14 Mobil Baru Ini Siap Mengaspal di Indonesia

26/05/2020

Mobil baru

7 menit

Share this post:
14 Mobil Baru Ini Siap Mengaspal di Indonesia
Meskipun kini masih dalam kondisi covid19, namun pasar mobil Indonesia masih tetap bergairah, karena ada 14 mobil baru ini siap mengaspal di Indonesia

Hari raya lebaran 1441H telah berakhir, dan meskipun saat ini masih dalam kondisi pandemic virus Corona (Covid-19), namun pasar mobil Indonesia masih harus tetap bergairah. Buktinya, beberapa waktu lalu setidaknya ada 5 pabrikan mobil yang tetap meluncurkan mobil baru ke pasar mobil Tanah Air secara virutal. Apalagi nantinya akan ada 14 mobil baru ini tabf siap mengaspal di jalanan Indonesia. Apa saja mobil tersebut?

1. Honda All New City

Foto All New Honda City Turbo 2020

All New Honda City adalah mobil baru yang siap masuk Tanah Air

Kabar mengenai masuknya All New Honda City ke Tanah Air memang kian santer. Namun PT Honda Prospect Motor (HPM) hingga saat ini masih mempertimbangkan secara matang rencana kedatangan sedan kompak rakitan Thailand ini. Tapi setidaknya sudah ada angin segar bagi pecinta sedan kompak ini. Sebab, Honda All New City akan mendapat suntikan tenaga baru. Honda City paling anyar ini mendapat mesin 1.500 cc yang total baru.

>>> Spy Shots Honda Civic Type R 2022 Beredar, Jadi Mirip BMW

2. Honda All New Jazz

Gambar menunjukkan rander Honda All New Jazz 2021

Honda All New Jazz akan mengadopsi basis Honda City Hatchback

Jazz butuh ubahan yang radikal namun tetap punya karakter sporty. Meski wujud asli dari rander All New Honda City Hatchback ini belum ada. Namun rander yang beredar tersebut telah ditanggapi positif Honda Indonesia dan sesuai dengan nafas sporty Honda. Secara dimensi All New Jazz yang berbasis dari City Hatchback ini masih belum diketahui, namun tampaknya dimensinya akan lebih pendek namun tetap mempertahankan wheelbase yang sama panjangnya dengan versi sedan.

>>> Jangan lewatkan kabar paling update seputar mobil baru di sini 

3. Honda All New Mobilio

Foto Honda Mobilio E CVT 2019

Diantara para rivalnya, hanya Honda Mobillio yang belum berganti generasi

Honda Mobilio cukup menggemparkan pasar LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) di Tanah Air, sebab ia hadir dengan desain kompak, mesin bertenaga namun irit BBM dan handling terbaik di kelasnya. Beberapa waktu lalu Honda Indonesia sempat memberi kisi-kisi hadirnya Mobilio terbaru.

“Berdasarkan survey yang kami lakukan ke konsumen, ada beberapa input yang bisa kami tarik. Kebanyakan konsumen menginginkan agar Honda Mobilio baru dibuat lebih besar dari Mobilio sekarang. Mereka juga ingin agar mobilnya jadi lebih tinggi,” beber Yusak Billy selaku Bussines Innovation & Sales Marketing Director Honda Prospect Motor.

4. Daihatsu Rocky

Gambar menunjukkan DNGA Daihatsu Rocky 2020

Daihatsu Rocky akan jadi produk mobil baru DNGA pertama Daihatsu di Indonesia?

Pada bulan Februari 2020 lalu, Daihatsu mengadakan Technical Skill Contest dengan mengirim beberapa mekanik unggulan untuk berkompetisi di Jepang. Uniknya, menurut H. Ashitani selaku Customer Service Directorate, Daihatsu Motor Company, Jepang kontes ini bisa jadi tonggak kesiapan awal kehadiran produk-produk unggulan Daihatsu di Indonesia termasuk Rocky. Hal ini juga diperkuat oleh Amelia Tjandra selaku Marketing Director PT ADM. 

"Kami (Daihatsu Indonesia) itu mampu merakit hingga kendaraan B-segment," tambah wanita yang akrab disapa Amel ini.

So, akankah Rocky jadi produk DNGA pertama Daihatsu Indonesia? We'll see...

5. Toyota Raize

Gambar menunjukkan Toyota Raize 2019

Jika Rocky hadir maka Raize juga dipastikan hadir

Apabila Daihatsu Rocky dipasarkan di Indonesia, ada kemungkinan kembarannya yakni Toyota Raize juga akan hadir di Tanah Air. Meski hingga artikel ini diturunkan PT Toyota Astra Motor sedang melakukan study mendalam mengenai produk ini dan potensi pasarnya di Indonesia. Namun, saran dari kami tim Cintamobil.com, jika keberatan dengan penggunaan mesin berkode 1KR-VET turbocharger yang kemungkinan membuat harga jual menjadi mahal, bisa diakali dengan menggunakan mesin 1.300 cc 1NR-VE bawaan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang juga memiliki performa memadai.  

