Wuling Cortez CT Type S: Pilihan Rasional Keluarga dan Pengusaha

26/10/2020

Jual beli

5 menit

Share this post:
Wuling Cortez CT Type S: Pilihan Rasional Keluarga dan Pengusaha
Kami akan beberkan beberapa alasan mengapa Wuling Cortez CT Type S adalah sebuah mobil yang rasional untuk keluarga maupun kebutuhan pengusaha atau fleet

Pabrikan asal China yang satu ini memang hampir selalu membuat orang terkesan, terlebih di Indonesia. Sebab, PT SGMW Motor Indonesia selaku pemegang merek Wuling di Indonesia tak henti-hentinya mendobrak pasar Tanah Air dengan meluncurkan produk yang memiliki value for money tinggi. Salah satunya adalah Wuling Cortez CT Type S 2020 yang memenuhi ekspektasi keluarga maupun memenuhi kebutuhan pengusaha atau fleet.

Gambar Wuling Cortez CT Type S 2020

Berbagai kelebihan yang ditawarkan Cortez CT Type S membuat pesaingnya ngeri

Dengan harga jualnya yang mulai hanya Rp 209 jutaan saja, tentu ia mampu 'mengganggu' para pemain besar yang sudah mapan sekalipun. Berikut ini kami akan membeberkan beberapa alasan mengapa MPV (Multi Purpose Vehicle) yang satu ini cukup rasional untuk digunakan sebagai mobil andalan keluarga mapun ujung tombak perusahaan guna keperluan dinas.

Cost Of Ownership Rendah

Biaya kepemilikan adalah hal yang pertama kali kami singgung, sebab hingga mobil mencapai jarak 100.000 kilometer, Cortez CT Type S hanya perlu keluar dana Rp 10 jutaan saja, itu artinya biaya per kilometer mobil ini hanya sekitar Rp 100 perak saja! Coba dihitung kasar, andai mobil dipakai setahun 20.000 kilometer, berarti kelipatan 100.000 kilometer dapat tercapai dalam 5 tahun, artinya per tahun Anda cukup keluar dana Rp 2,3 juta saja.

Gambar biaya servis Wuling Cortez CT Type CVT MT 2020

Biaya servis Cortez CT Type S bertransmisi CVT

Biaya perawatan mobil sejumlah Rp 2,3 jutaan per tahun tersebut bisa dikatakan terjangkau untuk mobil sekelas Wuling Cortez CT Type S. Untuk Cortez CT Type S dengan varian transmisi manual 6-percepatan juga punya cost of ownership yang mirip, yakni di angka Rp 10 jutaan. Biaya kepemilikan yang rendah ini tentu akan menguntungkan siapapun yang memiliki mobil ini, baik dari kalangan perseorangan maupun perusahaan.

Gambar biaya servis Wuling Cortez CT Type S 2020

Biaya servis Cortez CT Type S varian bertransmisi manual

Kunci dari cost of maintenance Wuling yang bisa begitu bersaing sebenarnya ada pada 50.000 kilometer pertama. Sebab dari kilometer 0 hingga kilometer 50.000 tersebut biaya jasa sejumlah Rp 1.672.729 yang seharusnya dibayarakan pemilik Cortez CT Type S sebagai labour cost digratiskan oleh PT SGMW Motor Indonesia. Tak heran biaya perawatan Cortez CT Type S begitu terjangkau.

Pajak Terjangkau

Tak cukup hanya mengejutkan calon konsumen dengan biaya perawatan yang terjangkau. Ternyata Cortez CT Type S juga memiliki keunggulan lain yakni biaya pajaknya yang terjangkau. Berdasarkan informasi yang dihimpun tim Cintamobil.com, pajak tahunan Cortez CT Type S untuk wilayah Jakarta di Cortez CT Type S bertransmisi manual adalah Rp 3.482.000.

Gambar tampilan Wuling Cortez CT Type S 2020

Siapa sangka pajak tahunannya terjangkau?

