Ketahui Kelebihan Dan Kekurangan Toyota Yaris 2019 Sebelum Beli Mobkas

27/07/2021

Jual beli

6 menit

Share this post:
Toyota Yaris 2019 menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat Indonesia yang menginginkan sebuah kendaraan Hatchback untuk menemani aktivitas di dalam kota. Dari segi kapasitas penumpang hanya 4 sampai 5 penumpang dengan bagasi yang cukup lega. Lantas apa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki mobil ini?

Mobil Toyota Yaris 2019 adalah produk Toyota yang dikeluarkan pada Februari tahun 2018. Dihadirkan dalam 3 tipe yakni E, G dan TRD SPortivo yang siap memberikan pengalaman berkendara bagi masyarakat dengan jiwa muda.

Kala itu pihak Yoshihiro Nakata yang menjabat sebagai President Director PT TAM dalam siaran persnya menyebutkan, bahwasanya kehadiran New Yaris 2018 bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumennya dalam segmen medium hatchback.

Sementara itu, untuk mobil Toyota Yaris 2020 dihadirkan pada 8 September 2020 dengan nama New Yaris 2020. Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Toyota Yaris, terlebih dahulu kami berikan informasi mengenai beberapa perbedaan antara tipe E, G dan TRD Sportivo. Hal ini bisa dijadikan acuan ketika berniat membeli mobil Toyota Yaris bekas sehingga dapat sesuai keinginan dan budget yang dimiliki. Yuk simaklah ulusan dari Cintamobil.com di bawah ini.

Perbedaan Tipe Toyota Yaris 2019

Toyota Yaris Tipe E

Tipe E menjadi tipe terendahnya dengan fitur yang diberikan terbilang pas-pasan. Sisi eksterior mengandalkan velg alloy ukuran 15 inci dengan warna silver. Sedangkan di bagian depan masih belum diberikan fog lamp, tapi mengandalkan bohlam halogen pada lampu utamanya. Namun sebagai penunjang tampilan supaya lebih sporty diberikan shark fin antenna pada bagian belakang atap kendaraan.

Sementara pada sisi interior mendapatkan teknologi Optitron untuk memberikan kemudahan pada pengendara dalam melihat. Untuk bagian kiri kemudi diberikan console box yang didesain menyatu dengan tuas transmisi yang mengandalkan model gate lever pada varian E CVT. Sedangkan AC yang dimiliki pengaturannya adalah manual dan masih memakai kenop.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Yaris 2019 tipe E tampak depan

Tipe E menjadi tipe terendah dengan fitur paling sedikit diantara tipe lainnya

>>> Harga Toyota Yaris TRD Sportivo Dan Perbedaannya dengan Tipe G

Toyota Yaris Tipe G

Sebagai tipe menengah, kelengkapan tipe E dimiliki oleh tipe ini. Sebagai pembeda dan paling tampak adalah pada bagian lampu depan yang telah mengandalkan proyektor. Bahkan fog lamp juga sudah dipasangkan di bagian bumper. Kemudian bohlam LED disematkan pada lampu belakang serta mendapatkan high mount stop lamp yang ditempatkan pada bagian palang pintu bagasi. Kalau melihat interiornya tidak terlalu berbeda, hanya saja yang tampak adalah sisi trim pintu telah mendapatkan lapisan dengan bahan kain.

Toyota Yaris Tipe TRD Sportivo

Menjadi tipe tertinggi tentunya kelengkapan tipe di bawahnya dimiliki oleh tipe ini. Ada beberapa fitur khusus yang diberikan pada mobil ini seperti adanya aero kit pada bagian eksterior. Kemudian sisi belakang mendapatkan spoiler dengan desain sporty dan lampu bagian depan mengandalkan proyektor. Lampu DRL juga diberikan pada bagian bumper yang membuat tampilannya lebih menarik lagi.

