Toyota Hilux Ini Punya Torsi Lebih Besar Dari Ferrari SF90 Stradale

16/09/2021

Jual beli

3 menit

Jangan main-main dengan Toyota Hilux garapan Fatboy Fab Works ini. Di balik kap mesinnya ada unit V12 dengan sepasang turbo yang mampu hasilkan torsi 970 Nm!

Jika Toyota Hilux untuk pasar Indonesia dibekali dengan mesin turbodiesel 2.4 liter, di Afrika Selatan justru berbeda yakni mesin diesel 3.0 liter nonturbo. Meski memiliki kapasitas lebih besar, tenaganya jauh lebih kecil dibanding mesin 2GD atau 2KD-FTV.

Mungkin itulah yang menjadi alasan bagi bengkel Fatboy Fab Works yang bermarkas di Knysna, Afrika Selatan untuk melengserkan mesin tersebut dan menggantinya dengan yang lebih bertenaga. Tak tanggung-tanggung, unit yang mereka pilih adalah mesin V12 berkode 1GZ-FE

Pinjam Mesin Toyota Century

Mesin 1GZ-FE hanya digunakan oleh Toyota Century generasi kedua. Meski tak sepopuler mesin Toyota lain seperti 2JZ-GTE, unit tersebut adalah satu-satunya mesin V12 yang pernah diproduksi oleh Toyota.

Gambar Toyota Century

Toyota Century biasa diasosiasikan sebagai mobil Yakuza

>>> Toyota Hilux Revo GR Sport 2022, saat Mobil Pekerja Sejati Naik Kasta

Bicara spesifikasi, 1GZ-FE memiliki kapasitas 4.996 cc (5,0 liter), punya 48 katup, DOHC, dan tentunya dibekali dengan VVT-i. Dalam keadaan standar, mesin ini bisa menghasilkan tenaga 295 HP dengan torsi 481 Nm.

Uniknya, torsi besar tersebut sudah tersedia dari putaran mesin 1.200 rpm yang kalau dipikir-pikir, membuatnya sangat cocok unutk digunakan pada pikap pekerja keras seperti Toyota Hilux.

Mesin tersebut dikendalikan oleh dua buah ECU, 1 untuk tiap 6 silindernya. Karena standar emisi dan efisiensi bahan bakar semakin tinggi, akhirnya mesin ini dipensiunkan di tahun 2016. Usia yang cukup panjang mengingat 1GZ-FE pertama kali diperkenalkan di tahun 1997.

Gambar Mesin Toyota Century

Ini adalah satu-satunya mesin V12 Toyota yang pernah dibuat

Jika kami bicara panjang lebar mengenai mesin tersebut dalam keadaan standar, unit yang terpasang pada Toyota Hilux garapan Fatboy Fab Works sudah mengalami modifikasi cukup ekstrem.

>>> Kisah Toyota Hilux, Andalan Kelompok Bersenjata Dalam Berbagai Palagan

Punya Torsi Lebih Besar dari Hypercar Ferrari

Fatboy menyematkan dua buah turbocharger Garrett GT35 yang membuat mesin 1GZ-FE ini sekarang menghasilkan tenaga 540 HP dengan torsi 970 Nm atau meningkat 245 HP dan 489 Nm dari versi standarnya.

Gambar Hilux Bermesin V12

Sekarang ada dua buah turbocharger Garrett GT35 yang mengintip di balik kap mesin

Dengan torsi 970 Nm, artinya pikap Toyota ini punya torsi lebih besar dari Ferrari SF90 Stradale. Hypercar dengan mesin 4,0 liter twin-turbocharged dan motor listrik di roda depan itu hanya mampu menghasilkan torsi 800 Nm.

Hebatnya, meski sudah mengalami peningkatan tenaga dan torsi yang signifikan, Fatboy Fab Works mempertahankan girboks standar bawaan Toyota Century yang dianggap masih mampu untuk menyalurkan letupan torsi tersebut ke roda.

Tentu pikap ini tak lagi bertugas untuk mengangkut pasir dari toko bangunan ke rumah konsumen. Modifikasi ekstrem dilakukan karena Fatboy Fab Works ingin mengikuti ajang balap Simola Hillclimb di Afrika Selatan.

Gambar Toyota Hilux Fatboy Fab Works

Toyota Hilux ini digunakan untuk balap Hillclimb

Sekarang, Hilux mereka kabarnya akan dijual kepada calon pembeli yang cukup gila untuk mengendarai mobil pikap dengan torsi ganas ini.

>>> Ferrari SF90 Stradale Jadi Monster 1.019 HP Usai Dioprek Novitec

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top