Mobil Keluarga Premium, Ini Fitur Andalan Toyota Kijang Innova G Luxury

30/07/2021

Jual beli

4 menit

Share this post:
Sebagai bagian dari mobil keluarga yang cukup premium milik Toyota, Toyota Kijang Innova G Luxury bisa menjadi pilihan dengan berbagai fitur menarik tersedia.

Sejak awal dipasarkan dengan nama Toyota Kijang, edisi terbaru Kijang Innova memang dikenal sebagai salah satu mobil keluarga premium mengingat harganya yang tak bisa dibilang murah. Terlebih Toyota Kijang Innova G Luxury, varian tertinggi dari model ini setelah Innova V luxury.

Selain kenyamanan berkendaranya, tentu saja kelebihan mobil ini terdapat pada fitur yang disematkan. Bagi Anda yang ingin mencari mobil keluarga yang lega, nyaman digunakan, serta memiliki harga jual kembali yang stabil di pasar mobil bekas, Kijang Innova G Luxury bisa menjadi alternatif pilihan yang menggiurkan.

Innova G Luxury 2020

Perubahan terakhir yang diberikan PT Toyota Astra Motor adalah pada tahun 2020 lalu. Model inilah yang masih dipasarkan di Indonesia saat ini. Dibandingkan model generasi kedua yang diperkenalkan pada tahun 2015 silam, ada beberapa penambahan fitur dan teknologi yang dimiliki oleh Innova G Luxury terbaru ini.

grille Kijang Innova G Luxury berwarna hitam
Grille yang lebar diselipkan ornament chrome

Bagian depannya mengandalkan grille dengan ornament chrome, serta lampu depan yang sudah dilengkapi dengan crystal multi reflector halogen untuk memberikan visibilitas yang baik di jalanan. Di sisi samping, ada lampu sein yang disematkan pada spion mobil dan velg 16 dual tone. Ada high mount stop lamp dan shark fin antenna di belakang, termasuk wiper di kaca belakang untuk mempermudah pengendaraan di kala hujan.

>>> Kelebihan dan Kekurangan serta Tips Membeli Toyota Kijang Innova 2016

Fitur kenyamanan di dalam kabin

Dashboard dibuat premium dengan mengandalkan head unit layar sentuh dan aksen kayu serta ornamen berwarna silver pada kisi-kisi AC. Fitur tilt & telescopic pada setir mobil juga akan memudahkan pengemudi mendapatkan posisi berkendara terbaik di dalam kabin, dibantu dengan pengaturan kursi dan head adjuster.

dashboard Kijang Innova G Luxury berwarna hitam
Pengaturan dalam terlihat elegan untuk mobil keluarga

Pendukung kenyamanan adalah head unit berukuran 8.0 inci dengan berbagai fitur menarik. Mulai dari konektivitas Bluetooth dan USB serta mirroring untuk memudahkan Anda menghubungkan smartphone untuk memutar lagu, beserta pemutar radio.

Sedangkan perbedaan Innova G Luxury 2019 dibandingkan model terbaru terdapat pada desain jok full black dengan corak yang menarik. Sebelumnya, corak ini hanya ditemukan pada Innova tipe Q. Penggunaan bahan fabric juga meningkatkan kenyamanan ketika berkendara bersama keluarga.

captain seat Kijang Innova G Luxury dengan dua orang penumpang
Bagian dalam dilengkapi dengan captain seat

Khusus untuk varian Luxury, Anda bisa pilihan pengaturan captain seat di baris kedua yang menghadirkan kesan premium pada mobil ini. Dan yang terbaru, Toyota Kijang Innova G Luxury memiliki Integrated Air Purifier atau Car Ionizer yang akan meregenerasi ion negatif untuk meningkatkan kualitas udara di dalam kabin.

Spesifikasi Innova G Luxury

Untuk menambah kenyamanan sepanjang perjalanan, Innova G Luxury yang menggunakan mesin bensin memiliki mesin berkode 1TR-FE 4-silinder DOHC dengan Dual VVT-i berkapasitas 2.0 liter. Mesin ini mampu memberikan tenaga 137 hp pada 5.600 rpm dan torsi puncak 183 Nm pada putaran 4.000 rpm.

mesin Toyota Kijang Innova dengan Duatl VVT-i
Mesin 2.0L lebih bertenaga dibandingkan edisi sebelumnya

Performa yang mengesankan disalurkan dari roda belakang melalui transmisi 5-percepatan manual dan 6-percepatan otomatis dengan perpindahan yang terbilang mulus. Suspensi mobil ini dibantu oleh Double Wishbone dengan Coil Spring dan Stabilizer, serta 4-Link dengan Coil Spring dan Lateral Road.

