Tips Memilih Mobil Bekas Idaman

03/08/2017

Jual beli
Tips Memilih Mobil Bekas Idaman
Anda ingin memiliki mobil pribadi namun kondisi keuangan tidak mendukung Anda dalam melaksanakan mimpi Anda. Jangan sedih masih ada cara lain adalah Anda membeli mobil bekas. Bukan semua mobil bekas berkualitas jelek. Untuk membantu Anda, sekarang kami hendak kenalkan beberapa tips memilih mobil bekas idaman.

Gambar beberapa kelengkapan surat-surat saat melakukan transaksi jual beli mobil
Surat kelengkapan mobil

1. Surat-surat

Surat surat termasuk di dalamnya STNK dan BPKB menjadi hal yang pertama yang harus Anda perhatikan. Jangan lupa cek  nomor rangka, nomor mesin dan nomor polisi. Jika Anda kurang awas, Anda bisa mengalami kerugian karena memungkinkan jika kepemilikan mobil tersebut bermasalah. Pengecekannya mudah, tinggal sama saja nomor yang menempel di bodi dan mesin dengan STNK dan BPKB.

2. Kondisi fisik mobil

Anda harus pastikan bahwa  mobil masih dalam kondisi baik. Apakah ada lecet atau penyok? Apakah  mobil tersebut pernah terlibat dengan kecelakaan berat?  Kalau Anda adalah seorang teliti, memeriksalah kemungkinan potensi karat di bagian bawah dan juga di area terkecil bodi.

Gambar sebuah odometer mobil
Cek odometer mobil

>>> Untuk tips dan trik jual beli mobil lainnya, klik sini

3. Interior

Di bagian interior, apa yang harus Anda cek? Yang harus Anda mengecek adalah bagian odometer yang berada di area speedometer. Dengan mengecek bagian itu, Anda sudah tahu jarak tempuh yang dicapai oleh mobil. Kilometer pendek belum tentu baik, apalagi usia tua. Bisa saja odometer sudah diputar ulang. Sebagai langkah pencegahan, dapat dengan merasakan jok pengemudi. Jika sudah ambles dan jaraknya pendek maka mobil tersebut sudah sering jalan namun odometernya sudah diakali.

Gambar buku catatan perawatan dan servis mobil Toyota Agya
Cek catatan perawatan mobil

4. Catatan perawatan

Informasi tentang catatan perawatan dapat dilihat dari buku perawatan. Kita sudah tahu bahwa sebagus apapun mobil, tapi jika tidak dirawat maka dapat menjelma menjadi 'penyakit' di masa depan.

5. Harga

Ingin membeli mobil dengan harga sewajarnya untuk kondisi yang normal merupakan idaman setiap pembeli mobkas. Bagaimana cara tahu harga sewajar mobilnya? Lakukanlah  survei melalui bursa jual beli di Internet atau melihat iklan mobkas di media cetak. Dengan begitu, Anda tidak dibohongi dan dapatkan  mobil yang sesuai.

Itulah 5 tips cerdas dalam memilih mobil bekas idaman yang kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk sobat-sobat. Semoga Anda cepat menemui mobil bekas impian.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman

 
back to top