Kepincut Beli Jeep Cherokee XJ? Simak Dulu Nih Tipsnya!

20/09/2021

Jual beli

3 menit

Share this post:
Sebelum meminang Jeep Cherokee XJ, simak tips dari tim Cintamobil.com yang dirangkum dari bengkel spesialis agar Anda tak membeli kucing di dalam karung.

Jeep Cherokee terutama generasi kedua yang berkode bodi XJ sedang kembali diminati. Untuk sebuah SUV 4x4 Amerika Serikat, Cherokee XJ terbilang masih cukup terjangkau untuk dimiliki. Selain itu, parts aftermarket untuk mobil ini juga banyak tersedia di Tanah Air.

Saat ini, Jeep Cherokee XJ dibanderol di kisaran Rp 200 jutaan. Cukup tinggi dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Namun, angka tersebut sebanding dengan apa yang Anda dapatkan dari sebuah SUV yang andal di medan off-road dengan fitur yang cukup lengkap di masanya.

Keunggulan dan Kekurangan Jeep Cherokee XJ

Kami pun menyambangi salah satu bengkel spesialis mobil 4x4 yang sudah cukup akrab dengan mobil ini, JHS Jeep. Bengkel ini berlokasi di Gang Melati, Jalan Jatibening II, Pondokgede, Bekasi.

>>> Cara Jual Beli Mobil Bekas yang Berkualitas Buat Pemula

Gambar JHS Jeep

JHS Jeep merupakan salah satu bengkel mobil 4x4 rekomendasi Cintamobil.com

Pemilik bengkel JHS Jeep, Jimi, mengungkapkan bahwa Jeep Cherokee XJ masih tergolong nyaman untuk dikendarai sehari-hari. Ia juga menyebut bahwa mobil itu cukup andal untuk melibas medan off-road meski dalam kondisi standard.

"Selama ini saya pakai Cherokee untuk harian masih sangat nyaman. Kalau ada masalah di jalan pun cenderung mudah untuk diperbaiki," tukas Jimi.

Tak hanya itu, spare part untuk Cherokee banyak tersedia di Indonesia. Mulai dari yang OEM (Original Equipment Manufacturer) sampai merek-merek aftermarket. Karena itu Anda tak perlu khawatir kesulitan mencari onderdil saat sedang dibutuhkan.

Tentu dibalik keunggulan-keunggulan tersebut, ada kekurangan yang harus diketahui sebelum Anda meminang SUV yang baru mulai dipasarkan di Indonesia pada tahun 1994 ini.

>>> Jeep Grand Cherokee, Kisah Sang Legenda Amerika Nan Gagah dan Mewah

Gambar Jeep Cherokee XJ

Cukup bermodalkan ban Mud Terrain, Anda sudah bisa membawa Cherokee XJ ke medan off-road

"Mobil ini memang ada beberapa kelemahan bawaan pabriknya, salah satunya permasalahan overheat. Tapi sekarang sudah banyak solusi untuk masalah itu," ungkap Jimi.

Selain itu, mobil yang mengusung mesin 6-silinder segaris 4.000 cc ini juga dikenal sangat boros bahan bakar. Jadi kalau Anda masih perhitungan dalam mengeluarkan uang bensin, Anda bisa melirik mobil 4x4 yang lain.

"Menurut saya itu sudah bagian dari memiliki Cherokee. Sampai sekarang saya belum ketemu itu resepnya agar mobil ini bisa irit," canda mekanik jebolan bengkel off-road legendaris, Khatulistiwa Suryanusa.

Apa Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Cherokee XJ?

Jika Anda sudah bisa menerima keunggulan dan kekurangan Jeep Cherokee XJ, Jimi memberitahu titik-titik yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli mobil yang sedang Anda incar.

Gambar Mesin Cherokee

Meski tampilannya menggoda, sektor mesin tetap harus jadi pertimbangan yang utama

Menurutnya, banyak calon pembeli yang terlalu berfokus pada kondisi eksterior dan interior mobil, namun justru tidak memperhatikan sektor-sektor yang krusial pada Cherokee.

>>> Bengkel Mobil 4x4 Rekomendasi Cintamobil.com: JHS Jeep

"Namanya penjual pasti menjaga tampilan eksterior dan interior. Karena banyak pembeli yang mementingkan orisinalitas. Setelah dibeli, ternyata masalahnya banyak dan harus keluar uang banyak," sebut Jimi.

Ia mewanti-wanti agar konsumen tetap melihat sektor mesin, kaki-kaki, dan transmisi agar nanti mobilnya tidak menguras kantong. Untuk bagian mesin, perhatikan jika ada kebocoran atau keanehan yang dapat dilihat secara kasat mata.

"Kalau bisa rajin cari-cari referensi melalui foto, lihat mesin Cherokee standard seperti apa. Jadi ketika melihat langsung kita jadi tahu kalau ada yang aneh atau berbeda," tukas pria ramah ini.

Untuk bagian undercarriage, hal yang perlu diperhatikan calon pembeli adalah subframe bagian depan. Karena bagian tersebut seringkali mengalami keretakan. Jangan lupa, setelah membeli mobil tersebut sebaiknya Anda melakukan reinforcing pada bagian ini sebagai bentuk antisipasi.

Gambar Cherokee XJ

Perhatikan juga bagian kaki-kaki dan kolong mobil

Selanjutnya, periksa juga bagian transmisi otomatisnya. Pastikan bahwa proses perpindahan giginya terasa lancar dan halus. Selain itu, perhatikan juga perilaku transmisi saat melakukan kickdown. Jika tidak ada jeda atau hambatan, tandanya transmisi masih dalam keadaan normal.

Tak selesai sampai di situ, Jimi menyarankan agar calon pembeli menyiapkan dana untuk melakukan peremajaan di bagian mesin dan kaki-kaki. Sehingga, mobil tersebut dalam kondisi prima setelah dibeli dan bisa langsung dipakai sehari-hari atau melibas medan off-road.

"Ya kira-kira Rp 12 jutaan. Untuk peremajaan beberapa komponen. Yang penting jangan sampai bagian transmisi bermasalah karena bisa memakan biaya lebih dari Rp 10 juta untuk memperbaikinya," tutup Jimi.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top