Ini Alasan Mengapa Toyota Kijang Innova V Diesel Masih Banyak Diminati

28/07/2021

Jual beli

6 menit

Mobil Toyota Kijang Innova V Diesel menjadi salah satu kendaraan yang banyak diburu oleh masyarakat Indonesia. Jadi salah satu tipikal orang Indonesia ketika mencari kendaraan adalah multi fungsi dan mempunyai bahan bakar hemat.

Toyota Kijang Innova sendiri adalah mobil Kijang generasi kelima yang dihadirkan pada tahun 2004 sampai 2015. Barulah setelah itu Innova Reborn dihadirkan untuk menggantikannya. Jadi banyak orang yang lebih mencari Toyota Kijang Innova varian diesel dibandingkan dengan tipe G.

Tentunya hal tersebut terdapat beberapa alasan. Pihak Toyota menawarkan mobil Toyota Kijang Innova dalam beberapa tipe yakni J,E, G dan V. Tipe V menjadi varian paling tinggi sehingga mempunyai harga paling mahal dan juga lebih lengkap.

Alasan Toyota Kijang Innova V Diesel Banyak Diminati

Sebelumnya saat Toyota Kijang Innova dalam kondisi baru, Innova bensin harganya lebih murah. Hanya saja untuk tipe bensin terkenal akan bahan bakarnya yang boros. Berbeda dengan Innova yang menggunakan mesin diesel, tenaga yang dimiliki lebih besar tapi konsumsi bahan bakarnya terbilang cukup hemat. Apabila melihat dari bagian eksterior, sebenarnya untuk perbedaannya tidak terlalu signifikan antara tipe V dan G.

Perbedaan terdapat pada bagian Side Skirt, Velg dan adanya tambahan krom pada handle pintu. Antena pada tipe V sudah tidak menggunakan model tarik namun telah di printed pada bagian kaca belakang. Sementara di bagian belakang, perbedaan hanya pada emblem dan defogger pada kaca belakang.

Menuju ke bagian interior, dari segi tampilan untuk tipe V lebih mewah sehingga rasa menyenangkan tentu meningkat. Hal tersebut ditunjukkan pada beberapa bagian, seperti kemudi mobil yang sudah dilapis kulit dengan audio steering switch.

Head unit yang diberikan juga cukup mumpuni meskipun ukurannya terbilang kecil tapi mudah dioperasikan karena ada beberapa tombol di sisi sampingnya. Pada pengaturan AC sudah memakai model digital, terdapat aksen kayu dan menggunakan warna silver di head unit Toyota Kijang Innova V Diesel.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Kijang Innova tipe V 2012

Tampilan Toyota Kijang Innova V Diesel terlihat gagah dan juga menarik

>>> Kelebihan dan Kekurangan serta Tips Membeli Toyota Kijang Innova 2016

Pada bagian layar MID sisi tengah cukup informatif, karena tidak hanya jam saja. Jadi terdapat info temperature, kompas, average per liter, real time konsumsi bahan bakar dan kecepatan rata-rata.

Beberapa tombol diberikan di bawah head unit seperti tombol corner sensor dan tombol sensor parkir belakang. Kemudian pada speedometer dibuat lebih mewah dipadukan dengan tombol ukuran kecil pada sisi dashboard sebelah kanan yang berfungsi mengatur ambient light.

Salah satu kelebihan Toyota Kijang Innova V Diesel adalah ruang penyimpanan yang cukup banyak. Sehingga ketika bepergian bisa membawa lebih banyak barang untuk kebutuhan di jalan. Perbedaan lain tipe V dengan tipe G lainnya adalah pada lampu baca individual untuk pengemudi dan penumpang depan.

Gambar ini menunjukkan kabin depan mobil Toyota Kijang Innova V Diesel 2012

Interior Kijang Innova V lebih mewah

Hal menarik lainnya yang membuat tipe V banyak peminat adalah terdapat armrest pada jok baris kedua. Ada juga monitor di bagian atap baris kedua dapat memberikan hiburan kepada penumpang.

Bahkan di baris ini terdapat cup holder 2 buah yang posisinya berada di sisi bawah belakang bagian tengah jok depan. Keunggulan lainnya yang sudah dikenal oleh banyak orang adalah kabin luas baik dari segi leg room dan head room.

Pada tipe V sistem pengereman sudah menggunakan ABS sehingga keamanan lebih meningkat. Salah satu kelemahan yang dimiliki oleh Kijang Innova V Diesel adalah getaran mesinnya masih terasa di dalam kabin mobil. Kalau soal kaki-kaki yang dimiliki menjadi yang diunggulkan. Hal tersebut karena Innova memiliki kaki-kaki yang kuat dengan penggunaan suspensi yang empuk dengan bantingan lembut.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Kijang Innova V Diesel 2012

Mesin diesel Kijang Innova memiliki torsi besar dan lebih hemat konsumsi BBM

Menuju ke bagian sektor mesin, jika melihat dari tenaga yang dimiliki Innova diesel sebenarnya tampak biasa. Hanya saja bila dibandingkan dengan mesin bensin perbedaannya baru akan terasa. Ditambah lagi konsumsi bahan bakarnya lebih hemat dan sistem transmisi yang digunakan terbilang halus. Dari segi perawatan tergolong mudah, karena sparepart mobil banyak dan mudah untuk ditemukan.