6. Toyota Kijang Innova Facelift

Gambar menunjukkan tampilan Kijang Innova 2020 Terbaru

Innova facelift segera mengaspal di Tanah Air

Tak terasa Toyota Kijang Innova reborn sudah memasuki usia ke-5 masa peredarannya di Tanah Air. Jika menilik timeline, tentunya Innova reborn ini sudah waktunya ganti model. PT Toyota Astra Motor jelas masih menutup rapat-rapat bagaimana bentuk dan model mobil ini. Disinyalir mobil keluarga bersasis tangga ini akan mendapatkan sejumlah pembaharuan minor. 

"Ada beda sedikit dari (tampilan) luar dan dalemnya," beber narasumber kami yang ogah ngetop ini.

Pria penggila Toyota ini juga menambahkan jika sebagian besar basis Innova reborn masih dipertahankan. Yuk kita tunggu wujud aslinya mobil baru ini.

7. Toyota Fortuner Facelift

Gambar menunjukkan Toyota Fortuner Facelift 2020

Rander Toyota Fortuner sudah beredar di Thailand

Jika Innova mendapat facelift, maka kemungkinan ada 2 produk lagi yang mendapat penyegaran, yakni Toyota Fortuner dan juga Toyota Hilux. Maklum saja, ketiga produk ini (Innova, Fortuner, dan Hilux) termasuk dalam proyek International Innovative Multi-purpose Vehicle (IMV), Proyek IMV dikedepankan untuk mengantisipasi kian berkembangnya kebutuhan model Toyota di level global. Dan Toyota Fortuner termasuk ke dalam proyek IMV yang punya daya saing kompetitif di Thailand. Jika di negeri gajah putih produk itu sudah meluncur, maka di Indonesia mobil baru Fortuner facelift hanya tinggal menunggu waktu.

8. Mitsubishi Pajero Facelift

Gambar menunjukkan Mitsubishi Pajero Facelift 2020

Mitsubishi Pajero Sport facelift berpotensi menjadi SUV ladder frame tercanggih di kelasnya

Mitsubishi Pajero Sport kembali mendapat penyegaran di pertengahan tahun 2019 lalu dengan hadirnya sejumlah fitur terkini yang jauh lebih canggih dari sebelumnya. Namun, sayang beribu sayang, Mitsubishi Pajero Sport facelift ini belum akan hadir di Indonesia dalam waktu dekat. 

"PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), sejauh ini belum ada rencana untuk memasukkan New Pajero Sport ke Indonesia," tegas Irwan Kuncoro selaku Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI kepada Cintamobil.com.

Well, semoga setelah pandemi virus Corona ini berakhir mobil ciamik ini segera masuk Indonesia. 

9. Suzuki New Carry Minibus

Terbongkar! Ini Dia Sosok Suzuki New Carry Minibus

Suzuki New Carry Minibus versi APM siap meramaikan pasar mobil Tanah Air

Baru-baru ini publik dikejutkan dengan mobil baru Suzuki New Carry dalam format minibus. Namun, tahukah Anda bahwa PT Suzuki Indomobil Sales sepertinya juga sedang mengembangkan mobil ini? Sebab ketika ditanyakan perihal minat PT SIS menjual Carry minibus ini ke khalayak umum pihaknya belum bisa memberikan keterangan. Namun demikian, PT SIS kini sedang mendevelop secara khusus mobil ini.

"Kalau untuk keluaran pabrik, kita masih develop dulu ya internal," tutup Harold sapaan akrab dari Harold Donnel. Jelas ini merupakan kabar gembira bagi Anda yang menginginkan Suzuki New Carry dalam format kendaraan penumpang.

10. Suzuki All New Karimun

Gambar menunjukkan Suzuki Wagon R tipe FZ 2017

Diam-diam Suzuki kembangkan Suzuki All New Karimun

Selain Suzuki New Carry Minibus, salah satu mobil baru yang layak ditunggu di 2020 dan 2021 adalah Suzuki All New Karimun. Karimun yang dikembangkan di Tanah Air ini nantinya akan punya desain yang keren dan Indonesia banget. Sayangnya, saat kami konfirmasi ke PT SIS, mereka enggak untuk berkomentar lebih jauh, bahkan cenderung mengelak. 

 "Haha enggak berani komentar," ujar Yulius Purwanto, selaku Head of 4W Product Development PT SIS saat tim Cintamobil.com tanya mengenai Karimun terbaru ini.

Akankah All New Karimun ini se-keren Suzuki WagonR JDM (Japanese Domestic Market)? Kita tunggu saja...

11. Suzuki Vitara Brezza

Foto Suzuki Vitara Brezza 2020

Vitara Brezza anyar baru saja meluncur di India, siap masuk Indonesia?