Pada interior sudah menggunakan pengaturan AC model digital dipadukan dengan layar multimedia yang mempunyai beragam fitur seperti dalam konektivitasnya. Bahkan untuk menyalakan mesin mobil bisa mengandalkan Start/Stop button. Fitur lainnya yang tak kalah menarik adalah adanya fitur ECO/Sport yang dapat mengubah mapping ECU sesuai kebutuhan.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Yaris TRD 2019 tampak samping

Tampilan lebih sporty pada vaian TRD Sportivo

Menuju ke bagian kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Yaris 2019. Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa mobil mempunyai beragam kelebihan dan juga kekurangan. Dengan mengetahuinya bisa dijadikan pertimbangan ketika berniat membeli mobil besutan Toyota satu ini.

>>> Warna Mobil Yaris yang Memikat Laki-laki dan Perempuan

Kelebihan Toyota Yaris 2019

1. Memiliki Desain Stylish Dan Modern

Melihat tampilan mobil Yaris, desain yang diberikan terlihat modern dan juga stylish. Salah satu hal yang tampak adalah pada bagian depan yang menggunakan grill dibuat menyatu dengan bagian kap mesin. Selain itu, di sisi bawah headlamp terdapat fog lamp pada tipe menengah ke atas menjadikan tampilannya lebih sporty.

Penggunaan desain tersebut dapat menarik lebih banyak konsumen terutama para anak muda. Tidak hanya ditujukan pada anak muda, mobil ini juga cocok digunakan oleh ibu muda yang menginginkan sebuah kendaraan untuk aktivitas keseharian seperti berbelanja. Mobil ini melakukan persaingan di Indonesia dengan Hatchback besutan Honda yakni Jazz.

gambar ini menunjukkan jok belakang mobil Toyota Yaris 2019

Kabin lega memberikan kenyamanan selama perjalanan menggunakan Toyota Yaris 2019

2. Memiliki Kabin Lega

Ketika memilih mobil Toyota Yaris bekas sebagai tunggangan, salah satu alasannya adalah kabin yang lega. Kelebihan ini dapat memberikan kenyamanan kepada para penumpang. Dimana bagian jok belakang dapat digunakan oleh orang dewasa dengan nyaman tanpa perlu berdesak-desakan. Oh ya, kapasitas mobil besutan Toyota ini adalah 5 penumpang termasuk dengan pengemudi.

3. Memiliki Fitur Yang Cukup Lengkap

Kelebihan Toyota Yaris 2019 selanjutnya adalah fitur yang cukup mumpuni. Apalagi pada saat memilih tipe tertingginya yakni TRD Sportivo, hanya saja harga Toyota Yaris bekasnya lebih mahal dibandingkan tipe terendah E atau G yang jadi tipe menengah. Namun yang menjadikan mobil ini diacungi jempol adalah pemberian standar fitur keamanan yang terbilang lengkap pada semua tipenya. Seperti pemberian 7 buah airbag yang siap memberikan perlindungan kepada para penumpangnya.

Fitur lain yang diberikan adalah sistem pengereman ABS, EBD dan BA yang membuat pengemudian lebih maksimal. Ada juga Hill Start Assist yang menjaga supaya mobil tidak mundur ketika berada di tanjakan dan Vehicle Stability Control. Bagi ibu muda yang sedang membawa anak-anak tidak perlu merasa khawatir, hal tersebut dikarenakan terdapat fitur ISOFIX. Rasa menyenangkan selama perjalanan juga didapatkan dengan adanya fitur hiburan di dalamnya.

gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Toyota Yaris 2019 tipe TRD Sportivo

Tombol pada kemudi mobil hanya terdapat pada Yaris tipe TRD Sportivo

4. Mesin Responsif Dan Hemat BBM

Tidak hanya nyaman, akan tetapi mobil Toyota Yaris juga mempunyai performa mobil yang responsif dan memiliki akselerasi lebih  cepat jika dibandingkan dengan model sebelumnya. Mesin yang digunakan adalah 1NZ - FE 4 silinder 16 katup DOHC VVT-i. Berkat penggunaan teknologi yang diberikan, mobil ini mempunyai konsumsi bahan bakar yang hemat.

