Tukar Guling Mobil Bekas Jadi Solusi di Tengah Krisis Pandemi Covid-19

08/05/2020

Jual beli

5 menit

Share this post:
Tukar Guling Mobil Bekas Jadi Solusi di Tengah Krisis Pandemi Covid-19
Tukar guling mobil bekas mulai dipilih oleh masyarakat yang butuh uang tunai dengan cara menjual mobil. Lalu bagaimana caranya? Apa keuntungan yang didapat?

Dimasa pandemi virus corona seperti sekarang ini, perekonomian Indonesia. Para pekerja banyak yang dirumahkan, Tunjangan Hari Raya (THR) juga belum jelas apakah akan dibayar atau ditangguhkan. Sementara bagi pengusaha, kebutuhan untuk bisa terus menggaji karyawan membuat keuangan juga ikut goyang.

Salah satu solusi untuk bisa mendapatkan uang disaat sulit seperti ini adalah dengan menjual aset, diantaranya mobil. "Kita tidak bisa pungkiri cara paling cepat untuk mendapatkan uang cash adalah dengan menjual aset, satu diantaranya mobil karena menjualnya cukup cepat," ucap Hendro Kaligis, Business Development Head Suzuki Auto Value PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

>>> Niat Jual Mobil Bekas saat Pandemi Corona? Lakukan Trik Ini

Namun terkadang Anda dipusingkan dengan pertanyaan: "Bagaimana jika tidak ada mobil, sementara keluarga butuh kendaraan untuk transportasi?" Nah ternyata ada satu cara cerdas untuk bisa tetap mendapatkan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan menjual mobil, namun tetap masih memiliki mobil juga. Bagiaman caranya? Baca terus tips dari Cintamobil.com berikut ini ya.

Tukar Guling Mobil Bekas

Mobil bekas Suzuki

Jual mobil lama tapi beli mobil lagi yang harganya lebih murah, tertarik mencoba?

Hendro menyebutkan ada satu cara jika masyarakat ingin tetap memiliki mobil tapi masih butuh uang tunai untuk biaya hidupnya dimasa sulit seperti ini. Yaitu dengan tukar guling mobil bekas. "Misal awalnya ia punya mobil seharga Rp300 jutaan, kemudian ia beli lagi mobil yang harganya Rp100 jutaan. Ini adalah solusi cerdas karena mereka bisa upgrade dengan mendapatkan mobil baru tapi masih dapat uang cash," lanjut Hendro dalam video conference bersama sejumlah jurnalis, Kamis (07/05/2020).

>>> Cek harga mobil baru Suzuki berikut promonya disini

Ia melanjutkan, menjual mobil bekas untuk kemudian membeli mobil lagi tidak harus memilih mobil baru. Bisa juga sama-sama mobil bekas serta dengan cara kredit, biar orang tersebut mendapat margin cukup besar dari hasil penjualan mobil lamanya.

"Misal dia punya Suzuki Ertiga 2013 mau upgrade Ertiga yang tahun 2016. Anggaplah mobil lamanya laku Rp100 juta, ia bisa beli mobil yang tahun lebih muda dengan cara kredit dengan DP Rp50 juta. Sisanya dia masih punya cash, dan sisa hutangnya bisa berupa cicilan dengan tenor 5-6 tahun. Kalau tenornya selama itu tentu cicilannya cukup ringan," kata dia.

Fenomena Seperti Ini Mulai Muncul

Dealer Suzuki Auto Value

Mulai banyak konsumen yang menjual mobil bekas dan beli mobil bekas lain

Hendro pun menjelaskan, tren tukar guling mobil bekas ini mulai banyak dilakukan konsumen Suzuki Auto Value. "Maret, April belum ada yang seperti ini, tapi di Mei fenomena ini sudah mulai terjadi. Karena mereka sadar, dia bisa dapat untung dua kali, dapat mobil baru dan punya cash," lanjut dia.

>>> Pilihan mobil bekas Suzuki yang berkualitas dan paling lengkap ada disini

Ia tidak menampik, saat ini daya beli masyarakat untuk konsumsi otomotif menurun serta hilangnya skala prioritas untuk seseorang beli mobil, baik mobil baru maupun mobil bekas. "Mungkin industri mobil bekas termasuk yang terkena dampak sangat dalam akibat pandemik ini. Beberapa pedagang menyampaikan penjualan bisa turun sampai 80 persen," kata Hendro.

