Simak Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza 2015 Sebelum Beli

21/07/2021

Jual beli

5 menit

Toyota Avanza kerap disebut sebagai mobil sejuta umat. Di jalanan mudah ditemukan dengan tahun keluaran yang berbeda-beda. Untuk kali ini kami akan membahas mengenai Toyota Avanza 2015.

Toyota Avanza 2015 merupakan satu diantara sekian banyak model Avanza yang populer di pasaran. Selain harganya yang terjangkau, kapasitas ruang yang besar dan mudahnya perawatan menjadi daya tariknya. Nah, sebelum membeli, mari kita intip lagi apa saja kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda temukan. 

Kelebihan Toyota Avanza 2015

Pembahasan pertama pada Avanza yang dikeluarkan tahun 2015 adalah kelebihannya. Terdapat beberapa kelebihan Toyota Avanza 2015 yang bisa dijadikan pertimbangan ketika membeli mobil ini.

1. Mempunya Tampilan Eksterior Yang Elegan

Tampilan mobil Avanza tampak stylish dan juga sporty. Hal tersebut dikarenakan terdapat headlamp yang tampil lebih stylish dipadukan dengan cover foglamp menggunakan desain baru dan pada tipe G Luxury mendapatkan New Front Aerokit. Dibandingkan dengan tahun sebelum-sebelumnya, pada Avanza 2015 menjadi lebih keren dan tetap diminati sampai saat ini.

Gambar ini menunjukkan Toyota Avanza 2015 sisi depan

Tampilannya yang sporty membuat mobil ini banyak diminati semua kalangan

2. Mempunyai Mesin Yang Tangguh

Mesin yang diberikan di dalamnya adalah IL dengan 4 silinder 16 katup DOHC. Teknologi yang diberikan adalah VVT-I yang tentunya dapat mendukung kinerja mesin lebih maksimal. Mengandalkan mesin tersebut, tenaga maksimal yang dihasilkan adalah 104 Hp dan torsi puncaknya adalah 137 Nm.

Mesin yang diberikan pada Toyota Avanza 2015 terkenal akan ketangguhannya. Apalagi mobil ini dijadikan kendaraan keluarga yang kerap diisi dengan penuh oleh pemiliknya saat bepergian. Penggunaan mesin tangguh dan handal akan membuat perjalanan lebih tenang.

>>> Budget Avanza Dapat Innova, Yuk Lirik Toyota Kijang Innova J

3. Terdapat Sensor Parkir Belakang

Seperti yang telah diketahui bersama, ketika melakukan parkir mundur akan dihadapkan dengan bagian belakang yang tidak begitu terlihat. Mungkin bisa mengandalkan spion kanan dan kiri, akan tetapi hal tersebut masih belum cukup dan membutuhkan orang lain untuk memberi aba-aba. Zaman sekarang mobil sudah diberikan fitur mumpuni, salah satunya adalah sensor parkir belakang.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Avanza Velos 2015 tampak belakang

Sensor parkir lebih memudahkan pengendara saat parkir mundur

Toyota Avanza 2015 telah diberikan sensor parkir belakang. Sensor parkir ini bertugas untuk mendeteksi jarak antara bumper belakang dengan objek lain di belakang kendaraan. Jika objek lain semakin dekat, maka ada suara yang menjadi peringatan untuk pengemudi mobil Avanza. Menghindari terjadinya potensi tabrakan ketika sedang melakukan parkir mundur.

4. Penggunaan Velg Dengan Desain Alloy Wheel

Kelebihan selanjutnya adalah pemberian Velg Alloy Wheel. Berkat hal ini, Avanza tampak lebih ekslusif dan juga berkesan elegan. Memang untuk velg bisa dilakukan penggantian dengan mudah dan disesuaikan dengan keinginan. Namun jika tampilan sudah keren maka tidak perlu keluar biaya lagi karena tidak perlu repot menggantinya.

>>>  Selain Keren, Berbagai Aksesoris Interior mobil Avanza Ini Juga Sangat Berguna

Kelemahan Toyota Avanza 2015

Selain soal kelebihan yang dimiliki, tentu terdapat kelemahan yang perlu dipertimbangkan. Meskipun fungsional karena dapat membawa banyak penumpang, dengan melihat kelemahannya maka tidak akan kaget ketika memilikinya.

1. Saat Kecepatan Tinggi Terasa Limbung

Tidak sedikit pengguna yang mengeluhkan akan kestabilan dari mobil MPV satu ini. Jadi ketika melaju dalam kecepatan tinggi terasa limbung. Akan tetapi mobil terasa empuk ketika mobil digunakan dalam kecepatan yang rendah.

