Beda Tipe dan Harga Toyota Raize vs Daihatsu Rocky

28/10/2021

Jual beli

5 menit

Share this post:
Bagi Anda yang masih bingung memiliki dua model ini, berikut beberapa perbedaan Toyota Raize vs Daihatsu Rocky dalam berbagai tipe dan harga yang ditawarkan.

Toyota Raize vs Daihatsu Rocky merupakan iterasi baru dari SUV kompak yang langsung menggebrak di ranah otomotif Tanah Air. Walaupun dikembangkan dalam satu platform yang sama, ada banyak perbedaan yang bisa terlihat dari dua model beda esensi ini. Berikut beberapa perbedaan tipe dan harga dari Toyota Raize dan Daihatsu Rocky terbaru di Indonesia.

Tipe Toyota Raize

Toyota Raize memang menawarkan berbagai pilihan mesin dan transmisi, serta dua mode eksterior yang membuatnya terlihat lebih stylish sebagai SUV perkotaan. Jika ditotal, ada 10 varian yang bisa Anda pilih, walaupun sebagian besar yang membedakan tipe Raize adalah penggunaan kelir satu warna dan dua warna pada eksteriornya.

1. Raize 1.0T G

Ini bisa dibilang memiliki tampilan yang tak jauh berbeda dibandingkan model lainnya. Namun yang menjadi ciri khas mobil ini yaitu mesin 1KT-VET berkapasitas 1.0 liter turbo 3-silinder segaris. Menghadirkan tenaga maksimal hingga 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 140 Nm yang tersedia mulai dari 2.400 rpm hingga 4.000 rpm. Ada pilihan transmisi manual 5-percepatan dan CVT otomatis.

Bisa dibilang sebagai model menengah, tipe ini menawarkan kelir satu nada dan opsi two tone. Menggunakan velg berukuran 17 inci alloy serta disandingkan ban dengan profil 205/60 R17. Kesan mewah terlihat dari pelapis chrome pada gagang pintu, tak ketinggalan logo turbo yang dipasang pada bodi mobil.

mobil baru Toyota Raize 1.0T G berwarna hitam
Model terbaru dari Toyota Raize 1.0T G

Interior Toyota Raize 1.0T G bisa dibilang cukup menawan. Anda sudah mendapatkan sistem infotainment layar sentuh bergaya floating berukuran 9 inci dengan smart device T-Link. Sedang model CVT sudah mendapatkan MID 7 inci TFT yang interaktif dan modern.

Fitur yang disematkan bisa bersaing dengan SUV lain di segmennya. Mulai dari sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Raize 1.0T G memadukannya dengan Hill Start Assist (HAS), Vehicle Stability Control (VSC), sensor parkir belakang, kamera belakang, dan sistem alarm + immobilizer.

2. Raize 1.0T GR Sport

Seperti namanya, mobil ini menawarkan tampilan yang lebih sporty dibandingkan model di bawahnya. Menjadi yang pertama bertitel GR Sport, mobil ini sudah mendapatkan GR Sport Body Kit, lampu depan LED dengan sequential turn dan DRL , serta pelapis kulit pada setir dengan kombinasi fabric dan kulit pada kursi. Kelengkapan lainnya berupa AC otomatis, auto headlamp, dan paddle shift untuk rasa berkendara yang lebih sporty.

3. Raize 1.0T GR Sport TSS

Beda antara Toyota Raize vs Daihatsu Rocky terdapat pada sistem keselamatannya. Model tertinggi Raize ini memiliki semua kelengkapan fitur dari tipe di bawahnya. Dan hanya model ini yang mendapatkan sistem keselamatan tingkat tinggi Toyota Safety Sense. Beragam fitur tambahan pada sistem ini termasuk,

  • Adaptive Cruise Control,
  • Pre-collision System,
  • Front Departure Alert,
  • Lane Departure Assist with Steering Assist,
  • Pedal Misoperation Control,
  • Rear Cross Traffic Alert, dan
  • Blind Spot Monitoring.

4. Raize 1.2 G

mobil baru Toyota Raize 1.2 G berwarna hitam
Varian terendah dari Raize, yaitu tipe 1.2 G

Bisa dibilang sebagai tipe terendah dari Raize, model satu ini dibekali mesin 1.2 liter bertenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 112,7 Nm pada 4.500 rpm. Hanya saja model ini tidak dilengkapi dengan DRL dan Sequential Turn Lamp, dan velg 16 inci dan ban 205/65 R16 yang lebih kecil. Di dalam kabin, Raize 1.2 G ‘hanya’ menawarkan head unit berukuran 8.0 inci bergaya floating.

Harga Toyota Raize 2021

Sama seperti model gabungan Toyota dan Daihatsu lainnya, merek Toyota memang dibanderol lebih tinggi. Harga Toyota Raize dibanderol mulai dari Rp 202 jutaan untuk model Raize 1.2 G sebagai tipe terendah, dan tipe tertinggi Raize 1.0T GR CVT TSS dibanderol Rp 263 jutaan. Semua model memiliki pilihan warna one tone dan two tone dengan perbedaan sekitar Rp 2 jutaan.