Lalu menurut dia sejumlah pedagang mobil bekas mulai menerapkan strategi turun harga. Misalnya saat ia membeli mobil dari pemakai seharga Rp100 juta, kalau biasanya bisa dijual Rp130 jutaan, sekarang ditawar Rp110 juta juga sudah dilepas. "Untuk daya beli kita juga turun, kalau di Maret kita bisa beli 80 unit, di April tidak lebih dari 15 unit," ungkapnya.

Ada Insentif Rp1 Juta untuk yang Tukar Guling Mobil Bekas

Suzuki Auto Value

Buat yang tukat tambah di Suzuki Auto Value, ada insentif Rp1 juta

>>> Review Suzuki Celerio 1.0 MT 2015: Hemat Dan Sigap

Ia pun mengaku Suzuki Auto Value tidak menerapkan startegi khusus demi menghadapi kemerosotan omset ini dimasa pandemi Covid-19. Ia hanya menerapkan protokol kesehatan sebagaimana yang juga diterapkan oleh SIS. Diantaranya semua karyawan Suzuki Auto Value menggunakan masker dan sarung tangan selama bertugas. Selain itu diwajibkan pula untuk rutin mencuci mobil stok setiap hari, dan semua mobil disemprot disinfektan.

Namun khusus yang mau melakukan tukar guling mobil bekas di Suzuki Auto Value, ada penawaran khusus. "Dimasa pandemi ini kita juga berikan insentif sebesar Rp1 juta untuk yang mau tukar tambah di Suzuki Auto Value. Mengapa harus tukar tambah di kita, karena kami merupakan dealer mobil bekas yang di bawah langsung dari SIS. Jadi kami adalah layanan resmi jual beli mobil bekas dari Suzuki Indonesia. Sehingga pelayannnya disamakan dengan layanan mobil baru di Suzuki. Selain itu kita juga berikan garansi mesin dan transmisi 1 tahun secara nasional dengan garansi di bengkel resmi Suzuki," tutup Hendro.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Ada Program Merdeka di Suzuki Auto Value, Beli Mobil Bekas Gratis Biaya Jasa Balik Nama

24/08/2018

Event - Promosi

Sukses dengan promo Be Cool Back To School pasca lebaran 2018 bulan lalu, Suzuki Auto Value kembali hadir dengan promo baru Program Merdeka.

Lihat juga

Ini Dia 5 Hal Yang Harus Segera Dilakukan Setelah Membeli Mobil Bekas

05/03/2019

Perawatan dan service

4 menit

Mendapatkan mobil bekas idaman memang membuat hati menjadi senang, namun bukan berarti tidak ada yang harus segera dilakukan pada mobil Anda, so ini dia 5 hal yang harus segera dilakukan setelah membeli mobil bekas.

Lihat juga

Trik Menjual Mobil Bekas Cepat Dengan Harga Tinggi

08/05/2017

Jual beli

2 menit

Kebanyakan orang saat ingin ganti mobil akan menjualnya untuk nantinya di tukar tambah dengan yang baru. Ada yang menjual mobil di dealer mobil bekas, atau juga langsung pada perorangan. Namun apakah Anda sudah tahu beberapa trik untuk menjual mobil bekas secara cepat dengan harganya tinggi?

Lihat juga

Review Suzuki Grand Vitara 2016 Indonesia

15/02/2018

Editor rate:

Suzuki Vitara 2016 atau yang sering disebut sebagai Suzuki Grand Vitara merupakan mobil SUV besutan Suzuki yang mulai diperkenalkan pada tahun 2015 silam. Mobil SUV (Sport Utility Vehicle) yang sudah malang melintang di pasar otomotif Indonesia ini mampu menarik minat para pecinta otomotif di Indonesia. Review Suzuki Grand Vitara 2016 Indonesia bisa dibaca dibawah ini.

Lihat juga

Harga Suzuki Baleno 2020: Harga & Promo Baleno Desember Terbaru

01/12/2020

Suzuki

Suzuki New Baleno terbaru ini baru saja diluncurkan pertengahan bulan Desember 2019 lalu, apakah sedan value for money ini layak dimiliki? Dan berapa harga Suzuki Baleno ini?

Lihat juga
 
back to top