Yuk Pahami Perbedaan Disetiap Tipe Mobil Xenia

14/05/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Yuk Pahami Perbedaan Disetiap Tipe Mobil Xenia
Ada beberapa tipe mobil Xenia yang ditawarkan Daihatsu. Meskipun dari segi dimensi tetap sama, namun semuanya memiliki perbedaan sendiri-sendiri yang perlu dipahami.

Tiada yang bisa mengelak jika Daihatsu Xenia menjadi mobil yang digemari di Indonesia. Meskipun bagi sebagian orang imej yang melekat pada Xenia sedikit di bawah Toyota Avanza, namun mobil ini menawarkan sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki kembarannya itu.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sendiri menawarkan Daihatsu Xenia dalam beberapa varian. Tipe mobil Xenia ini terbagi atas tipe X, X Deluxe, R dan R Deluxe. Dari tipe Daihatsu Xenia ini dibagi lagi yang menggunakan mesin 1.300 cc dan yang bermesin 1.500 cc. Kemudian masing-masing varian mesin itu dibagi dua lagi, yang menggunakan transmisi manual serta yang pakai transmisi otomatis.

Secara dimensi sebenanrya seluruh varian Daihatsu Xenia tetap serupa. Yakni memiliki panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm, dan jarak dengan tanah 200 mm. Lalu apa saja perbedaan pada masing-masing tipe Daihatsu Xenia ini? Berikut penjelasan lengkap tim Cintamobil.com tentang macam-macam tipe mobil Xenia.

1. Tipe Mobil Xenia 1.3 X

Daihatsu Xenia 1.3 X

Tipe terendah Xenia namun fiturnya cukup lengkap

>>> Model Lama Masih Menarik, Intip Harga Kredit Xenia Bekas yang Menggiurkan

Ini merupakan tipe Xenia paling rendah yang sekarang dijual oleh jaringan dealer Daihatsu di Indonesia. Mesinnya berkapasitas 1.300 cc 4 silinder DOHC Dual VVT-i dengan kode 1NR-VE ada yang menggunakan transmisi manual 5 percepatan dan ada yang memakai transmisi otomatis 4 percepatan.

Meskipun tipe terendah, namun model Xenia terbaru ini sudah memakai LED headlamp, cover spion luar senada warna bodi, door handle juga sewarna bodi, side moulding guard, velg alloy 14 inci, antena model sirip hiu, serta aksen chrome pada pintu bagasi belakang.

Sementara dari sisi kabin, tipe ini juga sudah pakai AC digital, center cluster warna hitam, headunit 2DIN, electric Power Steering, AC double blower, serta rear console box with arm rest. Tipe terendah ini juga sudah memiliki fitur Dual SRS Airbag, Safety Belt Warning, Side Impact Beam, Power Window with Jam Protection, Auto Door Lock with Speed Sensing, dan Back Sonar.

>>> Komparasi Toyota Avanza 1.3E A/T Atau Daihatsu Xenia 1.3R A/T, Harga Beda Tipis Pilih Mana?

2. Tipe Mobil Xenia 1.3 X Deluxe

Daihatsu Xenia 1.3 X Deluxe

Semua fitur di tipe X ditambah aksesoris lain

Tambahan kata "Deluxe" pada tipe mobil Xenia ini lebih mencirikan beberapa aksesoris yang membuatnya terlihat lebih mewah. Antara lain tambahan aerokit di bemper depan serta foglamp bezel. Kemudian spion luar juga sudah ditambah lampu sein LED, serta kaca jendela samping ditambah aksen chrome.

Tambahan aksesoris juga termasuk pemasangan side skirt dan aerokit untuk bemper belakang. Kemudian pada bagian atap belakang juga sudah terpasang rear spoiler lengkap dengan lampu stop tambahan menggunakan LED. Sementara pada bagian dalamnya tetap sama dengan tipe 1.3 X hanya saja headunit sudah memakai model layar sentuh.

>>> Review Daihatsu Grand New Xenia 1.3 R 2019, Calon Volume Maker Daihatsu Dari Tipe Menengah

3. Tipe Mobil Xenia 1.3 R

Daihatsu Xenia 1.3 R

Tipe menengah yang peminatnya cukup banyak

Di atas tipe Xenia X adalah tipe R. Mesinnya tetap sama lengkap dengan pilihan transmisi manual serta otomatis. Namun ada sedikit penambahan pada bagian eksterior dan interiornya dari fitur yang sudah ada pada tipe X. Paling mencolok yaitu gril depan sudah pakai aksen chrome serta spion luar yang bisa melipat otomatis.

Kemudian pada bagian kabinnya pada tipe ini juga sudah memakai kunci model immobilizer, tambahan tweeter pada sistem tata suara audionya. Kemudian ada juga pemasangan sun visor dengan vanity mirror, serta Eco Indicator untuk membantu pengemudi berkendara lebih hemat bahan bakar. Tak cuma itu, kenyamanan pengemudi juga bertambah berkat keberadaan fitur Tilt Steering, Audio Steering Switch, dan Rear Parking Camera.