Mobil ini memang dikenal memiliki rasa pengendaraan yang lebih baik jika dibandingkan dengan sepupunya, Toyota Avanza. Termasuk dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), dan teknologi bantuan berkendara dari Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).

>>> Ini Alasan Mengapa Toyota Kijang Innova V Diesel Masih Banyak Diminati

Harga Innova G Luxury 2021

Jika dibandingkan dengan mobil lain yang menjadi pesaingnya, sayangnya harga Toyota Kijang Innova G Luxury saat ini lebih tinggi. Banderol yang ditawarkan untuk mendapatkan mobil ini mulai dari Rp 326 jutaan untuk varian bertransmisi manual dan Rp 345 jutaan untuk mobil versi matic. Sedangkan harga Kijang Innova varian terendah, yaitu 2.0 G dihargai Rp 321 jutaan.

Banderol yang dipasang oleh Toyota memang cukup tinggi. Mengingat sudah banyak mobil MPV lain dengan spesifikasi dan fitur yang lebih banyak dipasarkan di Indonesia saat ini. Contohnya saja Wuling Almaz dengan fitur voice recognition berbahasa Indonesia dibanderol mulai dari Rp 257 jutaan.

Spesifikasi Innova G Luxury 2013

Tapi bagi Anda yang ingin mendapatkan mobil keluarga dengan harga yang lebih terjangkau, Anda bisa menilik Innova G Luxury keluaran tahun 2013. Di tahun ini, PT TAM memberikan beberapa peningkatan pada Kijang Innova. Tentu saja dengan fitur yang tak kalah lengkap, tapi harganya lebih murah dibandingkan mobil barunya.

Kijang Innova G Luxury 2013 berwarna putih
Tampilannya tak kalah menarik dibandingkan versi baru

Meski tak bisa dibilang muda, namun mobil ini memiliki tampilan yang tak kalah dengan model barunya. Grille berlapis chrome dan dengan bumper yang tipis dan foglamp untuk membantu penerangan memberikan kesan elegan pada mobil ini.

Bahkan untuk sekelas mobil lama, Innova G Luxury ini sudah mendapatkan head unit dengan fitur touch screen dipadukan dengan kontrol analog. Ada pula pengaturan audio pada setir untuk memudahkan Anda memutar lagu kesukaan.

Bukan hanya tampilannya yang gagah, Toyota memberikan Dual SRS Airbag, serta sabuk pengaman lengkap dengan pretensioner untuk meminimalisir cedera ketika terjadi tabrakan. Ada pula reflektor yang tentu saja memberikan rasa nyaman ketika harus berkendara di malam hari.

spesifikasi Kijang Innova G Luxury 2013 dari dashboard dan interior
Ruang kabin cukup lengkap untuk mobil keluarga

Untuk masalah mesin, Kijang Innova memang dibuat bertenaga. Mesinnya tak berbeda dibandingkan versi generasi pertama yang diluncurkan pada 2004 silam. Innova G Luxury mendapatkan mesin bensin 2.0L 1TR-FE DOHC VVT-i dengan keluaran tenaga 136 hp dan 182 Nm torsi maksimal. Dengan suspensi Double Wishbone di depan dan 4-Link di belakang.

Berdasarkan penelusuran tim Cintamobil.com, Anda bisa mendapatkan Innova G Luxury 2013 dengan harga mulai dari Rp 160 jutaan hingga Rp 180 jutaan. Atau setengah dari harga barunya. Ada banyak model lainnya yang lebih baru, tapi tentu saja harga yang ditawarkan lebih tinggi.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa saja pilihan mesin Toyota Kijang Innova?
Kijang Innova saat ini mendapatkan dua pilihan mesin, yaitu mesin 2.0 liter bensin dan mesin 2,4 liter diesel.
Apa saja pilihan tipe Toyota Kijang Innova?
Toyota Kijang Innova memiliki varian G dan V, serta tambahan pilihan Luxury bagi mesin bensin, serta varian G dan V diesel. Semuanya memiliki pilihan transmisi otomatis dan manual.
Berapa DP Toyota Kijang Innova yang bisa diberikan?
Untuk mendapatkan mobil ini, Anda perlu mempersiapkan DP mulai dari Rp 40 jutaan saja

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top