Adu Low MPV, Komparasi Ukuran Mobilio vs Avanza vs Xpander vs Ertiga

30/11/2021

Jual beli

5 menit

Share this post:
Memilih mobil keluarga yang lega berdasarkan dimensinya? Simak lagi perbandingkan ukuran Mobilio, Avanza, Xpander, dan Ertiga yang mengisi segmen Low MPV ini.

Dimensi bisa menjadi alasan untuk membeli sebuah mobil. Mobil yang berdimensi besar memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk menawarkan ruang kabin yang lebih lega. Dari empat pilihan Low MPV terpopuler, mari kita intip perbedaan ukuran Mobilio, Avanza, Xpander, dan Suzuki Ertiga. Daihatsu Xenia tak dimasukkan ke dalam komparasi ini karena memiliki kesamaan dimensi dengan Toyota Avanza.

Spesifikasi ukuran Mobilio

Sebagai bagian dari Low MPV Tanah Air, ukuran Mobilio bisa dibilang cukup baik untuk mengakomodasi 7 orang penumpang di dalam kabin. Dimensi mobil Mobilio memiliki panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, dan tinggi 1.603 mm, membuatnya tak jauh berbeda dibandingkan model lainnya di segmen ini.

mobil baru Honda Mobilio berwarna merah
Ukuran Mobilio tidak banyak berubah sejak facelift tahun 2019

Khusus ukuran mobil Mobilio RS lebih panjang 12 mm dibandingkan versi standar. Hal ini kemungkinan besar terjadi karena aksesoris tambahan yang ditawarkan pada mobil ini, seperti bumper depan dan belakang yang lebih sporty.  Semua tipe mendapatkan pengaturan velg alloy 15 inci.

Dipasarkan sebagai bagian dari mobil keluarga perkotaan, ground clearance Mobilio yang tercatat 189 mm saja. Tak begitu tinggi, tapi catatan tersebut sudah cukup baik untuk sekadar menghadapi polisi tidur yang sering ditemui di jalanan perkotaan.

Masuk ke dalam kabin, kenyamanan akan ruang yang lega masih bisa dirasakan di bangku baris kedua. Tapi untuk bangku baris ketiga sepertinya lebih baik digunakan untuk penumpang anak-anak, tak terlalu lega untuk penumpang dewasa. Ukuran Mobilio dalam hal jarak poros roda hanya 2.650 merupakan yang terkecil jika dibandingkan dengan nama lain di daftar ini.

kursi Honda Mobilio berwarna beige
Baris ketiga Mobilio tidak begitu nyaman untuk penumpang dewasa

Sejak mengalami perubahan dua tahun lalu, ada tiga tipe Honda Mobilio yang dipasarkan di Indonesia, yaitu Mobilio S, E, dan RS. Dengan harga Mobilio mulai dari Rp 197 jutaan, membuatnya menjadi salah satu LMPV termurah di Indonesia saat ini.

Ukuran Avanza

Berbeda dengan ukuran Mobilio, Toyota Avanza yang mendapatkan perubahan terbaru di generasi ketiga mendapatkan dimensi yang lebih besar. Panjang keseluruhan Avanza mencapai 4.395 mm dengan lebar mencapai 1.730 mm. Sedangkan ground clearance tipe terendah tercatat 195 mm.

mobil baru Toyota Avanza 2022 berwarna abu-abu
Desain terbaru All New Avanza 2022 yang lebih besar

Namun ada yang berbeda pada tipe bermesin 1.5 liter. Dimana mulai dari Avanza 1.5 G M/T hingga 1.5 G CVT TSS mendapatkan dimensi 35 mm lebih tinggi. Menjadikan tinggi Avanza 1.5 G mencapai 1.700 mm. Termasuk dengan peningkatan ground clearance menjadi 205 mm, sudah cukup baik ketika harus menghadapi jalanan bergelombang.

Toyota sepertinya mendengarkan keluhan dari pelanggan dalam hal kelegaan kabin. Peningkatan dimensi Avanza tentu saja berimbas pada ruang kaki yang lebih lega dengan wheelbase 2.770 mm. Peningkatan ini terlihat pada pada bangku baris ketiga yang sudah lebih baik untuk diduduki penumpang dewasa.

Peningkatan dimensi tentunya membuat mobil menjadi lebih bongsor, tapi memberikan kelegaan pada ruang kabin dengan wheelbase yang lebih panjang. Sedangkan tampilannya yang menawan dipasangkan dengan velg berukuran 15 inci untuk tipe terendah dan 16 inci untuk tipe menengah dan di atasnya.

