3 Mobil Listrik Vinfast Meluncur Tahun Ini

24/01/2021

Mobil baru

3 menit

Sebanyak 3 mobil listrik Vinfast dipastikan meluncur tahun 2021 sekaligus menegaskan keseriusan produsen Vietnam itu menjadi produsen mobil listrik global.

Gebrakan baru dilakukan Vinfast. Baru-baru ini perusahaan mobil nasional (Mobnas) Vietnam itu mengumumkan akan meluncurkan 3 mobil listrik di tahun 2021 ini. Semua model bergenre Smart Electric Sport Utility Vehicle (Smart e-SUV) alias SUV pintar, yaitu VF31, VF32, dan VF33.

VF31 merupakan SUV ukuran menengah (Segmen C) dan hanya tersedia satu versi, yaitu listrik, VF32 adalah SUV ukuran sedang (Segmen D), dan VF33 adalah SUV ukuran besar (Segmen E). VF32 dan VF33 masing-masing memiliki 2 versi listrik dan bensin.

“Dengan arah strategis menjadi merek mobil berteknologi tinggi global, hanya dalam waktu 3 tahun beroperasi, VinFast telah berhasil meriset dan mengembangkan tiga mobil pintar pertama: VF31, VF32, VF33,” tulis Vinfast di laman resminya.

Gambar menunjukkan Vinfast VF31 tampak samping depan

Vinfast VF31 hanya tersedia versi listrik

Fitur Kecerdasan

Dijelaskan secara detail ketiga mobil listrik Vinfast tersebut dibekali fitur otonom level 2-3, dengan 30 fitur pintar yang dibagi menjadi 7 kelompok. Di dalamnya meliputi Intelligent Driver Assistance System, Adaptive Lane Control System, Cruise Control System Active, Multi-point Collision Warning System, Comprehensive Collision Mitigation System, Intelligent Automatic Parking System, And Driver Monitoring System.

Adapun fitur-fiturnya antara lain sistem sensor performa tinggi untuk versi high-end dari VF31, VF32 dan VF33, termasuk sensor LiDAR. Mobil juga dilengkapi 14 kamera mampu mendeteksi objek hingga jarak 687m, 19 sensor 360 derajat memungkinkan peringatan dan penanganan pada kecepatan tinggi di atas 100 km / jam.

Lalu untuk sistem self-driving yang dikendalikan oleh chip Orin-X dapat memproses hingga 200 GB data per detik. Chip ini memungkinkan kontrol dan navigasi hingga delapan kali lebih cepat daripada generasi saat ini.

>>> 5 Rekomendasi Aplikasi GPS Terbaik untuk Mobil Anda

Foto mobil listrik Vinfast VF32 tampak samping

Vinfast VF32, tampilan seperti umumnya SUV

Fitur keselamatan

Soal keselamatan menjadi perhatian serius perusahaan. Dan pelanggan tidak perlu khawatir karena ketiga mobil listrik Vinfast di atas memenuhi standar keselamatan tertinggi di dunia seperti NHTSA bintang 5, Euro NCAP bintang 5. Bahkan mobil dilengkapi dengan sistem deteksi, peringatan, dan pemberitahuan otomatis ke fasilitas medis jika terjadi kecelakaan.

Baterai diatur sedemikian rupa di bagian bawah lantai kendaraan untuk mencegah terguling, dengan ketahanan panas dari -400 derajat celcius hingga 800 derajat celcius. Yang tak kalah canggih, semua model memiliki fitur untuk memperbarui perangkat lunak dari jarak jauh, secara otomatis mendeteksi kesalahan pada kendaraan dan secara otomatis menghubungi pihak bengkel.

Gambar menunjukkan Vinfast VF33 tampak samping depan atas

Vinfast VF33, paling keren diantara yang lain

Open booking

Secara prototype dari ketiga model di atas belum ditunjukkan secara resmi dan masih sekadar gambar promosi. Namun open booking segera dimulai, yaitu pada Mei 2021 untuk versi standar VF31, serta pada September 2021 untuk VF32 dan VF33. Adapun serah terima kendaraan ke konsumen dilakukan pada November 2021 untuk VF31 dan Februari 2022 untuk VF32 dan VF33.

Ketiga SUV listrik di atas juga bakal diekspor ke AS, Kanada, dan Eropa dengan open booking dimulai pada November 2021 dan penyerahan Juni 2022.

>>> VinFast Ingin Masuki Pasar AS dengan Mobil Listrik

Foto Interior Vinfast VF33, canggih dan modern

Mobil listrik Vinfast semuanya dilengkapi fitur canggih

>>> Simak informasi menarik lainnya seputar otomotif di sini!

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top