Kelebihan dan Kekurangan serta Tips Membeli Toyota Kijang Innova 2016

26/07/2021

Jual beli

5 menit

Share this post:
Mendapatkan berbagai ubahan dengan nama Toyota Kijang Innova 2016, jangan lupa untuk memperhatikan berbagai kelengkapan dan tips membeli mobil bekasnya.

Mobil ini diluncurkan pada 23 November 2015 di Jakarta dan dikenal dengan nama All New Kijang Innova. Menjadi generasi keenam hadir dengan 3 varian utama meliputi G, V dan Q. Edisi kedua dari Kijang Innova ini juga dikenal dengan nama Kijang Innova Reborn. Sebelum membahas mengenai tips membeli All New Kijang Innova, intip dulu beberapa kelebihan dan kekurangan mobil ini.

Kelebihan Toyota Kijang Innova 2016

1. Kabin Luas Dan Mewah

Mobil besutan tahun 2015 akhir ini mempunyai akomodasi kabin yang mumpuni. Dibandingkan dengan model sebelumnya terbilang lebih baik. Ruang penyimpanan di dalam kabin mobil cukup banyak, ditambah lagi sampai baris ketiga dapat diduduki oleh penumpang dewasa dengan nyaman.

Tampilan kabin juga mewah, mengingat mobil ini masuk dalam kelas MPV menengah. Seperti bagian dashboard tampak elegan dengan pemberian aksen warna silver. Bahkan pada beberapa tipe yang berada di atas sudah diberikan aksen wood panel. Meskipun pada tipe rendah hanya memakai aksen warna hitam, akan tetapi diberikan ambient light warna biru sebagai pemancar aura kemewahan.

2. Mempunyai Tampilan Modern

Apabila dibandingkan dengan model sebelumnya, mobil MPV Toyota satu ini memiliki tampilan yang lebih modern. Desain yang diberikan terlihat lebih agresif karena grill yang dimiliki terlihat garang dan juga besar. Tidak hanya itu saja, desain lampu depan dan belakang mempunyai tampilan yang modern, begitupun dengan bumper yang dimiliki.

Gambar ini menunjukkan sisi depan Toyota Kijang Innova G 2016

Desain Toyota Kijang Innova terlihat sporty dan juga stylishy

3. Memiliki Fitur Hiburan Yang Cukup Lengkap

Kelebihan lain yang dimiliki adalah pemberian fitur yang lengkap sehingga perjalanan bisa lebih menyenangkan. Seperti pada head unit yang multi fungsi dapat memberikan hiburan ketika berada di dalam mobil Innova 2016.

4. Mobil Yang Tangguh

Ketangguhan juga dimiliki All New kijang Innova 2016. Hal tersebut berkat penggunaan sasis ladder frame. Dimana salah satu keunggulan sasis ini adalah saat mengalami tumbukan mudah untuk dilakukan reparasi dan terbilang tahan lama.

>>> CintamobilTV: Nyaris Rp 500 juta, Kenapa Toyota Innova Venturer Tetap Laris?

Kekurangan Toyota Kijang Innova 2016

1. Bodi Terlalu Bongsor

Sebagai mobil keluarga memang membutuhkan kenyamanan di dalam kabinnya. Nah untuk mobil New Kijang Innova dirasa mempunyai dimensi terlalu besar. Hal tersebut memang menjadikan kabin lega dan lebih nyaman.

Hanya saja dengan bodi cukup besar maka untuk melintasi jalanan perkotaan yang kerap terjadi kemacetan kurang begitu lincah. Bahkan ketika masuk wilayah pemukiman atau jalanan yang cukup sempit pengendara biasanya akan muncul keraguan apakah bisa melewatinya atau tidak.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Kijang Innova G 2016 sedang berbelok

Terdapat kelebihan dan kekurangan yang dimiliki sebuah kendaraan

2. Boros bahan bakar

Dan melengkapi bobotnya yang terbilang berat dan dimensinya yang besar, mobil ini pun tidak bisa dibilang irit bahan bakar. Terlebih bagi mobil bermesin bensin, siap-siap saja untuk merogoh kocek untuk membeli bahan bakar mobil ini.