Interior mobil baru All New Avanza berwarna hitam
Bagian interior Avanza dibuat lebih lega pada generasi terbaru

Terlepas dari varian Veloz yang akhirnya dipasarkan sebagai model tersendiri, hanya ada tiga pilihan dari All New Avanza. Ada dua pilihan mesin 1.3 liter dan 1.5 liter dengan tambahan model tertinggi yang sudah mendapatkan teknologi Toyota Safety Sense. Harga Toyota Avanza 2022 dimulai dari Rp 206 jutaan.

>>> Komparasi Fitur Honda Mobilio vs Avanza 2022, Avanza Menang Telak?

Ukuran Xpander

Secara dimensi, Xpander menjadi yang terbesar dengan tampilan yang maskulin dan gagah. Membuatnya semakin dekat dengan gaya crossover dibandingkan Low MPV konvensional. Dibandingkan ukuran Mobilio, Xpander memiliki panjang 4.595 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.750 mm.

Keunggulan Xpander tentu saja pada ground clearance tertinggi di kelasnya. Dengan catatan 220 mm untuk tipe bertransmisi CVT, Xpander bertransmisi manual memiliki ground clearance mencapai 225 mm. Jarak ini bahkan setara dengan mobil SUV yang memang dikhususkan untuk pengendaraan di medan kasar, seperti jalanan yang berkerikil maupun bergelombang.

mobil baru Mitsubishi Xpander berwarna hitam
Edisi terbaru facelift Mitsubishi Xpander 2022

Sama-sama menggunakan pengaturan kursi 7-seater, facelift Xpander 2022 tak mengalami perubahan dimensi. Sehingga interiornya masih tetap lega dengan wheelbase berukuran 2.775 mm. Bangku baris ketiga pun terasa cukup menyenangkan untuk ditempati oleh penumpang dewasa.

Edisi terbaru Xpander tak ketinggalan mendapatkan perubahan harga, dimana dari empat varian yang diperkenalkan dibanderol mulai dari Rp 237 jutaan. Harga yang cukup tinggi dibandingkan pesaing lainnya, tapi tentu saja menawarkan ruang kabin yang lega serta ragam fitur yang terbilang lengkap untuk sistem keselamatan maupun hiburan.

>>> All New Honda BR-V vs Mitsubishi Xpander Ultimate, Mana Lebih Menarik?

Ukuran Ertiga

Dari segi catatan dimensi, Ertiga relatif pendek dengan catatan panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.690 mm. Membantunya mencapai radius putar hanya 5,2 meter. Apalagi ground clearance mobil ini menjadi yang terendah, yaitu 180 mm. Pasalnya Suzuki memang menghadirkan Ertiga sebagai MPV perkotaan, membuatnya terasa nyaman untuk jalanan dengan kondisi stop-and-go.

Tapi khusus tipe Ertiga Suzuki Sport memiliki dimensi yang lebih panjang 75 mm, begitu pula dengan edisi khusus Ertiga Suzuki Sport FF yang baru saja diperkenalkan pada ajang GIIAS 2021 lalu. Mengingat mobil ini mendapatkan ubahan pada bagian fascia depan dan bagian belakang untuk kesan yang lebih sporty.

mobil baru Suzuki Ertiga Sport FF di GIIAS 2021
Desain baru dari mobil edisi khusus Suzuki Ertiga Sport FF

Secara dimensi, Ertiga memang tak lebih panjang jika dibandingkan dengan ukuran Mobilio maupun Avanza. Tapi dengan wheelbase mencapai 2.740 mm, interior Ertiga bisa dibilang sangat lega dan tak kalah dibandingkan pesaingnya. Termasuk pada urusan bangku baris ketiga yang sudah cukup nyaman untuk membawa penumpang dewasa.

Harga All New Ertiga saat ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 201 jutaan dengan tiga pilihan varian. Bandingkan dengan Ertiga Suzuki Sport dibanderol Rp 245 jutaan. Sedang edisi khusus Suzuki Sport FF merupakan model edisi khusus yang dibanderol mulai dari Rp 258 jutaan.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang menarik lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa dimensi Honda Mobilio terbaru?
Honda Mobilio memiliki ukuran panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, dan tinggi 1.603 mm.
Mana Low MPV yang paling besar di Indonesia?
Mitsubishi Xpander merupakan Low MPV yang memiliki dimensi paling besar, dengan panjang 4.595 mm dan lebar 1.750 mm.
Berapa harga Honda Mobilio 2022?
Honda Mobilio dibanderol dengan harga mulai dari Rp 197 jutaan.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top