Tips Membeli Mobil Bekas

17/04/2017

Jual beli
Share this post:
Tips Membeli Mobil Bekas
Harga jual kembali dari mobil bekas itu sangat sulit untuk menilai, jadi harga dikasih selalu lebih tinggi dari harga pas. Oleh karena itu, membeli mobil bekas sangat sulit bagi konsumer. Berikut ini adalah beberapa tips membeli mobil bekas menurut CNNindonesia.com.

Mobil bekas masih menjadi pilihan yang tinggi di pasar otomotif Indonesia. Membeli mobil bekas tentunya bukan pilihan yang salah, tetapi bagaimana cara mengetahui mobil tersebut masih  baik dan kualitasnya terjamin? Berikut ini adalah  tips-tips  yang Anda bisa ikuti saat membeli mobil bekas menurut situs CNNIndonesia.com.

Beberapa mobkas dijual di dealer Indonesia
Membeli mobil bekas tidak sama hal seperti membeli mobil baru

1. Tempat Pembelian Mobil Bekas

Saat ini, ada banyak tempat yang menjual mobil bekas. Namun untuk membeli mobil bekas yang bagus, Anda bisa langsung datang atau hubungi dengan orang yang menjualnya. Membeli mobil di showroom atau dealer ada banyak pilihan tetapi harganya lebih mahal daripada membeli langsung dari penjual.

2. Periksa Bodi Mobil

Jangan lupa periksa bodi mobil bekas yang Anda ingin membeli dengan teliti. Perhatikanlah mobil itu pernah mengalami tabrakan, warna mobil pernah diubah atau belum, lampu pecah atau masih bagus dinyala, dan lain-lainnya. Periksalah seluruh bodi mobil bekas dan lebih bagus melakukannya di pagi hari.

Pria ini sedang melakukan periksa kondisi mesin mobil bekas
Periksa kondisi mesin 

3. Periksa Kondisi Mesin

Ini adalah salah satu langkah terutama jika ingin membeli mobil bekas. Pastikan mesin dalam kondisi bersih.  Jangan membeli mobil bekas dengan mesin sudah bocor serta aliran olinya tidak beraturan. Mesin dianggap seperti jantung yang membuat mobil bekerja jadi jika mesin tidak baik, tentunya Anda harus memperbaikinya.
>>> Baca juga: Sebelum membeli mobil bekas, jangan lupa cek 5 hal ini

 

4. Kelengkapan Surat Mobil

Pastikan Anda mendapatkan BPKB dan STNK yang asli, surat-surat kendaraan adalah hal wajib saat membeli mobil bekas. Tidak boleh terlewati, perhatikan dengan teliti soal keaslian BPKB dan STNK mobil tersebut. Saat ini ada banyak surat palsu agar mobil curian laku dengan harga tinggi. Jika sudah terbukti asli, maka urusan balik nama serta administrasi lainnya juga lebih mudah.

5. Melakukan Test Drive

Wanita sedang melakukan test drive mobil Mazda CX-3
Melakukan test drive mobil 

Sebagai calon pembeli profesional, Anda harus melakukan test drive saat membeli mobil bekas. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui langsung kondisi performa mesin.
>>> Apa yang harus lakukan saat jual atau beli mobil, klik sini untuk tahu

6. Cek Eksterior

Jika menentukan membeli mobil bekas, coba melihat bagian bawah mobil, pastikan tidak ada bagian yang berkarat dan keropos. Lihat juga bannya, apakah masih baik atau sudah aus.

Membeli mobil bekas adalah pilihan dari golongan yang tidak ada cukup uang untuk membayar. Jika menegaskan membelinya, Anda harus lebih teliti daripada membeli mobil yang baru. Tips- tips membeli mobil bekas di atas adalah sebuah pengalaman untuk Anda. Semoga bermanfaat dan semoga Anda berhasil mendapatkan mobil impian dengan harga murah dan kondisi terbaik!
>>> Klik untuk update tulisan terbaru tentang pengalaman

Share this post:
 
back to top