3. Mesin Diesel Yang Digunakan Bising

Mesin yang digunakan baru yaitu 2GD, dikenal mempunyai ketangguhan mumpuni dan memiliki respon lebih cepat. Hanya saja terdapat kekurangan yakni suara bisingnya masuk ke bagian kabin mobil.

Ditambah lagi penggunaan mesin yang mempunyai karakter common rail bisa memakai BBM solar bersubsidi. Meskipun begitu tidak disarankan menggunakannya terus menerus karena resikonya adalah performa yang dimiliki menjadi kurang responsif.

4. Kabin kurang kedap

Masalah yang ditimbulkan oleh mesin yang bising sebenarnya bisa diatasi jika Innova menawarkan ruang kabin yang kedap. Namun sayangnya kekedapannya masih belum cukup baik untuk mencegah banyak suara masuk ke dalam kabin.

Harga Mobil Bekas Toyota Kijang Innova Reborn 2016

Selain beberapa tipe yang ditawarkan, Innova Reborn atau All New Kijang Innova  juga mempunyai 2 pilihan mesin yakni 2.000 cc bensin dan 2.400 cc diesel. Di pasar mobil bekas, Kijang Innova memiliki pasarnya tersendiri dan cukup diminati. Selain itu, harga bekasnya juga terbilang stabil.

Untuk harga bekas Toyota Kijang Innova Reborn V 2016 bensin berada di angka Rp 250 juta sampai Rp 260 jutaan. Sedangkan untuk Toyota Kijang Innova 2016 tipe G diesel, harganya berada di angka Rp 260 juta sampai Rp 270 jutaan. Sementara untuk perbedaan harga bekasnya tiap tahun mempunyai rentan harga sekitar Rp 10 juta sampai Rp 15 jutaan.

>>> 5 Alasan Toyota Kijang LGX Masih Layak Diburu

Tips Membeli Toyota Kijang Innova 2016

Agar mendapatkan mobil bekas berkualitas, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berniat membeli mobil keluaran tahun 2016 meliputi:

1. Cek Riwayat Servis

Mobil yang melakukan perawatan secara rutin di bengkel resmi maka akan mendapatkan catatan riwayat servis. Informasi diberikan dalam pengecekan yang dilakukan dan beberapa penggantian part. Ketika catatan riwayat servis lengkap dan rutin dilakukan maka menunjukkan mobil mempunyai kondisi yang baik.

Gambar ini menunjukkan catatan servis mobil Toyota

Adanya riwayat servis mobil menunjukkan mobil dilakukan servis berkala

>>> Spesifikasi dan Harga Toyota Innova Diesel Bekas Bandung

2. Melakukan Test Drive

Meskipun dalam kondisi bekas, sebelum membeli Innova Reborn 2016 alangkah baiknya mencobanya terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi dari kaki-kaki kendaraan. Jika muncul bunyi atau hal lain yang mencurigakan dan tidak wajar maka menandakan ada komponen pada kaki-kaki yang bermasalah.

3. Terdapat Isu Transmisi Otomatis Kasar Saat Berpindah

Beberapa pengguna mobil Innova 2016 transmisi otomatis mengeluhkan transmisinya terasa tersendat atau kasar saat berpindah gigi. Namun hal ini Sobat tidak perlu khawatir karena biasanya masalah ini umumnya dikarenakan penggunaannya yang kurang tepat. Sobat bisa melakukan perbaikan di bengkel resmi untuk reset ECU atau hal lainnya.

