Begini Tips Aman Menjual Mobil di Tengah Pandemi Corona

27/05/2020

Jual beli

3 menit

Share this post:
Tak bisa dipungkiri ada beberapa orang yang memutuskan untuk tetap menjual mobil di tengah pandemi corona. Supaya tetap aman simak tips-tipsnya berikut ini.

Penjualan mobil memang sedikit terhambat dengan adanya penyebaran virus corona di Indonesia. Akitivitas masyarakat menjadi terbatas, ruang gerak pun menjadi lebih sempit demi menekan angka penyebaran corona. 

Bagi Anda yang berniat menjual mobil sendiri, salah satu cara yang bisa ditempuh di tengah pandemi ini adalah menjajakannya secara online. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya penjualan mobil dengan jalur digital ini tetap aman seperti dilansir dari Cars.com, Rabu (27/5/2020) berikut. 

>>> Ribuan Mobil Toyota Terjual di Tengah Corona, Ini yang Terlaris

tips menjual mobil di tengah pandemi

Menjual mobil sendiri di tengah pandemi corona

1. Menjual Mobil Lewat Online

Pertama-tama anda harus melakukan listing mobil dengan informasi selengkap mungkin. Pikirkan informasi penting apa saja soal mobil agar calon pembeli tidak minim informasi. Tulis deskripsinya secara lengkap dan jangan lupa cantumkan foto yang menggambarkan kondisi mobil secara keseluruhan. 

Bila calon pembeli tertarik, Anda bisa menawarkan untuk melihat kondisi mobil secara langsung melalui aplikasi Video Call. Pada kesempatan itu Anda bisa menjelaskan lebih detail sekaligus menjawab semua pertanyaan dari calon pembeli. 

Pembuatan video tes drive

Melakukan video call dengan calon konsumen

>>> Harga Tempat Parkir di Gedung Ini Setara Harga Rumah Mewah di Jakarta

2. Tes Drive dengan Protokol Kesehatan

Tes drive memang lumrah dilakukan untuk calon konsumen yang berniat membeli mobil. Hal ini dilakukan demi meastikan kondisi mobil yang akan dibelinya memang masih baik. 

Namun di tengah pandemi ini, Anda tentu was-was akan calon pembeli yang tidak diketahui riwayat perjalanannya. Satu opsi yang bisa Anda lakukan adalah membuat video tes drive. Video tersebut bisa Anda upload di Youtube atau memberikannya langsung ke calon pembeli. 

Atau bila Anda mengizinkan calon pembeli melakukan tes drive, harus memenuhi protokol kesehatan supaya tetap aman dan mencegah penularan. 

>>> Parkir di Bawah Sinar Matahari Langsung Diklam Bikin Virus Corona Cepat Mati

Anda harus memastikan calon pembeli dalam kondisi sehat. Jangan lupa untuk tetap menjaga jarak dengan mengatur posisi tempat duduk dalam mobil. Siapkan sarung tangan dan berikan kepada calon pembeli untuk mencegah penyebaran dari setir mobil. 

Bila tak sempat membeli sarung tangan, Anda bisa menyiapkan hand sanitizer dan berikan kepada calon pembeli sebelum masuk ke mobil Anda. 

Tes drive mobil di tengah pandemi

Tetap mengedepankan protokol kesehatan saat melakukan tes drive saat akan menjual mobil

>>> 5 Mobil MPV Terbaik untuk Keluarga di Bawah Rp500 Juta

3. Melakukan Transaksi

Supaya tetap aman, Anda bisa pergi ke bank dan melakukan transaksi di sana. Tetapi bila memungkinkan dilakukan secara online juga tak ada salahnya. Pastikan tak menyerahkan barang saat Anda belum menerima bukti transaksi dan mengeceknya langsung di rekening bank Anda. 

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top