Dari segi harga, mobil Toyota Kijang Innova Diesel masih tinggi. Seperti misalnya untuk keluaran tahun 2014 harganya berada di angka Rp 245 jutaan. Bisa saja harganya lebih murah ataupun lebih tinggi tergantung dari kondisi mobil dan juga wilayah melakukan pembelian. Apalagi hal tersebut juga ditunjang dengan nama Toyota yang memiliki harga jual kembali mobil cukup baik.

>>> Lengkap! Ketahui Pajak Mobil Innova dari Tahun 2004 Hingga Terbaru

Spesifikasi Toyota Kijang Innova Reborn tipe V

Tidak hanya itu saja, Toyota Kijang Innova Reborn tipe V juga cukup diminati. Sama halnya seperti yang dijelaskan di atas, Innova Reborn juga memiliki kabin luas dan bantingan suspensi nyaman. Pada bagian depan menggunakan suspensi Double Wishbone dengan Stabilizer dan Coil Spring, sedangkan pada bagian belakang menggunakan 4 Link Coil Spring dan Lateral road.

Selain itu, mesin diesel yang digunakan memiliki karakter torsi besar dan juga tangguh. Dibandingkan tipe lainnya, Innova Reborn V juga lebih laku meskipun perbedaannya hanya sedikit. Perlu diketahui, tipe terendah dari Teborn adalah G kemudian V pada bagian tengah dan Q jadi tertinggi.

Semua tipe telah diberikan sistem pengereman ABS dan EBD serta memiliki fitur dual Airbag. Fitur hiburannya juga lengkap sehingga membuat perjalanan bersama keluarga ke tempat yang diinginkan lebih aman dan menyenangkan.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Kijang Innova Reborn tipe V 2017

Toyota Kijang Innova Reborn tipe V 2016 juga banyak peminatnya

Bisa saja tipe V lebih menarik karena berada di tengah-tengah. Karena dari segi harga tidak terlalu tinggi seperti tipe Q dan berada di atas tipe G. Harga yang ditawarkan pada Toyota Kijang Innova Reborn tipe V 2016 berada di angka Rp 240 juta sampai Rp 280 jutaan seperti yang disebutkan dalam list mobil dijual di Cintamobil. Dengan kisaran harga Kijang Innova tipe V tersebut menunjukkan bahwa peminatnya terbilang masih tinggi.

Harga Baru Toyota New Kijang Innova Tipe V

Bagi Sobat yang penasaran tentang harga mobil Toyota New Kijang Innova tipe V terbaru, berikut daftarnya dilansir dari laman resmi Toyota:

  • New Kijang Innova 2.4 V M/T DSL dibanderol dengan harga Rp 399.000.000
  • New Kijang Innova 2.4 V A/T DSL dibanderol dengan harga Rp 417.200.000
  • New Kijang Innova 2.0 V M/T BSN dibanderol dengan harga Rp 366.700.000
  • New Kijang Innova 2.0 V M/T BSN Luxury dibanderol dengan harga Rp 372.500.000
  • New Kijang Innova 2.0 V A/T BSN dibanderol dengan harga Rp 384.700.000
  • New Kijang Innova 2.0 V A/T BSN luxury dibanderol dengan harga Rp 390.500.000

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Apakah mobil Toyota Kijang Innova cocok dijadikan kendaraan harian selain kendaraan keluarga?
Ya, selain dimensi besar mobil ini juga mempunyai cukup banyak fitur mumpuni untuk mendukung keamanan dan kenyamanan terutama pada tipe tertingginya.
Apa yang perlu diperhatikan saat beli mobil bekas Toyota Kijang Innova?
Hal utama adalah mesinnya, setelah itu menuju ke bagian lain kendaraan seperti eksterior dan juga interior. Perhatikan juga apakah mobil bekas tabrakan atau banjir dengan melihat garis atau nat dan sambungan pada bodi mobil.
Pilih Toyota Kijang Innova generasi pertama atau kedua?
Dalam pemilihan sesuai dengan selera masing-masing, hanya saja dari segi fitur yentunya lebih mumpuni generasi kedua yang disebut juga Toyota Kijang Innova Reborn. Untuk generasi pertama masih banyak diburu seperti yang telah dijelaskan dalam artikel.

Berawal dari tahun 2015 mengisi konten di beberapa website di Indonesia. Bergabung dengan Cintamobil.com mulai tahun 2017 menjadi Conten Writer, membahas seputar dunia otomotif di Indonesia yang semakin berkembang.

Menyukai dunia otomotif baik sepeda motor ataupun mobil. Sebelum menjadi penulis sering mengotak atik sepeda motor baik untuk diperbaiki atau dilakukan modif sederhana. Memang untuk masuk dalam dunia writer cukup terbilang baru kala itu. Pertama kali memegang komputer di sekolah dan masih berupa komputer tabung.

Pada akhirnya membeli sebuah komputer sendiri dengan spek minim. Mencoba menggeluti dunia penulisan yang merupakan hal baru. Namun dengan kegigihan dan tekad serta niat, pada akhirnya sudah terbiasa menulis dan menjadi salah satu hal yang disukai. Dengan menulis akan menemukan hal-hal baru yang cukup memberikan rasa ingin tahu dan penasaran.

Setelah bergabung dengan Cintamobil, wawasan semakin bertambah dalam dunia otomotif. Ilmu juga semakin bertambah yang membuatnya termotiviasi untuk mengetahui segala hal tentang dunia otomotif.

 

 
back to top