Tips Membeli Mobil Untuk Pemula

01/08/2017
Bagi teman-teman yang berencana membeli mobil terutama membeli mobil untuk pertama kalinya, silahkan simak beberapa tips berikut ini.

Gambar beberapa model mobil di lapangan jual beli mobil
Jenis dan anggaran

1. Sesuaikan jenis mobil dan anggaran

Sebelum pergi ke dealer mobil, sebaiknya Anda harus tentukan dahulu jenis dan tipe mobil yang Anda inginkan. Selain itu, mobil yang Anda ingin membeli harus sesuai dengan isi kantong Anda. Tujuan utama dari hal itu adalah menjaga kondisi finansial Anda tetap stabil, masih ada banyak biaya yang harus dikeluarkan seperti cicilan bulanan, servis berkala, pajak tahunan, dan sebagainya.

2. Jenis pembayaran

Jika dana yang Anda miliki sudah cukup tidak ada masalah kalau membeli secara tunai. Namun, jika masih ada pos-pos pengeluaran lain yang harus dilunasi, jadi membeli secara kredit adalah langkah yang bijak.
>>> Baca juga: Mobil yang cocok untuk pekerja pemula

Gambar beberapa mobil di sebuah dealer mobbil Honda di Jakarta, Indonesia
Tempat membeli mobil

3. Dealer dan perusahaan pembiayaan terpercaya

Saat ini banyak dealer mobil menawarkan berbagai manfaat tambahan jadi Anda harus pastikan sekali lagi bahwa informasi promosi  itu benar. Jika Anda membeli mobil secara kredit, jangan lupa memastikan bahwa perusahaan yang akan membiayai pembelian mobil Anda adalah perusahaan yang terpercaya dan memberikan harga rasional.

4. Purna jual

Berpikir tentang harga jual kembali tinggi saat membeli mobil adalah wajar. Jika itu adalah salah satu pertimbangan Anda, pastikan bahwa mobil yang Anda beli tidak turun harga terlalu banyak saat terjual kembali.
>>> Untuk tips dan trik jual beli mobil lainnya, klik sini

Mobil sedang di test drive sebelum membeli
Test drive mobil di berbagai kondisi jalan

5. Produk unggul

Jangan tergiur membeli mobil lewat lihat iklan dan penawaran harga murahnya saja. Sebaiknya Anda harus tahu tentang keunggulan produk tersebut seperti kemudahan suku cadang, irit bahan bakar, biaya servis kompetitif, bengkel resmi dengan jaringan luas, dan lain-lain.

6. Test drive

Ini adalah hal yang wajib saat Anda membeli mobil untuk mengetahui kondisi mobil dan merasakan performa mobil. Tidak salah kalau Anda melakukan test drive lebih dari satu mobil.

gambar dua mobil satu berwarna biru dan satunya warna abu-abu sedang tabrakan
Asuransi mobil

7. Asuransi

Bagi Anda membeli mobil secara kredit, pastilah mobil sudah punya  asuransi. Hal ini akan melindungi mobil dari risiko buruk yang mungkin terjadi. Asuransi juga membantu menjaga kondisi keuangan tetap stabil, karena dapat mengurangi pengeluaran tidak terduga akibat tabrakan. Jadi asuransi itu sangat penting dalam mendukung mobilitas sehari-hari.

Bagi Anda membeli mobil secara tunai, segera mengasuransikan mobil Anda. Anda bisa mencari informasi mengenai asuransi mobil di internet atau bisa tanya kepada teman-teman Anda.

Untuk membeli mobil kita tidak hanya punya uang saja, melainkan juga memiliki pengetahuan yang cukup agar tidak menyesal di kemudian hari. Jadi saat membeli mobil, para pemula ingatlah 7 tips di atas ya.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
5