>>> Temukan artikel tips & trik lainnya seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

4. Cek Bagian Mesin

Salah satu hal vital ketika membeli mobil bekas adalah bagian mesin. Pastikan untuk mengecek bagian ini dengan teliti. Hal pertama yang kerap menjadikan masalah yaitu penggunaan bahan bakar yang kurang tepat. Meskipun tidak merusaknya secara langsung, namun ketika memakai BBM kurang tepat di bawah rekomendasi maka bisa membuat performa mobil mengalami penurunan dalam jangka panjang. Efek lainnya adalah muncul suara ngelitik ketika menginjak gas dari arah mesin. Oleh sebab itu saat mencoba mobil bekas dengarkanlah dengan seksama.

Gambar ini menunjukkan mesin Toyota Kijang innova G 2016

Mesin menjadi faktor penting saat beli mobil dalam kondisi bekas

Alangkah baiknya jika tidak paham lebih baik mengajak teman atau saudara yang paham tentang mobil. Dengan begitu saat menemukan mobil bekas tabrakan, mobil bekas banjir atau mesin dalam kondisi kurang baik tidak direkomendasikan untuk membeli, namun lebih baik mencari kembali mobil bekas Toyota Kijang Innova 2016 dengan kondisi lebih baik.

Sedikit informasi tambahan mengenai tipe Venturer. Selain beberapa tipe dari Innova, terdapat Kijang Innova Venturer yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2017. Hingga saat ini mobil Toyota Kijang Innova Venturer dihadirkan dalam 4 tipe yakni New Venturer 2.0 MT bensin, 2.0 AT bensin, 2.4 MT diesel dan 2.4 AT diesel.

Untuk harganya dalam kondisi baru adalah Rp 412, 9 juta untuk tipe  2.0 MT bensin dan Rp 431,3 juta untuk tipe 2.0 AT bensin. Sedangkan pada tipe 2.4 MT diesel dibanderol dengan harga Rp 448,7 juta dan 2.4 AT diesel adalah Rp 468,5 juta.

>>> Simak harga Toyota Kijang Innova baru dan promo terbaik di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa kapasitas penumpang Toyota Kijang Innova 2016?
Kapasitasnya adalah 7 penumpang yang bisa duduk di dalam kabin dengan nyaman. Hal tersebut karena tubuhnya yang bongsor menandakan kelegaan bagian kabin mobil.
Mengapa Toyota Kijang Innova 2016 masih banyak diburu?
Karena kenyamanan yang ditawarkan dengan beragam fitur mumpuni di dalamnya. Selain itu perawatan yang mudah membuat mobil ini menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan sebagai kendaraan keluarga.
Harga Toyota Kijang Innova 2016 cukup stabil, apa alasannya?
Salah satu faktor mobil memiliki harga jual kembali stabil adalah karena banyak peminatnya. Dengan beragam keunggulan di dalam Toyota Innova Reborn 2016 membuat masyarakat menginginkannya meskipun dalam kondisi bekas.

Berawal dari tahun 2015 mengisi konten di beberapa website di Indonesia. Bergabung dengan Cintamobil.com mulai tahun 2017 menjadi Conten Writer, membahas seputar dunia otomotif di Indonesia yang semakin berkembang.

Menyukai dunia otomotif baik sepeda motor ataupun mobil. Sebelum menjadi penulis sering mengotak atik sepeda motor baik untuk diperbaiki atau dilakukan modif sederhana. Memang untuk masuk dalam dunia writer cukup terbilang baru kala itu. Pertama kali memegang komputer di sekolah dan masih berupa komputer tabung.

Pada akhirnya membeli sebuah komputer sendiri dengan spek minim. Mencoba menggeluti dunia penulisan yang merupakan hal baru. Namun dengan kegigihan dan tekad serta niat, pada akhirnya sudah terbiasa menulis dan menjadi salah satu hal yang disukai. Dengan menulis akan menemukan hal-hal baru yang cukup memberikan rasa ingin tahu dan penasaran.

Setelah bergabung dengan Cintamobil, wawasan semakin bertambah dalam dunia otomotif. Ilmu juga semakin bertambah yang membuatnya termotiviasi untuk mengetahui segala hal tentang dunia otomotif.

 

 
back to top