Suzuki Vitara Brezza Facelift 2020 meluncur di Auto Expo 2020 India, berita baiknya kini spesifikasinya makin sesuai untuk Indonesia. yes sebab di balik kap mesin mobil baru Suzuki ini menggunakan mesin K-Series petrol, disinyalir SUV mungil andalan Suzuki ini akan menggendong unit K15B. Dengan menggunakan mesin K15B yang potensial, maka spesifikasi teknis Brezza facelift ini semakin pas untuk Tanah Air. Sebab, pada Vitara Brezza sebelum facelift masih menggunakan mesin diesel yang kurang cocok dengan karakteristik Indonesia. Sayang, sama seperti Karimun, PT SIS belum mau berkomentar mengenai mobil baru ini.

12. Renault Kiger

Gambar menunjukkan rander Renault Kiger 2021

Meski wujud aslinya belum ada, namun Renault Kriger pasti masuk Indonesia

Maxindo Renault Indonesia selaku pihak yang menaungi Renault Indonesia baru-baru ini memberikan pernyataan yang mengejutkan. 

"Renault Kiger pasti masuk Indonesia, karena (mobil baru) itu keren banget. Saya rasa Renault Kriger itu mobil baru yang bagus, sayang sekali bila produk sebagus itu enggak (dibawa) masuk Indonesia," papar Davy J Tuilan, selaku Chief Operation Officer PT MRI.

Namun, pria yang akrab disapa Davy ini akan merundingkan terlebih dahulu mengenai kapan pastinya mobil ini melenggang di Tanah Air.

"Sebab tahun ini pameran otomotif mundur semua, bahkan ada yang ditiadakan," tukasnya.

13. Nissan Kicks

Gambar menunjukkan All New Nissan Kicks 2020

Nissan Kicks sudah disiapkan oleh PT Nissan Motor Indonesia untuk pasar Tanah Air

Beberapa spy shoot Nissan Kicks sudah beredar di jagat dunia maya. SUV mungil ini memang sedang disiapkan oleh PT Nissan Motor Indonesia untuk pasar Tanah Air. Nissan Kicks sendiri baru saja meluncur di Thailand. Kicks mengandalkan powertrain Plug-In Hybrid dengan nama komersial e-POWER. Mesin HR-12DE yang terpasang akan jarang sekali menyala karena hanya sebagai support, sebab sebagian besar tenaga penggerak diperoleh dari motor listrik dengan baterai berkapasitas 1,57 kWh. Semoga saja PT NIssan Motor Indonesia segera memasukkan unit ini dan jadi pelepas dahaga produk Nissan yang kompetitif.

14. Nissan Leaf

Foto Nissan Leaf 2020

Nissan Leaf merupakan mobil baru yang sudah pernah kami tes jalan di Indonesia

Terakhir, mobil baru di Indonesia yang layak untuk ditunggu adalah Nissan Leaf. Uniknya, Leaf sudah bisa dipesan secara terbatas di Tanah Air dengan harga jual harga mobil ini per unitnya berkisar antara Rp 550 juta sampai Rp 650 juta. Dengan adanya berita Nissan Leaf sudah bisa dilakukan pemesanan tersebut kami langsung mengkonformasi ke pihak PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku agen pemegang merek dagang Nissan di Tanah Air. Sayangnya kabar tersebut langsung dibantah pihak NMI. 

"Kita belum jual di Indonesia," tukas Hana Maharani, selaku General Manager Communications PT NMI.

Jadi, itulah 14 mobil baru yang siap meramaikan pasar mobil Tanah Air, mana mobil baru yang menjadi incaran Anda?

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Suzuki New Carry Blind Van Akhirnya Menampakkan Diri, Ini Detailnya

21/05/2020

Mobil baru

3 menit

Suzuki New Carry Blind Van akhirnya menampakkan diri, setelah sebelumnya versi minibus dari mobil niaga terlaris ini terungkap ke publik. Seperti apa detail dari mobil ini? Simak artikel berikut...

Lihat juga

Terbongkar! Ini Dia Sosok Suzuki New Carry Minibus

19/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Desas desus kehadiran Suzuki New Carry Minibus memang sudah ada sejak beberapa bulan lalu. Namun kini baru terbongkar sosok dari minibus yang basisnya dari Carry terbaru ini.

Lihat juga

Membandingkan Suzuki Carry Jepang vs Indonesia

19/04/2020

Mobil baru

5 menit

Carry adalah model penting Suzuki di Indonesia, tanpa Carry mungkin Suzuki tak akan pernah jualan mobil, mari kita bandingkan Suzuki Carry Jepang vs Indonesia

Lihat juga

Diterpa Corona Jualan Suzuki New Carry Pick Up Tetap Melesat

03/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Penjualan di kategori mobil niaga cukup stabil saat terpaan virus Corona, terbukti jualan Suzuki New Cary Pick Up tetap melesat meninggalkan lawan-lawannya

Lihat juga

Lebih Hemat Rp1 Jutaan Tetap Tampil Mewah Ala Suzuki New Carry Luxury 2020

11/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Pemilik Suzuki New Carry non Luxury bisa dandan ala Suzuki New Carry Luxury yang baru saja meluncur di GIICOMVEC 2020 lalu dengan mengeluarkan uang sejumlah ini

Lihat juga
 
back to top