Ini disebabkan oleh lingkaran pegas spiral yang dimiliki Avanza bekas 2015 lebih lebar. Ditambah lagi, bagian plat bodi Avanza tergolong tipis sehingga saat melaju di kecepatan tinggi akan mudah oleng ketika berbenturan angin.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Avanza 2015 tampak samping

Selain kelebihan juga ada kelemahan yang dimiliki Toyota Avanza

2. Aki rentan mengalami masalah

Keluhan mengenai kelemahan Toyota Avanza 2015 selanjutnya adalah akinya yang kerap bermasalah. Alhasil mesin mobil akan susah untuk dihidupkan ketika kondisi mesin panas. Hanya saja untuk soal ini biasanya dialami oleh mobil Avanza yang sudah digunakan lebih dari 5 tahun.

Akan tetapi Sobat tidak perlu khawatir karena untuk Avanza terbaru masalah sudah jarang terjadi karena sudah dilakukan perbaikan oleh pihak pabrikan pada bagian aki dan kelistrikan kendaraan.

Mungkin itu saja terkait pembahasan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki mobil Toyota Avanza keluaran tahun 2015. Bisa saja pandangan kami dengan Sobat terdapat perbedaan atau sama, bahkan bisa lebih dari itu kelebihan ataupun kekurangan yang ada di dalam mobil sejuta umat Toyota. Seperti misalnya kabin luas dan hemat konsumsi bahan bakar.

Gambar ini menunjukkan Toyota Avanza 2003 tampak bagian depan dan samping kiri

Toyota Avanza keluaran 2003 jadi generasi pertama

3. Kabin kurang kedap

Pemilik Toyota Avanza tak bisa dipungkiri lagi memang banyak mengeluhkan masalah ini. Mengingat sebagian besar komponen di dalam kabin masih menggunakan plastik keras, kekedapan kabin yang ditawarkan tak cukup baik jika dibandingkan mobil keluarga premium lainnya.

4. Fitur kalah dari pesaing

Mengingat ada banyak pesaing yang turut ikut ambil bagian di segmen Low MPV, Avanza memang bisa dibilang memiliki fitur yang tak begitu lengkap jika dibandingkan dengan rivalnya. Meski untuk sekelas mobil keluarga mobil ini sudah cukup baik dengan segala kenyamanan yang diberikan.

Toyota Avanza baru

Hingga saat ini, mobil Toyota Avanza masih banyak diburu. Untuk perjalanan mobil sejuta umat Toyota ini dimulai pada tahun 2003. Kala itu, sejak dihadirkan pertama kali mobil ini sudah menarik hati masyarakat di Indonesia sebagai kendaraan keluarga. Dengan beberapa perubahan yang ditawarkan hingga saat ini, Avanza masih menjadi salah satu model terlaris yang bisa Anda dapatkan di pasar otomotif Indonesia.

Harga yang ditawarkan untuk mobil barunya terbilang cukup tinggi dibandingkan versi bekas tahun 2015. Harga Toyota Avanza saat ini berada di kisaran Rp 187 jutaan hingga Rp 212 jutaan untuk varian Avanza Veloz.

Tapi harga yang ditawarkan sedikit lebih terjangkau dibandingkan pesaingnya di segmen Low MPV saat ini. Contohnya saja harga Suzuki Ertiga yang bisa didapatkan mulai dari Rp 199 jutaan. Begitu pula dengan harga Mitsubishi Xpander yang sempat menyabet gelar mobil terlaris di Indonesia mengalahkan Avanza pada tahun 2018-2019 diharga Rp 223 jutaan. 

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Mengapa Toyota Avanza begitu populer sejak peluncurannya?
Karena dari segi tampilan cukup menarik dan banyak diminati. Selain itu harga yang ditawarkan juga terjangkau serta perawatan mudah dan sparepartnya mudah ditemukan dengan harga terjangkau.
Apakah Toyota Avanza bekas bisa dijadikan mobil pertama?
Tentu bisa, yang terpenting adalah pengecekan saat melakukan pembelian. Jika tidak tahu menahu soal mobil lebih baik mengajak teman atau saudara yang mengetahuinya atau membeli mobil bekas di tempat yang telah terpercaya.
Bagaimana cara merawat Toyota Avanza agar kondisinya tetap prima?
Perawatan yang mudah dilakukan adalah dengan melakukan servis secara berkala di bengkel resmi atau bengkel lengganan yang sudah terpercaya. Selain itu teknik pengemudian juga perlu dipahami sehingga mobil dapat menemani aktivitas dengan semestinya.
 
back to top