Tips Sebelum Membeli Toyota Agya atau Daihatsu Ayla

20/03/2020

Jual beli

5 menit

Tips Sebelum Membeli Toyota Agya atau Daihatsu Ayla
Sebelum Anda berniat membeli Toyota Agya atau Daihatsu Ayla, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini. Apalagi sekarang sedang dalam musim virus corona.

Awalnya profil konsumen dari Toyota Agya dan Daihatsu Ayla adalah mereka yang baru kali pertama membeli mobil. Golongan konsumen ini sedang "naik kelas" dari sebelumnya hanya menggunakan sepeda motor, beralih untuk bisa memiliki pula sebuah mobil demi alat transportasi keluarga.

Meski demikian, tujuh tahun berlalu pasca kemunculannya, kedua mobil yang masuk dalam kategori Low Cost Green Car (LCGC) itu sudah banyak berubah. Harganya pun terus menerus merambat naik. Bahkan untuk Toyota New Agya 2020 dan Daihatsu New Ayla 2020 harganya sudah setara Low MPV bekas.

Lantas bagaimana jika Anda tetap kepincut dan berminat membeli Toyota Agya atau Daihatsu Ayla? Kali ini Tim Cintamobil.com akan memberikan tips beberapa aspek yang harus diperhatikan.

1. Sesuaikan Anggarannya

menambung untuk membeli mobil

Pastikan tabungan Anda sudah cukup untuk membeli mobil

>>> Ini 4 Alasan untuk Membeli Mobil saat Musim Virus Corona

Biar bagaimanapun membeli mobil adalah kebutuhan sekunder, sehingga Anda harus menyiapkan dana ekstra. Pastikan anggaran yang tersedia sudah cukup untuk membeli Agya atau Ayla idaman Anda.

2. Tentukan Fitur Berdasarkan Kebutuhan

Daihatsu Ayla tipe D dijual

Jangan sungkan melirik tipe terendah untuk mendapatkan harga yang lebih murah

Toyota menghadirkan Agya tentu bukan hanya dalam satu varian, namun tersedia beberapa tipe. Begitupun dengan Daihatsu yang menyodorkan Ayla juga dalam ragam varian berbeda. Sebaiknya sesuaikan fitur-fitur yang tersedia pada masing-masing tipe tersebut. Cocokan antara fitur yang disediakan dengan kebutuhan Anda terhadap mobil tersebut dan juga anggaran yang tersedia.

Anda bisa kesampingkan sedikit jika ada fitur yang kurang namun dapat ditutupi dikemudian hari. Misalnya masih pakai velg kaleng atau belum tersedia kamera mundur. Kedua fitur ini sejatinya mudah ditambahkan dikemudian hari karena banyak toko aksesoris mobil yang menyediakannya.

>>> Ada berbagai pilihan mobil bekas berkualitas dengan harga termurah disini

3. Pilih Metode Pembayaran

kredit mobil

Jika dana yang tersedia tidak cukup membeli secara tunai, bisa dengan kredit

Kalau anggaran Anda tidak cukup untuk membeli Agya atau Ayla secara tunai, bisa pilih metode pembayaran kredit. Namun saat akan mencicil, perhatikan pula lembaga pembiayaan yang akan Anda gunakan. Selain itu perhitungkan besaran uang muka yang perlu disiapkan. Sebaiknya pilih mekanisme DP (Down Payment) cukup besar agar nantinya cicilan bulanan tidak terlalu mencekik pengeluaran Anda.

4. Cari Promo Paling Menarik

listing mobil di Cintamobil.com

Cintamobil.com selalu sajikan promo mobil baru paling menarik

Sebelum memutuskan membeli Agya atau Ayla disebuah dealer tertentu, sebaiknya bandingkan lebih dari dua dealer. Hal ini untuk mencari promo terbaik untuk penjualan mobil ini.

Nah dimusim virus corona, sebaiknya Anda tidak usah datang dari satu dealer ke dealer yang lainnya. Cukup manfaatkan pencarian promo terbaik secara online. Anda bisa gunakan berbagai situs jual beli mobil seperti Cintamobil.com. Karena Cintamobil.com selalu menyajikan promo mobil baru dengan diskon paling menarik.

5. Jangan Lupa Asuransikan

asuransi mobil

Asuransikan kendaraan Anda agar terlindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan

Mobil merupakan aset yang nilainya tidak murah. Karena itu sebaiknya asuransikan kendaraan Anda setelah membelinya. Tipe asuransi yang bisa Anda gunakan bisa comprehensive (all risk), TLO (Total Lost Only), atau kombinasi keduanya. Bisa juga Anda tambahkan dnegan perluasan jaminan dari kerusuhan atau bencana alam.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top