>>> Ingin Beli Toyota Yaris Merah? Ini Harga Dan Keuntungannya

Kekurangan Toyota Yaris 2019

1. Bagasi Tergolong Kecil

Salah satu kekurangan yang dimiliki Yaris keluaran tahun 2018-2019 adalah bagasi yang dimiliki tergolong kecil. Namun hal tersebut terbilang wajar mengingat mobil ini masuk dalam segmen kendaraan Hatchback. Oleh sebab itulah bagi Sobat yang berniat membeli mobil ini dan menginginkan membawa barang lebih banyak, maka perlu dilakukan penambahan penyimpanan. Meskipun untuk sebuah kendaraan Hatchback bagasi tersebut sudah cukup lega.

Untuk contohnya adalah dengan memberikan tempat pengait pada atap kendaraan yang dapat digunakan sebagai tempat menaruh barang. Hanya saja tetap utamakan keselamatan dan hindari membawa barang melebihi beban yang direkomendasikan pihak pabrikan. 

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Toyota Yaris 2019 Tipe TRD SPortivo

Ruang bagsi Toyota Yaris 2019 tak bisa dibilang lapang 

2. Ground Clearance Yang Dimiliki Terlalu Rendah

Kekurangan selanjutnya adalah ground clearance yang dimiliki terlalu rendah. Alhasil resiko bagian bawah mengalami benturan pada saat melewati polisi tidur bisa terjadi. Begitupun ketika melintasi jalanan berlubang yang cukup dalam, maka ada resiko bagian bumper dan sisi bawah mengalami masalah.

Bisa saja kelebihan dan kekurangan yang kami berikan ini berbeda pandangan dengan para pembaca, bahkan bisa saja malah lebih banyak atau lebih sedikit. Semoga informasi yang kami ulas ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca semua.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang menarik lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa perbedaan paling tampak pada interior Toyota Yaris 2019 tipe E dan TRD Sportivo?
Perbedaan paling terlihat ada bagian kemudi mobil. Pada Toyota Yaris 2019 tipe E masih polos, sedangkan tipe TRD sudah diberikan beberapa tombol fungsional.
Mengapa Toyota Yaris cocok untuk anak muda dan ibu muda?
Karena mempunyai tampilan sporty dengan kabin lega dan fitur mumpuni. Sebagai kendaraan Hatchback tentunya akan lincah menerjang jalanan di perkotaan, apalagi konsumsi bahan bakar juga hemat.
Lebih baik Pilih Toyota Yaris Bekas Atau Baru?
Sesuaikan dengan budget yang dimiliki, jangan memaksakan membeli baru jika dirasa budget kurang atau memangkas terlalu banyak dana harian untuk kebutuhan sehari-hari. Mobil bekas Yaris juga masih work untuk digunakan, tinggal pemilihannya harus lebih teliti.

Berawal dari tahun 2015 mengisi konten di beberapa website di Indonesia. Bergabung dengan Cintamobil.com mulai tahun 2017 menjadi Conten Writer, membahas seputar dunia otomotif di Indonesia yang semakin berkembang.

Menyukai dunia otomotif baik sepeda motor ataupun mobil. Sebelum menjadi penulis sering mengotak atik sepeda motor baik untuk diperbaiki atau dilakukan modif sederhana. Memang untuk masuk dalam dunia writer cukup terbilang baru kala itu. Pertama kali memegang komputer di sekolah dan masih berupa komputer tabung.

Pada akhirnya membeli sebuah komputer sendiri dengan spek minim. Mencoba menggeluti dunia penulisan yang merupakan hal baru. Namun dengan kegigihan dan tekad serta niat, pada akhirnya sudah terbiasa menulis dan menjadi salah satu hal yang disukai. Dengan menulis akan menemukan hal-hal baru yang cukup memberikan rasa ingin tahu dan penasaran.

Setelah bergabung dengan Cintamobil, wawasan semakin bertambah dalam dunia otomotif. Ilmu juga semakin bertambah yang membuatnya termotiviasi untuk mengetahui segala hal tentang dunia otomotif.

 

 
back to top