>>> Anda mau membeli mobil Daihatsu Xenia R? Klik sini untuk mendapat tawaran terbaik

4. Tipe Mobil Xenia 1.3 R Deluxe

Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe

Di tipe ini sudah pakai corner sensor pada bemper depan

Kalau tipe Daihatsu Xenia yang satu ini menggunakan tambahan aksesoris selain yang sudah ada pada Xenia tipe 1.3 R. Yaitu aero kit pada bemper depan dan belakang, side skirt, kaca jendela dengan aksen chrome, rear spoiler dengan LED stoplamp, serta spion luar juga sudah pakai LED lamp sebagai lampu sein.

Untuk kenyamanan berkendaranya, tipe ini ditambahkan pula sistem headunit layar sentuh yang sudah bisa terkoneksi dengan ponsel. Untuk pengemudi pun sudah ditambah dengan fitur Corner Sensor yang terpasang di bemper depan.

>>> Cari mobil bekas Daihatsu Xenia R DLX ? Pilihan paling lengkapnya ada disini

5. Tipe Mobil Xenia 1.5 R Deluxe

Daihatsu Xenia 1.5 R deluxe

Tipe Xenia paling tinggi dengan mesin 1.500 cc

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik jual beli mobil yang berguna lainnya

Ini adalah tipe tertinggi dari Daihatsu Xenia. Mesinnya 1.500 cc berkode 2NR-VE 4 silinder DOHC dengan teknologi Dual VVT-i. Perbedaan mesin ini membuat Xenia 1.5 memiliki tenaga yang juga lebih tinggi dari Xenia tipe 1.3 X dan 1.3 R. Jika pada mesin 1.300 cc tenaganya 97 PS, maka di mesin 1.500 cc ini tenaganya 104 PS. Pada tipe ini Daihatsu juga menyediakan pilihan transmisi manual dan otomatis.

Selain mesin yang lebih bertenaga, penggunaan fitur pada tipe mobil Xenia yang satu ini juga lebih lengkap. Anda akan mendapatkan mobil low MPV Daihatsu yang sudah menggunakan Antilock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distributuon (EBD) pada Xenia 1.5 R.

Sementara dari sisi estetika, kelengkapanya sama dengan tipe Xenia 1.3 R Deluxe. Yaitu sudah ada aerokit pada bemper depan dan belakang, ada sideskirt, ada rear spoiler dengan LED stoplamp, spion luar dengan sein LED, serta gril depan beraksen chrome. Bedanya, pada tipe 1.5 R Deluxe velg yang digunakan menggunakan paduan polished dan black, sementara pada tipe 1.3 R Deluxe masih pakai satu warna yaitu silver.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Cari Mobil Keluarga Terjangkau? Harga Daihatsu Xenia Bekas Sekarang Mulai Rp50 Jutaan!

09/12/2019

Jual beli

5 menit

Harga Daihatsu Xenia bekas kini amat terjangkau. Untuk Xenia generasi awal, harganya sudah di kisaran Rp50 juta. Sementara yang all new model sudah di bawah Rp100 juta.

Lihat juga

Model Lama Masih Menarik, Intip Harga Kredit Xenia Bekas yang Menggiurkan

24/08/2019

Jual beli

3 menit

Meskipun Daihatsu Xenia sudah mendapatkan pembaruan beberapa waktu lalu, tapi Xenia bekas masih menjadi komoditas menarik di pasar mobil kali ini. Tak harus membayar langsung, ada banyak harga kredit Xenia bekas yang menarik untuk Anda.

Lihat juga

5 Keuntungan Membeli Daihatsu Great New Xenia Buat Mudik Lebaran

18/05/2019

Jual beli

Membeli Daihatsu Great New Xenia untuk dipakai mudik Lebaran ke kampung halaman merupakan hal yang bisa kami rekomendasikan. Karena setidaknya ada lima keuntungan ketika Anda memilih mobil keluarga yang satu ini.

Lihat juga

Review Daihatsu Great New Xenia R Sporty 2017, Mobil Keluarga Yang Bertahan Di Tengah Gempuran Mobil Baru

03/05/2018

Editor rate:

Di usianya yang ke 7 tahun, Great New Xenia ini sudah mengalami beberapa kali perubahan. Kali ini Cintamobil mencoba kasta tertingginya. Silahkan simak review Daihatsu Great New Xenia R Sporty 2017 di bawah ini.

Lihat juga

Harga Xenia 2020: Daftar Harga mobil Xenia terbaru November

01/11/2020

Daihatsu

Awal tahun 2019 menjadi momentum tepat bagi PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk merilis Daihatsu Xenia. Memang tak dipungkiri, kehadirannya dinanti-nantikan sejak tahun lalu. Ada beberapa pembaruan mengesankan yang dihadirkan pada model Facelift-nya kali ini. Inilah daftar harga Daihatsu Xenia terbaru.

Lihat juga
 
back to top