>>> Komparasi Biaya Servis Toyota Raize vs Daihatsu Rocky di Atas 50.000 Km

Tipe Daihatsu Rocky

Jika Anda merasa pilihan model Raize sudah cukup banyak, berarti Anda belum pernah mengulik apa saja tipe Daihatsu Rocky yang dipasarkan di Indonesia. Ada dua pilihan mesin digabungkan dengan tiga tipe standar, serta model dengan gaya sporty dan teknologi sistem keselamatan terbaru Daihatsu.

1. Rocky 1.2 M

Mesin 1.2 liter yang dibawa Rocky tak jauh berbeda dibandingkan dengan Raize, namun memiliki kode yang berbeda. Rocky bermesin 1.2 liter menggunakan kode WA-VE yang masih menghadirkan tenaga maksimal 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 112,7 Nm pada 4.500 rpm, dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dan CVT otomatis.

mobil baru Daihatsu Rocky 1.2 M berwarna putih
Rocky 1..2 M yang ditawarkan sebagai tipe terendah

Disebut juga sebagai tipe terendah dari Rocky, 1.2 M sudah mendapatkan kelengkapan berupa lampu depan berteknologi halogen, velg berukuran 16 inci dengan ban profil 205/65 R16 yang sama dengan Raize tipe terendah. Sedangkan bagian dalamnya menggunakan kamera belakang 7 inci yang sudah dilengkapi Android Auto dan Apple CarPlay, serta sistem pengereman ABS+EBD, dan dua fitur yang hanya bisa ditemukan pada versi CVT, yaitu Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).

>>> Bikin Daihatsu Rocky vs Toyota Raize Lebih Kencang, Cukup Pasang Ini

2. Rocky 1.2 X

Model ini memiliki semua kelengkapan yang digunakan oleh Rocky 1.2 M, namun beberapa penambahan diberikan untuk edisi menengah ini. Diantaranya lampu depan yang sudah LED, spion samping elektrik dengan fitur Auto Retract pada bagian luar, serta USB Connector, Digital Meter Cluster dan Welcome Lamp untuk bagian dalamnya.

mobil baru Daihatsu Rocky 1.2 X ADS berwarna kuning
Edisi menengah dari Daihatsu Rocky 1.2 X dengan tipe ADS

Namun yang berbeda pada tipe ini adalah kehadiran versi yang lebih sporty. Jika Toyota menggunakan title GR Sport, maka Rocky mendapatkan model ADS, atau Astra Daihatsu Styling. Model ini mendapatkan tambahan aksesoris berupa skid plate di depan dan belakang, side skirt, dan subwoofer yang akan menambah kenyamanan berkendara di dalam kabin.

3. Rocky 1.0 R

Dari segi eksterior, penambahan yang diberikan pada varian tertinggi Rocky ini termasuk lampu depan LED dengan tampilan yang lebih trendi, lampu kombinasi LED di belakang, dan spoiler belakang dengan high mount stop lamp. Sedangkan di bagian belakang, mobil ini mendapatkan fitur key free, start/stop button, dan auto retractable mirror.

mobil baru Daihatsu Rocky 1.0 R berwarna merah
Rocky 1.0 R mendapatkan fitur yang lebih lengkap

Dan yang paling menarik perhatian pada model 1.0 R adalah penggunaan sistem keselamatan canggih Daihatsu yang disebut ASA (Advanced Safety Assist). Beberapa fitur tambahan yang disematkan yaitu,

  • Pre-Collision Braking
  • Pre-Collision Warning
  • Front Departure Alert,
  • Lane Departure Warning,
  • Lane Departure Prevention, dan
  • Pedal Misoperation Control.

Harga Daihatsu Rocky 2021

Sama-sama mendapatkan pengurangan pajak pertambahan nilai, atau PPnBM 0%, yang membedakan antara Toyota Raize vs Daihatsu Rocky tentunya pada banderol yang ditawarkan. Harga Daihatsu Rocky terendah dimulai dari Rp 178 jutaan untuk varian 1.2 M MT. Sedangkan varian tertinggi, yaitu Rocky 1.0 R TC CVT ASA dibanderol mulai dari Rp 236 jutaan.

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa jenis mobil Toyota Raize dan Daihatsu Rocky?
Baik Toyota Raize dan Daihatsu Rocky merupakan mobil SUV kompak yang memiliki konfigurasi 5-seater.
Mana yang lebih baik Toyota Raize atau Daihatsu Rocky?
Kedua mobil memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semuanya tergantung budget serta kebutuhan Anda dalam memiliki di antara dua model mobil ini.
Berapa perbedaan harga Toyota Raize dan Daihatsu Rocky?
Untuk varian terendahnya, perbedaan harga Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di kisaran Rp 24 jutaan, dan Rp 27 jutaan untuk kedua tipe tertinggi mobil ini.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top