Viral Tagar #SaveTheManuals, Ada 5 Keuntungan Transmisi Manual

18/03/2019

Jual beli
Share this post:
Viral Tagar #SaveTheManuals, Ada 5 Keuntungan Transmisi Manual
Media sosial sempat ramai bahkan sempat viral dengan tagar #SaveTheManuals untuk mobil dengan transmisi manual. Ternyata ada 5 keuntungan mobil dengan transmisi manual.

Belum lama ini media sosial sempat ramai dengan hashtag atau tagar #SaveTheManuals yang banyak dijadikan meme oleh para pecinta otomotif. Bahkan ada  caption yang ramai digunakan yakni “Teach Kids to Change Gears, Not Genders.” yang maksudnya adalah ajarkan anak-anak mengganti gigi bukan mengganti jenis kelamin.

Media sosial heboh dengan tagar #SaveTheManuals

Para orang tua diminta untuk mengajarkan anaknya mengemudi transmisi manual melalui tagar #SaveTheManuals

Momen tersebut menarik karena memang saat ini pabrikan lebih memilih transmisi otomatis untuk produk-produk terbarunya. Bahkan supercar atau hypercar sudah banyak yang menggunakan transmisi otomatis dengan berbagai teknologinya. Pun penjualan transmisi manual semakin menurun secara global. Padahal, ada keuntungan transmisi manual pada mobil. Apa saja?

>>> Mungkin Anda tertarik: [INFOGRAFIK] Cara Terbaik Menggunakan Masing-Masing Gigi pada Transmisi Manual

1. Akselerasi

Mobil dengan transmisi manual mempunyai akselerasi lebih baik

Pengemudi lebih leluasa untuk mengontrol kecepatan saat berakselerasi

Menggunakan mobil yang memakai transmisi manual akan lebih leluasa dalam memainkan kopling dan menginjak pedal gas. Keuntungan transmisi manual pada sisi akseelrasi adalah lebih terasa respon mesin dibandingkan otomatis. Terlebih umumnya transmisi otomatis mempunyai respon yang lambat pada putaran bawah atau awal akselerasi.

>>> Ingin mencari mobil-mobil lama? Klik disini untuk informasi lebih lanjut

2. Engine Brake

Menggunakan transmisi manual lebih mudah untuk melakukan engine brake

Teknik engine brake bisa lebih optimal digunakan pada transmisi manual

Teknik engine brake atau mengurangi kecepatan dengan mengurangi gigi pada transmisi mobil akan lebih optimal dan efektif bila menggunakan transmisi manual. Adapun keuntungan transmisi manual dalam hal ini bisa meminimalisir ketika jalanan menurun curam maka tidak harus sepenuhnya menggunakan rem. Teknik engine brake bisa digunakan untuk menahan mesin untuk tidak membuat mobil melaju.

>>> Tips dan trik untuk jual beli mobil anda bisa dilihat disini

3. Hemat BBM

Konsumsi bahan bakar mobil bekas transmisi manual lebih irit

Transmisi manual lebih irit dalam mengonsumsi bahan bakar dibandingkan transmisi otomatis

Salah satu keuntungan transmisi manual yang juga bisa dipastikan adalah efisiensi bahan bakar. Mobil jenis transmisi manual lebih mudah untuk mengatur putaran mesin ketika berkendara. Jika Anda mengemudi dengan benar tidak ugal-ugalan, maka mobil bisa lebih irit dibandingkan transmisi otomatis.

>>> Mungkin Anda tertarik, Komparasi Tiga Jenis Transmisi Hatchback LCGC

4. Perawatan

Servis atau perawatan transmisi manual lebih mudah dan murah

Umumnya perawatan pada transmisi manual lebih mudah dan murah

Tidak melulu keuntungan transmisi manual hanya saat mengemudi. Soal perawatn pun mobil jenis transmisi manual lebih mudah dibandingkan transmisi otomatis. Begitu juga dengan biaya servis umumnya lebih murah. Selain itu daya tahan oli rem juga lebih lama sehingga cukup dilakukan secara berkala tetapi tidak sesering mengganti oli transmisi otomatis.

>>> Baca juga Memeriksa getaran tidak biasa mobil

5. Harga Mobil

Harga mobil transmisi manual lebih murah

Bila Anda mempunyai budget mepet, maka transmisi manual bisa menjadi opsi karena harga yang lebih murah

Salah satu pertimbangan dalam membeli mobil adalah harga. Bila Anda mempunyai budget mepet, maka keuntungan transmisi manual satu ini bisa diandalkan. Bila Anda membeli mobil baru, varian transmisi manual dengan tipe yang sekelas akan lebih murah. Jadi, apakah Anda tertarik dengan mobil transmisi manual?

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:
 
back to top