Rinciannya adalah Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Rp 3.339.000 dan SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan) adalah Rp 143.000. Sedangkan untuk Cortez CT Type S yang bertransmisi CVT juga tak kalah murah, yakni hanya berselisih Rp 252.000 saja alias totalnya Rp 3.734.000. Rinciannya adalah PKB Rp 3.591.000 dan SWDKLLJ Rp 143.000.

Kenyamanan Kabin

Gambar kursi depan Wuling Cortez CT Type S 2020

Kursi depan nyaman diduduki

Terdapat dua pilihan jok mobil ini yang dibedakan dari jenis transmisi yang diusungnya. Untuk Cortez CT tipe S yang menggunakan transmisi manual 6-percepatan mendapat jok 8-seater yang nyaman. Sehingga 8 penumpang termasuk pengemudi dapat duduk dengan nyaman. Meskipun seluruh pengaturan jok, baik jok pengemudi atau seluruh penumpang masih secara manual.

Gambar kursi baris kedua Wuling Cortez CT Type S 2020

Tersedia dua jenis kursi belakang

Sementara untuk Cortez CT Type S dengan transmisi CVT mendapat pilihan 7 tempat duduk dengan format captain seat di kursi baris kedua. Corak pelapis kursinya memang tidak semewah Cortez CT tipe C maupun L yang dibanderol lebih tinggi. Tapi kendati demikian duduk di kursi ini cukup nyaman, sebab busanya empuk dan cukup menopang badan dengan baik, sehingga untuk digunakan perjalanan jauh tidak begitu melelahkan.

>>> Begini pendapat kami setelah test drive Wuling Cortez turbo

Performa Mesin Turbo

Gambar mesin LL5 SGMW

Mesin turbo membuat Cortez CT asyik digeber

Cortez CT Type S 2020 ini menggendong mesin yang serupa dengan kakak-kakaknya yang dijual lebih mahal, bahkan Wuling Almaz yang bermodel SUV. Ia dipersenjatai dengan mesin berkode LL5 4-silinder dengan kubikasi 1.500 cc plus turbocharger. Meski pasokan bahan bakarnya belum direct injection, tetapi output tenaga mesin yang dihasilkan mencapai 140 HP pada putaran mesin 5.200 rpm, serta torsi 250 NM di rentang rotasi mesin 1.600 - 3.600 rpm. Tenaga dan torsi tersebut tersalur ke dua roda depan melalui pilihan transmisi CVT dan manual 6-percepatan.

Foto turbocharger Honeywell di Wuling Cortez CT

Turbo sudah mulai spooling di 1.600 rpm membuatnya nikmat dikemudikan

Kami sudah pernah mencoba sendiri betapa nikmatnya mesin ini, spooling dari turbocharger system yang dianut oleh Cortez CT ini sudah terasa sejak putaran 1600 rpm. Hal ini jelas membantu mobil saat hendak melakukan aksi overtaking. Meski turbo buatan Honeywell yang asli Amerika Serikat ini belum dilengkapi dengan fitur variable geometry, namun bilah yang rapat serta serta sudutnya yang lebih rebah membuat pemampat udara paksa milik Cortez CT Type S 2020 ini mampu untuk meniupkan udara lebih cepat kedalam mesin.

Kesimpulan

Gambar Wuling Cortez CT Type S 2020

Cortez CT Type S adalah mobil yang rasional untuk dimiliki

Bila Anda adalah seorang kepala keluarga yang mencari mobil yang nyaman memiliki performa yang mumpuni dan punya kenyamanan baik maka Wuling Cortez CT Type S 2020 ini adalah mobil yang rasional dan cocok untuk Anda. Tapi meski demikian, ternyata mobil ini juga cocok untuk dijadikan mobil operasional kantor atau untuk kebutuhan fleet, sebab ia punya cost of ownership yang rendah, dan juga biaya pajak yang terjangkau.

>>> Mau beli Wuling Cortez bekas? Coba lihat ragam pilihannya di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top