Buka Tahun 2021, 3 SUV Baru BMW Hadir di Indonesia
BMW Group Indonesia membuka tahun 2021 dengan meluncurkan produk baru. Tidak hanya satu, tapi sekaligus ada tiga SUV baru BMW yang dihadirkan di Indonesia.

Menutup 2020 dengan meluncurkan tiga model BMW M dan M Performance, BMW Group Indonesia kembali tancap gas memasuki 2021. Dalam acara virtual press conference Kamis (28/1) ini, BMW menghadirkan tiga buah SUV baru.

Dalam acara yang bertajuk Choose Your X, SUV baru BMW yang diperkenalkan adalah BMW X1 sDrive18I, BMW X3 sDrive20i, dan BMW X5 xDrive40i xLine. Ketiganya hadir dengan styling yang lebih segar, dan juga dipersenjatai fitur terbaru yang sesuai denga selera masyarakat Indonesia.

“BMW Group Indonesia memulai tahun 2021 dengan optimis, dan saya pribadi sangat bangga kami berhasil melewati tahun 2020 yang penuh tantangan berkaitan dengan pandemic Covid-19. Pada kuartal satu tahun ini, BMW Indonesia menghadirkan tiga model BMW X terbaru, yang dikenal sebagai X-Crew,” ujar Rames Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.

“BMW Group Indonesia memilih BMW seri X sebagai model pertama yang diluncurkan tahun ini untuk memperkuat posisi sebagai brand terdepan di segmen SAV Premium Indonesia, sekaligus memenuhi kebutuhan kendaraan serbaguna dan tentunya berikan sensasi kenyamanan dan berkendara yang sempurna.”

>>> Harga Mobil BMW dan MINI di Malaysia Didiskon, Indonesia?

Ringkasan singkat tiga SUV baru BMW

SUV baru BMW yang akan dibahas di sini adalah BMW X1 sDrive18I, yang hadir lebih sporty dengan fascia yang tampak lebih modern berkat lampu depan yang sudah memakai teknologi Adaptive LED.

Kesan gagah diperkuat profil eksterior black-cladding dan matte silver di bawah bumper serta aksen sewarna body di diffuser yang memberikan kesan elegan. Velg juga disegarkan dengan velg alloy ringan model Y-Spoke style 566 berukuran 18 inci yang dibalut ban run-flat dengan finishing biocolour Ferric Grey.

BMW X1 sDrive18i model tahun 2021

BMW X1 sDrive18i mendapatkan velg baru yang lebih dinamis

Masuk ke dalam, BMW menyisipkan comfort seats sebagai standar untuk kedua penumpang depan, dan juga Comfort Acess, yakni akses masuk ke dalam mobil tanpa memencet tombol kunci dan juga pengoperasian bagasi tanpa sentuhan.

Fitur infotainment BMW X1 juga terhitung cukup lengkap, dengan iDrive versi 6.0 yang sudah mendukung Apple CarPlay yang sudah mendukung koneksi wireless. Crossover kompak ini juga sudah dilengkapi Parking Assistant dan Rear-view Camera untuk memudahkan saat parkir.

Head unit BMW X1 sDrive18i yang sudah suppoer Apple CarPlay wireless

Head unitnya sudah mendukung konektivitas Apple CarPlay secara wireless

Untuk mesin, BMW X1 sDrive18i ditenagai mesin BMW TwinPower Turbo 1.5L tiga silinder yang menghasilkan tenaga maksimum 140 HP pada 4.400 rpm dan torsi maksimum 220 Nm pada 1.250 rpm, yang dikirimkan ke roda depan lewat transmisi otomatis dual-clutch 7-percepatan. BMW mengklaim mobil ini dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 9,6 detik dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 13,7 km.

Beralih ke model kedua, ada BMW X3 sDrive20i yang memiliki perpaduan yang pas antara dimensi, desain, serta fitur yang memadai. Pada facelift tahun ini, X3 2021 hadir dengan velg V-Spoke 692 19 inci dengan warna ferric grey, polished.

BMW X3 sDrive20i untuk model 2021

X3 sDrive20i 2021 hadir dengan model velg yang lebih keren 

Masuk ke dalam, kabin mobil terasa semakin mewah berkat penggunaan kulit sensatec terbaru sebagai material utama dlam kabin, dan dikombinasikan trim interior warna Black High Gloss dan aksen Pearl Chrome + Galvanic Embelisher untuk tombol-tombol yang memberikan kesan mewah. Kabin juga terasa makin lapangberkat hadirnya panoramic roof.

