Tips Lengkap Membeli Mobil Tata Aria Bekas, MPV Bermesin Diesel Dari India

11/12/2018

Jual beli

3 menit

Share this post:
Tips Lengkap Membeli Mobil Tata Aria Bekas, MPV Bermesin Diesel Dari India
Pilihan MPV bermesin diesel memang tidak sebanyak bensin. Namun bila Anda mencari sebuah MPV mesin diesel dengan harga terjangkau, Tata Aria bisa menjadi opsi menarik. Simak tips lengkap membeli Tata Aria bekas sebuah MPV bermesin diesel dari India.

Tidak salah bila orang awam mengenal merek mobil Tata Motors adalah Nano. Ya, transporter mungil yang berpredikat mobil termurah di dunia pada saat itu beberapa kali menjadi headline di media-media otomotif internasional. Sebagai salah satu produsen yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, Tata Motors juga memiliki MPV diesel yang digadang-gadang sebagai kompetitor Toyota Kijang Innova. Menawarkan ruang kabin yang luas dengan performa mesin yang irit menjadi amunisi untuk bersaing di pasar otomotif Indonesia.

Pilihan alternatif bagi Anda yang membutuhkan MPV dengan ruang akomodasi yang lebih luas dan mesin yang lebih bertenaga, Toyota Kijang Innova G tahun 2016, klik video berikutnya untuk informasi lengkapnya

Dimensinya sama seperti Medium MPV pada umumnya dengan kapasitas mampu menampung 7 orang penumpang. Tetapi saat melihat pada kakikakinya, Tata Aria mempunyai ground clearance yang tinggi mencapai 200 mm. Bila Anda memburu mobil bekasnya dan ingin dikendarai sendiri, tidak terasa buruk berada di balik kemudi. Visibilitasnya luas dan posisi mengemudi memang cenderung tinggi. Menariknya mobil buatan India ini mempunyai kualitas material yang cukup baik di interior. Pada dasbor dan trim dirancang dengan solid dan setidaknya lebih baik dari ekspektasi kami saat mengetesnya. Namun, memang soal desain ia bukanlah yang terindah.

>>> Baca juga: Bukan Hanya Odometer, Inilah Tips Memeriksa Usia Dan Kondisi Pakai Mobil Bekas

Dimensinya cukup besar mirip seperti Toyota Kijang Innova

Dimensi Tata Aria tergolong besar sehingga mempunyai kabin yang luas

Pada jok depan dan baris kedua ruang kakinya sangat lega, sementara baris terakhir tergolong cukup. Soal kepraktisan, Tata Aria mempunyai tempat penyimpanan yang berlimpah. Dari hasil pengetesan kami saat itu, secara total ia memiliki 9 cup holder, 7 laci kecil di plafon, 3 laci di dasbor dan 4 kantung pintu berukuran besar. Lebih dari cukup untuk Anda menaruh barang-barang keperluan keluarga saat perjalanan jauh. Berbicara diesel tentu performa irit menjadi salah satu sorotan. Mesin diesel berkapasitas 2.179 cc dengan turbo variabel plus common-rail mampu menghempaskan tenaga 140 dk dengan torsi maksimum 320 Nm.

>>> Klik disini untuk Tips Lengkap Membeli Mitsubishi Delica Bekas

Harus diingat bahwa mesin ini akan mencapai performa optimalnya saat menggunakan BBM diesel rendah sulfur, minim partikulat dan tinggi cetana sekelas PertaminaDEX atau Shell Diesel. Lantas apa saja yang harus dicek dan diperhatikan ketika Anda berencana membeli mobil bekas Tata Aria? Berikut kami paparkan komponen apa saja yang harus diperhatikan dan dicek.

Tampilannya tergolong sederhana

Desain dasbor dari Tata Aria terlihat sederhana

Teknis

Pada bagian mesin, periksa kebocoran air pendingin mesin, apabila terlihat ada tetesan air segera bawa ke bengkel resmi untuk dicek apakah perlu diganti atau tidak. Begitu juga dengan oli mesin pastikan tidak ada rembesan di sekitar mesin. Saat mesin sudah dihidupkan, pastikan tidak mendengar suara abnormal atau berisik. Bisa juga injak pedal gas secara perlahan dan saat putaran mesin naik tidak ada suara kasar. Tidak hanya mesin, komponen transmisi juga harus diperhatikan. Mirip seperti mesin, pastikan tidak ada kebocoran oli transmisi. Bila terlihat ada kebocoran langsung bawa ke bengkel resmi untuk diperbaiki. Saat tes jalan pastikan tuas transmisi bisa digeser dengan halus. Bila terasa keras, kemungkinan ada masalah pada transmisinya.

Periksa komponen mesin seperti filter

Periksa secara teliti detail komponen seperti filter apakah masih layak pakai atau sudah harus ganti

Filter adalah hal penting mesin. Terutama mesin diesel, cek filter bahan bakar, filter udara dan filter oli untuk memastikan mesin bekerja optimal. Bila sudah apkir, jangan ragu untuk menggantinya. Komponen lain yang tidak kalah penting adalah kaki-kaki. Coba jalankan Tata Aria di jalan rusak dan ketika melaju pastikan tidak ada bunyi berisik dari kaki-kaki mobil. Karena bila terdengar bunyi menganggu maka kemungkinan komponen pada kaki-kaki ada yang bermasalah.

>>> Tips jual beli mobil paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Non-teknis

Saat melakukan test drive mobkas Tata Aria, jalankan mobil di permukaan yang bagus. Rasakan bahwa torsi puncak MPV Crossover ini ada di 1.700 rpm sampai dengan 2.700 rpm. Terindikasi dari dorongan kuat saat menyentuh rentang rpm tersebut. Jika benar maka kerja komponen turbo masih bagus. Tata Aria mempunyai banyak kisi AC yang tersebar di seluruh kabin. Periksa performa AC di semua kisi-kisi mulai dari depan hingga belakang. Mengingat ini mobil keluarga, pastikan fungsi AC berjalan normal sehingga tetap nyaman untuk perjalanan jauh.

Punya banyak kompartemen periksa secara teliti

Sebagai sebuah mobil keluarga, periksa interior apakah ada noda yang belum dibersihkan

Tata Aria mempunyai dimensi yang cukup besar sebagai sebuah MPV. Jangan lupakan untuk memeriksa bagian bodi seperti bumper depan dan belakang. Pastikan tidak ada bekas tabrakan baik itu goresan atau baret maupun penyok. Begitu juga dengan interior, pastikan dasbor tidak ada noda seperti bekas pewangi kabin atau lem. Pun kondisi plafon dan kursi pastikan masih dalam kondisi baik. Akan lebih bagus bila kursi masih dalam keadaan asli belum di modifikasi.

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
 
back to top