Warna Mobil Ertiga yang Unik dari Suzuki

09/10/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Warna Mobil Ertiga yang Unik dari Suzuki
Pilihan warna mobil Ertiga dari Suzuki cukup beragam, namun diantara warna-warna itu, ada beberapa warna yang cukup unik serta tidak ditawarkan oleh merk mobil lain.

Suzuki Ertiga pertama kali diperkenalkan pada ajang Indonesia Intrnational Motor Show (IIMS) 2010. Saat itu mobil ini dipamerkan masih dalam bentuk mobil konsep bernama "R3". Huruf R diartikan sebagai Row (baris), sementara angka 3 berarti Tiga, sehingga maksud dari penamaan mobil konsep ini adalah sebuah kendaraan dengan tiga baris tempat duduk.

Setelah mobil konsepnya muncul perdana di Indonesia, maka berselang dua tahun setelah itu, mobil ini diluncurkan secara global di India saat berlangsungnya New Delhi Auto Expo 2012. Ketika itulah mobil tersebut langsung diberi nama Suzuki Ertiga. Meskipun berjenis MPV (Multi Purpose Vehicle) tujuh penumpang, nyatanya Ertiga malah menggunakan platform dari Suzuki Swift generasi ketiga. Sehingga sensasi berkendara dari mobil ini mirip dengan mengendarai sebuah hatchback atau sedan.

Selain kenikmatan berkendara, pilihan warna mobil Ertiga dari Suzuki juga cukup bervariatif sehingga bisa dipilih konsumen dengan selera yang berbeda-beda. Anda juga sedang mempertimbangkan untuk membeli Suzuki Ertiga dan mempertimbangkan apa warna mobil Suzuki Ertiga yang paling sesuai dengan kepribadian Anda? Nah, baca terus artikel Cintamobil.com ini sampai habis ya...

Pilihan dan Kode Warna Cat Mobil Ertiga Terbaru

Suzuki Ertiga warna cokelat

Ada 7 pilihan warna Suzuki Ertiga terbaru

Sejak diperkenalkan 2012 silam, Suzuki Ertiga sudah lahir dalam dua generasi. Untuk Ertiga generasi pertama menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.400 cc K14B 4 silinder 16 katup dengan teknologi DOHC VVT. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga 95 PS dengan torsi 130 Nm. Ertiga generasi awal ini punya panjang bodi 4.265 mm (milimeter), lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.685 mm, serta jarak sumbu roda 2.740 mm. Tipe yang disediakan GA, GL, dan GX dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Menariknya pada generasi Ertiga yang pertama ini, Suzuki juga sempat menyediakan varian mesin diesel D13A dengan ISG (Integrated Starter Generator) dan baterai 70 Ah yang berteknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) serta DDiS (Diesel Direct injection System). Suzuki menyebut mobil ini dengan tipe Ertiga Diesel Hybrid. Sayangnya tipe ini kurang sukses di Indonesia.

Generasi kedua Ertiga pun lantas dimunculkan Suzuki pada April 2018. Mobil ini menggunakan platform HEARTECT serupa yang dipakai pada Suzuki Ignis, Suzuki New Baleno, dan Suzuki Swift. Selain itu mesin yang digunakan kini berkapasitas 1.500 cc 4 siinder 16 katup DOHC-VVT berkode K15B. Pilihan transmisinya ada manual 5 percepatan dan otomatis 4-speed. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga lebih besar dari generasi sebelumnya, yakni 104 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 138 Nm di 4.400 rpm.

Selain desain eksterior dan interior yang berubah dibanding generasi sebelumnya, dimensi keseluruhan dari mobil ini pun bertambah. Panjangnya jadi 4.395 mm (lebih panjang 130 mm), lebar 1.735 mm (lebih lebar 60 mm), dan tinggi 1.690 mm (lebih tinggi 5 mm). Walau demikian jarak sumbu rodanya masih serupa Ertiga generasi perdana. Pada generasi yang kedua ini pula PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan Ertiga Suzuki Sport di Maret 2019. Tipe ini menggunakan aksesoris tambahan yang bernuansa sporty, serta hanya hadir dalam pilihan warna hitam atau putih.

Jika Anda datang ke dealer resmi Suzuki, maka yang Anda lihat di showroom tersebut merupakan versi facelift dari Suzuki Ertiga generasi kedua. Perbedannya ada pada kombinasi warna jok mobil Ertiga tipe GX yang kini hitam dengan sentuhan kayu, penggunaan monitor 8 inci, dan ditambahkan armrest untuk jok baris kedua.

Sementara pilihan warna mobil Ertiga terbaru ada tujuh macam. Pertama yaitu mobil Ertiga warna abu-abu (Metallic Magma Gray), lalu ada mobil Ertiga warna putih (Pearl Snow White), mobil Ertiga warna silver (Metallic Silky Silver), mobil Ertiga warna hitam (Prime Cool Black), mobil Ertiga warna merah keunguan (Pearl Burgundy Red), mobil Ertiga warna merah (Pearl Radiant Red), dan mobil Ertiga warna cokelat (Brave Khaki).

