Tips Membeli Mobil Baru Awal Tahun Biar Dapat Harga Terbaik

09/01/2021

Jual beli

3 menit

Share this post:
Tidak hanya di akhir tahun, awal tahun pun bisa menjadi waktu yang tepat untuk membeli mobil. Berikut tips membeli mobil baru awal tahun dengan harga terbaik!

Ada kalanya orang merealisasikan rencana membeli mobil baru awal tahun. Hal tersebut bisa dikarenakan banyak hal, seperti kebutuhan yang kian mendesak, karena faktor finansial, atau karena faktor yang lain. Berbeda dengan akhir tahun, membeli mobil di awal tahun biasanya minim promo. Lantas bagaimana agar pembelian mobil baru ini bisa lebih menguntungkan?

Membeli mobil baru awal tahun

Membeli mobil baru bisa dilakukan kapan pun. Kalau ingin mendapatkan harga terbaik, bulan Desember adalah yang paling direkomendasikan. Dealer seringkali jor-joran diskon sehingga harga mobil menjadi lebih murah. Tapi kalau sudah kelewat, bulan Januari pun tidak masalah. Berikut tips membeli mobil baru di awal tahun dengan harga terbaik!

1. Beli mobil baru stok lama

Mobil baru stok lama atau yang biasa disebut New Old Stock adalah bukan mobil baru dengan tahun saat itu. Misalnya saat ini Januari 2021, Anda beli mobil stok lama stok 2020 atau 2019. Dengan membeli mobil baru stok lama Anda bisa menghemat hingga puluhan juta rupiah karena model semacam ini biasa dijual dengan diskon sangat besar. Belum lagi beragam bonus dan hadiah seringkali ditawarkan.

>>> Promo DFSK Januari 2021 Tawarkan Bunga 0 Persen dan Cicilan Mulai Rp 2 Juta

Foto menunjukkan Promo BMW Old Stock

Membeli mobil baru stok lama, harga lebih murah

Selain hemat, Anda tetap mendapatkan produk dengan kualitas terbaik seperti umumnya mobil baru. Anda juga diberikan layanan purna jual yang utuh, meliputi promo servis berkala hingga garansi sesuai buku kepemilikan.

Tips pertama ini sangat cocok buat Anda yang tidak terlalu mementingkan status tahun keluaran mobil. Mengingat kalau mobil dijual kembali meski baru satu bulan Anda beli, statusnya adalah mobil bekas usia setahun. Dan mobil terkena depresiasi harga 10-15%.

2. Beli mobil yang baru dilaunching

Berikutnya membeli mobil baru dengan harga terbaik bisa dengan cara menjadi membeli mobil yang baru dilaunching perdana. Misanyal, pada bulan Januari 2020 diluncurkan mobil baru merek A, Anda bisa langsung melakukan booking dan masuk list pembeli pertama.

Saat mobil diluncurkan, harga mobil adalah harga terendah. Dalam beberapa bulan ke depan, bisa jadi harga mobil bakal menjadi lebih mahal. Terlebih jika mobilnya masuk kategori fenomenal dengan antrean yang sangat panjang, pergantian bulan terkadang diikuti dengan kenaikan harga.

Hal ini pernah terjadi pada Mitsubishi Xpander. Saat diluncurkan tahun 2017 varian termahalnya yaitu Ultimate dijual dengan harga Rp 245.350.000. Di tahun 2018 harga Xpander naik hingga 4 kali menjadi lebih mahal. Pada 2019 harga Xpander kembali naik sebanyak 3 kali, yaitu pada Februari, Juni, dan Desember. Dan saat ini (Januari 2021) harga Mitsubishi Xpander Ultimate adalah Rp 278.100.000.

Itulah tips membeli mobil baru di awal tahun dengan harga terbaik. Anda bisa menjadikannya sebagai pertimbangan.

>>> 4 Waktu yang Pas untuk Tukar Tambah Mobil

Foto menunjukkan KIA Imagine 2021 tampak samping

Jadi pembeli pertama untuk mendapatkan harga paling dasar

>>> Baca tips jual beli mobil lebih lengkap di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top