Tips Lapor Pajak Online serta Cara Menghitung Pajak Mobil

08/09/2020

Jual beli

2 menit

Share this post:
Tips Lapor Pajak Online serta Cara Menghitung Pajak Mobil
Untuk menghindari kerumunan dan tetap berada di dalam rumah, ini cara terbaik untuk lapor pajak online serta cara menghitung pajak mobil dari Cintamobil.com.

Semakin berkembangnya teknologi memberikan kemudahan dalam mengakses data dan mempermudah segala keperluan, termasuk yang berkaitan dengan pajak mobil. Bahkan pemilik kendaraan bermotor di Indonesia bisa melaporkan pajak secara daring, atau online. Simak berbagai tips berikut untuk melakukan lapor pajak online mobil tanpa harus keluar rumah

Cara lapor pajak online mobil

Untuk melaporkan pajak mobil secara online bisa dilakukan melalui layanan Samsat Online. Layanan ini juga tersedia di beberapa tempat, mulai dari kantor perwakilan SAMSAT, aplikasi e-commerce yang sudah bisa diakses pada beberapa provinsi, atau jaringan e-SAMSAT yang terintegrasi di seluruh Indonesia. Pembayaran ini bisa mengakomodir pemilik kendaraan di luar kota.

ilustrasi e-Samsat Jawa Barat berwarna biru
Setiap daerah memiliki sistem e-Samsat tersendiri

>>> Sebelum Beli Mobil Bekas, Cek Dulu Keaslian Dokumen Kendaraan

Sayangnya Anda hanya bisa melakukan lapor pajak online ketika kota maupun provinsi tempat tinggal Anda sudah memakai sistem e-Samsat. Anda bisa menemukan berbagai situs e-Samsat pada beberapa daerah yang sudah terdaftar. Seperti DKI Jakarta melalui situs https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/, Jawa Barat melalui situs https://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/, atau Bali di situs https://bapenda.baliprov.go.id/e-samsat/.

Pembayaran dilakukan ke laman dimana alamat tercantum pada STNK. Misalnya ketika Anda menggunakan KTP dan STNK Jakarta namun sedang berada di Bandung, maka pembayaran dilakukan melalui dinas e-Samsat DKI Jakarta. Anda juga bisa mengundung aplikasi Samsat Online Nasional melalui Play Store maupun situs remis Korlantas.

>>> Pakai Aplikasi SAMOLNAS, Urusan Bayar Pajak Jadi Lebih Mudah

Cara menghitung pajak mobil

Banyak pemilik mobil pertama yang masih kebingungan dengan cara membayarkan pajak atau cara menghitung pajak mobil. Dari laman resmi Direktorat Pajak Online, ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan, diantaranya,

  • BBN KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) 10% dari harga jual mobil,
  • PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) 2% dari nilai jual mobil,
  • SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan) senilai Rp 143 ribu,
  • Biaya Admin TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) senilai Rp 100 ribu, dan
  • Bea Admin STNK berupa biaya pengesahan dan penerbitatan STNK senilai Rp50 ribu.

Semua biaya ditambahkan dan total nilainya menjadi biaya pajak mobil yang perlu dibayarkan. Untuk pemilik mobil, pembayaran pajak mobil pertama memang lebih mahal karena harus membayar biaya balik nama, pembuatan TNKB, serta penerbitan STNK.

>>> Dapatkan berbagai mobil baru dan bekas lainnya di sini

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Pajak Parkir di Jakarta Naik 30%

08/09/2020

Pasar mobil

3 menit

DPRD DKI Jakarta akhirnya mengesahkan kenaikan tarif pajak parkir di Jakarta dari semula 20% menjadi 30% untuk meningkatkan pendapatan di daerah Ibu Kota.

Lihat juga

Turki Jadi Negara dengan Pajak Mobil Tertinggi di Dunia

02/09/2020

Pasar mobil

2 menit

Turki menjadi negara dengan pajak mobil tertinggi setelah menerapkan peraturan baru untuk pajak mobil impor guna meningkatkan penjualan mobil dalam negeri.

Lihat juga

Diskon Pajak Ampuh Tingkatkan Penjualan Mobil di Malaysia

26/08/2020

Pasar mobil

4 menit

Kebijakan pemerintah di Malaysia untuk memberikan diskon pajak mobil baik itu CKD maupun CBU cukup ampuh dalam meningkatkan penjualan dari bulan ke bulan.

Lihat juga

Beli Toyota Corolla Cross 2020 Enggak Perlu Bayar Pajak, Begini Caranya

06/08/2020

Mobil baru

3 menit

PT Toyota Astra Motor (TAM) memberikan beragam solusi untuk memiliki Toyota Corolla Cross terbaru, bahkan pengguna tidak perlu membayar pajak, begini caranya

Lihat juga

Pembebasan Pajak Mobil di Malaysia Bikin Warga Mulai Sambangi Dealer

01/07/2020

Pasar mobil

4 menit

Pemerintah Malaysia beberapa waktu lalu menerapkan pembebasan pajak mobil untuk kembali meningkatkan penjualannya. Hal itu membuat warga mulai datang ke dealer.

Lihat juga