BMW X3 sDrive20i dilengkapi mesin BMW TwinPower Turbo 2.0L Double-Vanos dengan tenaga 184 HP dan torsi 300 Nm, mesin ini dikombinasikan dengan girboks Steptronic 8-percepatan dengan paddle shift, dan juga teknologi auto start-stop. Soal konsumsi bahan bakar, mobil ini bisa mencapai 12,2 km/l.

Panoramic Sunroof yang digunakan BMW X3 sDrive20i

Fitur panoramic sunroof memberikan kesan lega dalam kabin mobil

SUV Baru BMW ketiga yang akan kita bahas di sini adalah BMW X5, yang merupakan pelopor dari segmen Sports Activity Vehicle, sekaligus tolok ukur di segmen ini. Maka tak heran, untuk model tahun 2021 ini BMW merombak habis-habisan Crossover satu ini. Salah satu fitur paling penting di BMW X5 xDrive40i xLine adalah hadirnya bangku baris ketiga sehingga crossover ini masuk ke dalam segmen 7-seater. Namun, fitur yang diberikan lebih dari itu.

Kita mulai dari penumpang tengah, yang diberikan fitur kursi elektrik dan juga comfort cushion di sandaran kepala dari material alcantara. Penggunaan sound system Harman Kardon yang dilengkapi 16 speaker, power amplifier 464 Watt 9 Channel juga disempurnakan setelan individual equalizer. BMW X5 xDrive40i juga dipersenjatai paket Parking Assistant Plus, yang berisi fitur-fitur seperti Surround Vioew dengan kamera 360 derajat, Panorama View, Top View, serta 3D View yang bisa diatur dengan gesture.

BMW X5 xDrive40i tahun 2021

BMW X5 merupakan pelopor line-up BMW X

Fitur lain juga disispkan ke dalam paket, contohnya Crossing Traffic Warning Rear, Lane Departure Warning, Front Collision Warning with Brake Intervention, dan Rear Collision Prevention dengan mengandalkan sensor di sekeliling mobil dan kamera.

Kursi baris ketiga yang dipakai BMW X5 xDrive40i

Salah satu fitur penting di X5 2021 adalah kehadiran kursi baris ketiga

Untuk performa, BMW X5 xDrive40i dilengkapi mesin inline-6 3.0L twin-turbo memakai Double-Vanps yang menghasilkan tenaga 340 HP dan torsi 450 Nm. Dikombinasikan dengan girboks steptronic 8-percepatan dan sistem penggerak all-wheel drive xDrive, mobil ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 5,5 detik dengan rata-rata konsumsi bahan bakar 9,2 km/l.

>>> Sebar Teaser Sedan Listrik i4, BMW Sentil Tesla

Harga SUV baru BMW

Ketiga SUV baru BMW ini akan dirakit secara lokal di BMW Production Network 2, Gaya Motor, Sunter, Jakarta. Adapun BMW X1 sDrive18i jadi model paling murah dengan harga Rp 669 juta off-the road, dengan rekomendasi harga on-the road berada di RP 760 juta.

Untuk BMW X3 sDrive20i dibanderol Rp 969 juta off-the road, yang berarti harga on-the roadnya berkisar di Rp 1,1 miliar. Sedang untuk BMW X5 xDrive40i dijual dengan harga Rp 1,559 miliar dengan harga on-the road berada di 1,771 miliar.

APAR BMW 2021 yang dipakai di line-up BMW tahun 2021

BMW menyediakan APAR untuk seluruh mobil yang terjual tahun 2021

SUV baru BMW ini akan tersedia di seluruh dealer resmi BMW Indonesia mulai hari ini. Adapun tiap unit yang dijual sudah dilengkapi BMW Service Inclusive, yang meliputi pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 km, tergantung mana yang lebih dulu, serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh.

Semua SUV Baru BMW ini juga sudah dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun dan mencakup penggantian hingga empat ban selama periode garansi mencakup biaya dan tenaga kerja. Dan sesuai kebijakan pemerintah, seluruh mobil BMW yang dijual tahun 2021 juga akan dilengkapi perangkat APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda simak di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top