Tips Membeli Mobil Bekas Usia 10 Tahun

15/01/2019

Jual beli

3 menit

Tips Membeli Mobil Bekas Usia 10 Tahun
Mobil bekas usia 10 tahun memang menggoda, selain teknologinya lumayan modern, bentuknya masih menarik, dan jika perawatannya benar tentunya masiih affordable untuk dimiliki. Apalagi pilihannya lumayan banyak. Berikut ini kami sajikan tata cara tips membeli mobil bekas usia 10 tahun.

Mobil bekas usia 10 tahun memang menggoda, selain teknologinya lumayan modern, bentuknya masih menarik, dan jika perawatannya benar tentunya masiih affordable untuk dimiliki. Apalagi pilihannya lumayan banyak. Lalu saja yang harus diperhatikan dan harus dicek jika ingin membeli mobil bekas usia 10 tahun? Sebenarnya untuk mobil bekas usia 10 tahun relatif lebih mudah memilihnya, karena mobil bekas usia 10 tahun masih relatif modern. Berikut ini checklist-nya :

1. Mesin Harus Kering

Tampak Blok Mesin Wuling Formo 1.2 by Chevy

Pastikan blok mesin dan cyliner head tidak ada rembesan oli, kotor tidak apa asal tidak ada rembesan oli

Yang jadi fokus pertama bila dana Anda ngepas dan sedang mengincar mobil bekas usia 10 tahun adalah kondisi visual mesin harus kering terlebih dahulu. Makna dari mesin kering adalah tidak terdapat rembesan oli pada paking cylincer head, hingga bagian bawah mesin. Paling gampang cara mengeceknya adalah dengan memperhatikan sambungan antara cylinder block dengan cylincer head. Jika mobil incaran Anda bocor sedikit sebenarnya tidak apa, karena biaya perbaikan untuk mengganti packing berkisar antara Rp 800 ribu hingga Rp 1 juta.

>>> Ini dia pilihan mobil bekas harga Rp 80 jutaan

2. Cek Knalpot

Tampak Ujung knalpot mobil

Pastikan tidak ada asap ngebul keluar dari ujung asap knalpot

Paling mudah, dalam keadaan mesin mati Anda bisa lihat dari ujung knalpot mobil bagian dalam, jangan sampe berwana hitam kering, karena itu menandakan pembakaran enggak sempurna sehingga nanti efeknya akan boros bahan bakar. Tapi jangan sampai hitam basah juga, karena hal itu menandakan oli mesin ikut terbakar di ruang pembakaran. Ketika mesin dinyalakan, jangan sampai knalpot mengeluarkan asap putih. Karena bisa jadi seal klep dan/atau ring piston sudah ikutan minta ganti. Yang paling bagus mobil bekas usia 10 tahun warna ujung knalpot bagian dalamnya bersih agak keabuan, atau coklat. Jika ring piston sudah minta ganti maka untuk biaya turun mesin plus penggantian part bisa lebih dari Rp 5 jutaan.

>>> Ini alasan konsumen pulau Kalimantan membeli mobil bekas hingga ke pulau Jawa

3. Cek Temperatur Mesin

Tampak Indikator spidometer Toyota Camry 2006

Pastikan indikator suhu mesin tidak lebih dari 3/4 atau bahkan mencapai huruf H

Meskipun mobil yang Anda incar usianya masih 10 tahun dan rata-rata mobil bekas usia 10 tahun itu sudah mengadopsi teknologi modern, ambil contoh katup variabel bakan drive by wire. Namun bukan tidak mungkin mobil incaran Anda bermasalah di temperatur mesin. Cara mudah untuk mengecek temperatur mesin adalah dengan menyalakan mesin mobil incaran Anda lalu tunggu sekitar 10 hingga 15 menit, biasanya jika mobil bekas bermasalah dengan suhu mesin, indikator merah berlogo suhu mesin akan menyala, atau berkedip. Untuk yang menggunakan jarum indikator akan naik ke lebih dari setengah bahkan ke H. Jika Anda masih belum yakin, maka Anda bisa ajak jalan mobil tersebut.

>>> Mobil asal Jepang ini lebih enak dikemudikan bila dibandingkan dengan rivalnya asal Eropa, mengapa demikian? Simak alasannya disini

4. Dengarkan Suara Mesinnya

Tampak Mesin Toyota Camry XV40 tahun 2006

Pastikan irama mesinnya datar, dan putaran mesinnya stabil

Langkah berikutnya yang harus Anda perhatikan ketika memburu mobil bekas usia 10 tahun adalah dengan mendengarkan suara mesinnya. Suara dan irama mesin saat idle atau stasioner itu wajib stabil dan rata, kalau naik turun pasti ada kesalahan atau kerusakan pada mesin. Seperti idling sensor rusak, pompa bensin sudah mulai lemah, atau suplai bahan bakar dari tangki ke mesin tidak lancar. Pastikan suaranya halus, tidak banyak bergetar (kecuali mobil dengan mesin 3 silinder) dan juga saat mesin digas tidak ada bunyi aneh pada mesin.

>>> Temukan harga mobil baru impian Anda hanya disini

>>> Tips jual beli mobil paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

5. Cek Komponen Elektronik Dan Bodi

Cek semua komponen bodi dan elektronik mobil

Cek seluruh bagian bodi dan pastikan komponen elektrik tidak ada yang bermasalah

Apabila mobil bekas usia 10 tahun yang Anda incar memiliki komponen elektronik yang banyak, maka yang harus dicek adalah fungsi dari komponen tersebut. Seperti coba untuk mengoprasikan power window, coba untuk menyalakan sistem hiburan pada mobil, hingga mengamati lampu-lampu indikator pada mesin, seperti apakah ada lampu check engine yang menyala. Untuk urusan bodi yang pasti pastikan jangan ada keropos, hampir berkarat, jangan bekas nabrak, kalau sudah dicat ulang asal cat yang digunakan bagus sebenarnya enggak masalah.

>>> Temukan banyak pilihan mobil bekas disini

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top