Warna Mobil Mempengaruhi Harga Jual Kembali Mobil, Survey Membuktikan

18/03/2018
Bagian eksterior mobil tidak hanya menjadi pelengkap atau penambah gengsi pengemudi, tapi eksterior, terlebih warna cat yang dimiliki mobil. Warna mobil bekas ternyata bisa memberikan tambahan harga jika Anda ingin menjual mobil Anda kembali, survey membuktikan.

Warna cerah bisa memberikan Anda tambahan harga jika Anda ingin menjual mobil Anda, sedangkan warna mobil bekas bernuansa yang tenang mungkin tidak begitu berpengaruh. Karena depresiasi adalah beban kepemilikan jangka panjang yang dimiliki pengemudi. Maka dari itu, pembeli mobil baru harus memilih model yang paling sesuai dengan nilainya meskipun sudah menjadi mobil bekas.

Gambar yang menunjukan mobil yang sedang diparkir secara berjejer

Warna ternyata mempengaruhi harga jual mobil bekas

Dalam survey yang dilakukan oleh iSeeCars.com, mereka telah mengumpulkan daftar kendaraan yang diprediksi akan memberikan nilai jual kembali yang terbaik dan terburuk dalam lima tahun ke depan. Ternyata, banyak faktor yang bisa mempengaruhi harga jual kembali pada mobil.

Namun, berapa banyak uang yang bisa Anda dapatkan ketika Anda menjual kembali mobil Anda dipengaruhi oleh berbagai faktor, terutama kondisi kendaraan dan jumlah kilometer yang sudah Anda tempuh pada odometer. Selain itu, harga jual kembali juga dipengaruhi oleh masalah penawaran dan permintaan di pasar lokal.

>>> Baca juga Tips membuat mobil bekas laku terjual

1. Pilihlah warna yang terang

Ternyata, warna kendaraan juga dapat mempengaruhi nilai jual kembali dalam keadaan tertentu. Dengan mobil berwarna kuning menghasilkan lebih banyak uang, menurut sebuah studi yang dibuat oleh situs iSeeCars.com terhadap lebih dari 2.1 Juta transaksi kendaraan bekas.

Kendaraan berwarna kuning mengalami depresiasi rata-rata 27% setelah tiga tahun, lebih tinggi dari rata-rata 18.5% pada mobil biasa. Warna mobil lain yang memungkinkan nilai jual kembali secara signifikan lebih baik dari rata-rata adalah warna orange soft dan terang (7.8% di atas rata-rata) dan hijau (6.9% di atas rata-rata).

Gambar yang menunjukan mobil berwarna kuning yang sedang berjejer pada lapangan parkir

Warna kuning hanya mendapatkan sedikit penguranga ketika dijual kembali

Tapi, ada mobil berwarna ngejreng lain mendapatkan nilai jual kembali lebih tinggi. Contohnya mobil brrwarna emas cenderung mengalami 12.1% peningkatan harga jual dibandingkan model lain. Warna lainnya adalah ungu (10.7% di atas rata-rata) dan krem (10.3% di atas rata-rata). Jika Anda tidak malu mengendarai kendaraan berwarna ngejreng tersebut, Anda bisa mendapatkan harga yang bagus di pasar mobil bekas.

Sementara itu, warna mobil yang paling umum, seperti putih, hitam, merah, dan abu-abu, cenderung memiliki nilai jual pada tingkat rata-rata. Karena mobil berwarna biasa adalah versi yang paling banyak pada garis model yang diberikan, pembeli mobil bekas dapat berbelanja untuk mendapatkan kombinasi fitur yang diinginkan dan tawar menawar dalam proses pembeliannya.

>>> Baca juga tips jual beli lainnya disini

2. Kenapa mobil berwarna kuning?

Membeli mobil berrwarna kuning memang memberikan nilai jual lebih pada Anda, karena sebagian besar kasus permintan dan penjualan. Mobil kuning pada memang jarang ditemui dibandingkan warna lainnya, dan cenderung terbatas, terutama pada mobil sport, convertible, dan beberapa mobil SUV yang cenderung bisa mempertahankan harga dengan baik.

Gambar yang menunjukan mobil berwarna emas sedang dipajang pada pameran

Warna emas juga sedikit mengalami penurunan harga

Karena tingkat kelangkaan tersebut, mobil pickup berwarna kuning hanya terdepresiasi 25.8% selama tiga tahun, dibandingkan dengan 30.9% dari truk terbuka. Sementara itu, SUV kuning kehilangan hanya 10.9% dari harga asli selama tiga tahun dari rata-rata SUV kehilangan 20.9% dari harga asli.

Membeli mobil kuning mungkin bisa menambah harga jual kembali mobil Anda. Warna mobil bekas yang dijual memiliki pengaruh yang cukup besar untuk perdagangan di pasar mobil. Karena itu, janga takut untuk memilih warna yang tidak biasa, apalagi jika Anda memang menyukainya.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0