>>> Sekian Banyak Warna Mobil, Warna Ini Paling Butuh Perhatian

Warna Mobil Ertiga 2019 yang Unik

Suzuki Ertiga warna Burgundy

Suzuki Ertiga warna ungu terlihat unik dan tak ada di Low MPV lain

Dari ketujuh pilihan warna mobil Ertiga terbaru dari Suzuki, ternyata warna-warna tersebut tidak semuanya terdapat pada seluruh varian tipe Suzuki Ertiga. Contohnya untuk warna Brave Khaki yang hanya disediakan untuk Ertiga tie GL dan GX, kemudian untuk warna Metallic Magma Gray yang cuma tersedia untuk Ertiga tipe GL dan GX, serta Suzuki Ertiga Sport.

Sedangkan Ertiga Sport sendiri tidak disedikan dengan warna Silky Silver, Burgundy Red, atau Radiant Red. Satu-satunya pilihan warna mobil Ertiga yang disediakan Suzuki untuk semua tipe dari Ertiga adalah Cool Black.

Dibanding kompetitornya di kelas Low MPV, ternyata ada beberapa warna unik dari Suzuki untuk Ertiga. Diantaranya warna mobil Ertiga Burgundy Red yang kombinasi antara merah dengan ungu, serta warna mobil Ertiga Brave Khaki yang seperti campuran antara cokelat dengan warna emas. Tentunya ini jadi kelebihan Suzuki Ertiga untuk menampilkan sesuatu yang berbeda dibanding lawan-lawannya.

>>> Review Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019: Tingkatkan Efisiensi

Harga Suzuki Ertiga Terbaru 2020

Suzuki Ertiga warna merah

Suzuki Ertiga 2020 merupakan Ertiga generasi kedua yang sudah mengalami facelift

Dipasarkan dalam tipe GA bertransmisi manual, GL transmisi manual dan otomatis, GX transmisi manual dan otomtis, serta Ertiga Sport transmisi manual dan otomatis, ada beberapa fitur keselamatan dan hiburan yang sudah disediakan Suzuki untuk Ertiga. Antara lain Dual SRS Airbags untuk pengemudi dan penumpang depan, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Stablility Program (ESP), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), Hill Hold Control, AC Auto Climate Control, Engine Start/Stope Button, Rear Camera, head unit 8 inci, sampai Filer AC antialergen.

Apabila setelah pembahasan tadi sudah menentukan warna mobil Ertiga apa yang kira-kira cocok dengan kepribadian dan selera Anda, maka berikut ini daftar harga Suzuki Ertiga terbaru 2020. Harga ini kami kutip dari laman Suzuki Indonesia ;

  • Ertiga GA M/T : Rp 205.000.000
  • Ertiga LG M/T : Rp 224.500.000
  • Ertiga GL A/T : Rp 235.000.000
  • Ertiga GX M/T : Rp 238.500.000
  • Ertiga GX A/T : Rp 249.000.000
  • Ertiga Suzuki Sport M/T : Rp 252.000.000
  • Ertiga Suzuki Sport A/T : Rp 262.500.000

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya seputar mobil

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Penjualan Suzuki Ertiga Disalip XL7

04/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Kehadiran Suzuki XL7 pertengahan Februari 2020 langsung berdampak pada penjualan Suzuki Ertiga yang mengalami penurunan signifikan dibanding bulan sebelumnya.

Lihat juga

Intip Biaya Servis Berkala Suzuki XL7, Sama dengan Ertiga?

26/03/2020

Perawatan dan service

5 menit

Suzuki mengklaim, jika biaya servis berkala Suzuki XL7 di bengkel resmi Suzuki hanya berkisar Rp 6,9 juta untuk 5 tahun atau 100.000 km. Bahkan ada promo bebas jasa servis dan spare part untuk 50.000 km atau 2,5 tahun.

Lihat juga

Komparasi Suzuki Ertiga vs Suzuki XL7: Perang Saudara Satu Platform

20/02/2020

Mobil baru

5 menit

Meski kedua mobil berbasis sama, lebih baik mana antara Suzuki Ertiga vs Suzuki XL7? Simak komparasi 'perang saudara' satu platform berikut ini

Lihat juga

Pilihan MPV Irit: Harga Suzuki Ertiga Diesel Bekas yang Terjangkau

25/04/2020

Jual beli

3 menit

Hanya setahun dipasarkan di Indonesia tak membuat pesonanya memudar. Lihat lagi kelebihan dan kekurangan serta berapa harga Suzuki Ertiga Diesel bekas yang menawan ini.

Lihat juga

Komparasi All New Suzuki Ertiga GL AT 2019 vs New Toyota Avanza 1.5 G MT 2019, Beda Harga Rp 4 Jutaan, Pilih Mana?

03/05/2019

Jual beli

Komparasi kali ini adalah salah satu komparasi terpanas yang ada di Indonesia. Dua samurai asal Jepang siap beradu, setelah puas mengetes jalan kedua mobil ini secara langsung, kini kami melakukan komparasi All New Suzuki Ertiga GL AT 2019 vs New Toyota Avanza 1.5 G MT 2019, beda harga hanya Rp 4 jutaan, pilih mana?

Lihat juga