Tips Test Drive Mobil Baru, Coba Semua Fiturnya!

30/06/2019
Walau terlihat sepele, namun melakukan test drive mobil baru juga butuh beberapa hal untuk diperhatikan. Hal ini agar Anda tidak mengalami kebingungan saat mobil sudah menjadi milik Anda.

Sama halnya dengan membeli mobil bekas, saat beli mobil baru, Anda juga wajib untuk melakukan test drive. Hal ini guna meyakinkan antara pendapat Anda, pendapat pihak lain, kebutuhan Anda, serta budget yang telah Anda siapkan.

>>> 4 Aplikasi Penting Sebelum Membeli Mobil

Test drive mobil baru tentunya patut dilakukan agar Anda semakin yakin dengan pilihan kendaraan Anda. Lantas apa saja yang peru diperhatikan ketika melakukan test drive? Berikut tips dari tim Cintamobil.com

Jangan Sendirian

ajak teman saat test drive

Sebaiknya ajak teman atau keluarga saat melakukan test drive

Saat melakukan test drive mobil baru, sebaiknya jangan Anda lakukan sendirian. Ajaklah teman, atau anggota keluarga Anda yang lain. Pihak ketiga ini berguna untuk memberikan masukan tentang kelebihan atau kekurangan dari kendaraan yang sedang Anda uji coba.

>>> Promo mobil baru paling menarik ada disini

Jika Anda hanya berdua dengan pihak diler, tentunya hanya komentar positif yang muncul dari pihak diler tentang kendaraan tersebut. Karenanya akan lebih baik jika Anda membawa kerabat yang paham tentang kendaraan tersebut.

Tes Semua Fiturnya

tes fitur di mobil

Coba semua fitur yang ada di kendaraan yang sedang Anda uji

Namanya uji coba, maka Anda berhak menguji semua fitur yang ada pada kendaraan tersebut. Saat masuk pertama kali ke dalam kabin, rasakan sensasi duduk di atas joknya. Perhatikan ergonomis tombol-tombol untuk membantu Anda mengemudi, seperti tuas transmisi dan tuas wiper atau lampu-lampu.

>>> Tips perawatan kendaraan Anda baca disini

Perhatikan juga posisi cup holder dan media penyimpanan lain di ruang kabin. Jangan ragu untuk pindah posisi duduk sebelum tes drive dimulai. Rasakan jika Anda jadi penumpang belakang dan jangan ragu buka bagian bagasi.

Selanjutnya tes semua fitur yang ada pada kendaraan tersebut. Misalnya kelengkapan fitur pada headunit, keberadaan GPS, tes nyala lampu, tes gerak wiper, rasakan pergerakan power steering, tes mengerem lembut dan rem mendadak, tes akselerasi, tes perpindahan tuas transmisi, tes mundur, sampai pengetesan fitur lain seperti buka tutup sunroof.

Jika Anda mengalami hal yang meragukan saat melakukan test drive mobil baru, jangan sungkan untuk menanyakannya kepada pihak diler. Hal ini agar Anda tak menyesal dikemudian hari.

>>> Tips menarik lainnya seputar mobil ada disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain