Tips Membeli Mobil Pick Up Bekas

17/10/2019
Tak hanya mobil penumpang saja, kami juga akan memberikan tips membeli mobil komersial, salah satunya adalah tips membeli mobil pick up bekas. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan ketika ingin membeli mobil pick up bekas?

Segmen mobil niaga diam-diam adalah pasar yang gemuk. Maklum saja, Indonesia adalah negara yang sedang berkembang dan sarat akan pembangunan dimana-mana. Demikian juga dengan mobil pick up yang juga masuk mobil niaga, ia juga menyumbang urat nadi sebagai penyambung roda perekonomian. Tetapi, tak semua mobil pick up kini dapat ditebus dengan harga murah dalam kondisi baru. Maka, berikut ini kami berikan tips membeli mobil pick up bekas.

Gambar menunjukkan Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck warna putih bersama seorang model

Mobil pick up baru memang menggoda, namun harganya juga tidak murah

Perlu diperhatikan, karena mobil pick up bekas adalah eks mobil yang digunakan untuk kerja keras dan disiksa. Maka Anda jangan berharap mendapatkan unit mobil pick up yang mulus seperti mobil non niaga. Dan, setidaknya ada 5 parameter yang harus diperhatikan ketika Anda hendak membeli mobil pick up bekas. Simak artikel di bawah ini:

1. Sesuaikan Kebutuhan

Gambar menunjukkan mobil pick up dijual dengan harga Rp 20 jutaan

Sesuaikan kebutuhan, hingga budget agar pembelian pick up bekas tepat guna

Tips membeli mobil pick up yang pertama adalah Anda harus sesuaikan dengan kebutuhan atau usaha Anda. Misal, Anda usaha air kemasan isi ulang, pasti Anda membutuhkan mobil pick up bekas yang punya dimensi bak luas seperti DFSK Super Cab atau Daihatsu GranMax. Apabila Anda memiliki usaha berdagang makanan atau sayuran, Anda mungkin akan membutuhkan mobil pick up bekas yang kompak dan lincah, misal Suzuki Carry 1.0 atau Daihatsu Hi-Max.

>>> Kuat mana pick up buatan China vs Jepang? Jangan anggap remeh produk Tiongkok ya, ia mampu memberi perlawanan sepadan

2. Perhatikan Kondisi Sasis

Gambar menunjukkan Sasis Tangga Yang Digunakan Subaru Sambar Truck

Sasis bisa dibilang adalah kekuatan utama sebuah mobil pick up

Mengecek kondisi sasis memang agak tricky, karena posisinya di bawah mobil. Tetapi, khusus untuk mobil dengan jenis pick up, jauh lebih mudah. Karena sasisnya langsung terlihat dari bawah bak. Pastikan sasis tidak bengkok, berkarat, apalagi keropos. Karena sasis yang bermasalah pasti mengurangi durabilitas mobil pick up secara keseluruhan. Maklum saja, mobil pick up kekuatannya ada di sasis, sebab ia jadi "tulang punggung" ketika membawa beban.

>>> Inilah bukti mobil pick up buatan China mampu bersaing dengan Jepang

3. Cek Kondisi Bak Angkut

Gambar menunjukkan Bak angkut DFSK Super Cab warna putih

Pastikan tidak ada karat atau keropos pada bak angkut

Melihat kondisi bak angkut dapat dilakukan dengan cara visual. Artinya, Anda dapat melihat langsung dengan mata kepala Anda sendiri ketika hendak mengecek kondisi bak angkut. Pastikan bak tidak berkarat apalagi keropos. Jika bak angkut baret-baret atau penyok, itu masih dalam batas wajar. Sebab, mobil pick up umumnya memang digunakan untuk kerja keras dan mengangkut beban.

>>> Ingin melakukan modifikasi mobil pick up? Coba ikuti cara ini

4. Periksa Suspensi

Gambar menunjukkan Suspensi belakang Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck 2019

Suspensi belakang mobil pick up umumnya kuat, pastikan dudukannya tidak longgar

Berikutnya yang harus diperiksa adalah suspensinya. Karena mobil pick up umumnya suspensi bagian belakang menggunakan model leaf spring atau per daun, maka kekuatannya tidak perlu diragukan. Anda hanya bisa memastikan pegangan atau anting per serta sokbrekernya dalam kondisi baik. Yang perlu menjadi perhatian adalah suspensi depan. Karena biasanya mobil pick up masih pakai per keong yang empuk, maka pastikan sokbrekernya tidak bocor.

>>> Dapatkan tips jual beli lainnya hanya di sini

5. Cek Keabsahan Surat

Gambar menunjukkan Mobil DFSK Super Cab warna putih

Jika Anda sudah tertarik dengan mobilnya, pastikan surat-suratnya tidak bermasalah

Terakhir yang masuk ke dalam tips membeli mobil pick up bekas adalah Anda wajib mengecek keabsahan surat. Mulai dari STNK, BPKB, hingga faktur (apabila ada) dan surat mengenai KIR. Pastikan surat mobil yang Anda incar bukan kawinan dan asli. Karena saat ini banyak sindikat pemalsu surat kendaraan seperti STNK, BPKB, hingga buku KIR.

>>> Tips dan trik seputar otomotif lainnya bisa ditemukan disini

Arfian Alamsyah

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
3

berita lain