Tips Cerdas Membeli Mobil di Pameran mobil

13/02/2018

Jual beli
Tips Cerdas Membeli Mobil di Pameran mobil
Banyak gelaran Auto Show yang ada di seluruh penjuru dunia, bahkan di Indonesia. Tapi, bisakah kita membeli mobil di pameran mobil? Tentu saja. Pameran mobil bukan hanya bertujuan untuk memamerkan mobil baru, tapi juga menjadi ajang untuk menjualnya.

Menyenangkan melihat-lihat di pameran mobil, melirik kendaraan konsep dan supercar dengan harga yang fantastis. Indonesia memiliki Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) sebagai pameran mobil terbesar di Indonesia. Nah, jika Anda ingin membeli mobil di pameran mobil seperti GIIAS, berikut beberapa tips yang bisa Anda praktekkan.

1. Rencanakan pembelian

Pertunjukan mobil yang paling utama menyediakan peta lantai pertunjukan, jam pameran, dan kendaraan yang dipamerkan. Perhatikan dan rencanakan kunjungan Anda terlebih dahulu. Perhatikan merek mobil yang ingin Anda lihat dan catat lokasi beberapa produsen mobil lain yang patut anda pertimbangkan.

Gambar yang menunjukan poster dari pintu masuk pada gelaran Gaikindo International Indonesia Auto Show

GIIAS, pameran mobil terbesar di Indonesia

Taktik ini bisa membantu anda untuk merencanakan rute yang paling efisien di sepanjang lantai pameran. Setidaknya, persiapkan waktu sekitar dua jam untuk melihat-lihat. Rencanakan legih banyak waktu jika anda ingin melakukan uji kendaraan pada pameran mobil.

2. Hindari Kerumuman

Pada akhir pekan, pameran mobil bisa dibilang menjadi arus massa yang membuat kerumuman di seluruh penjuru pameran. Jika anda hanya mempunyai waktu untuk mengunjungi pameran pada akhir pekan, anda harus berdesak-desakan hanya untuk melihat sebuah mobil.

Gambar yang menunjukan kerumunan yang berdesak-desakan pada pameran mobil

Kerumunan yang berdesak-desakan pada pameran mobil

Jika memungkinkan, cobalah untuk mendatangi pameran pada hari kerja, sebaiknya segera datang ketika pameran baru dibuka. Hal ini bisa memberikan anda keleluasaan untuk memperhatikan mobil dan tidak perlu bedesak-desakan. Tapi jika anda memang hanya mempunyai waktu pada akhir pekan, cobalah datang sepagi mungkin.

>>> Baca juga 5 mobil sedan terbaik 2017

3. Bicara dengan spesialis produk

SPG atau SPB pada gelaran pameran mobil bukan hanya penarik konsumen untuk datang. Mereka merupakan orang-orang yang terlatih (setidaknya diberi tahu) dan mengenal mobil yang sedang mereka pamerkan. Mereka bisa sangat berguna untuk memberitahu tentang kendaraan baru yang mungkin saja anda belum lihat sebelumnya.

Gambar yang menunjukan beberapa prang berpakaian rapi di samping mobil yang sedang dipamerkan

Biasanya ada sales dan spesialis produk di samping mobil yang ditawarkan

Anda juga bisa bertemu dengan perwakilan stan. Mereka adalah sales dealer lokal yang telah diminta untuk menjual mobil. Karena pekerjaan mereka adalah menjual mobil, mereka tentunya mengenal mobil mereka dengan baik. Tapi, jika tidak ada mobil yang dijual pada pameran tersebut, anda bisa meminta penjelasan dan keterangan tentang mobil mereka.

4. Lakukan test drive

Pameran mobil biasanya memiliki acara untuk melakukan uji coba atau ride-and-drive. Di luar negeri, misalnya pada gelaran Chicago Auto Show, Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk melakukan uji coba di dalam dan luar ruangan.

Gambar yang memperlihatkan seseorang yang sedang melihat-lihat mobil Datsun Go Cross berwarna kuning

Ada pameran yang menawarkan test drive pada mobil

Tidak semua pameran mobil menawarkan uji coba kendaraan atau tidak semua kendaraan bisa di uji coba. Tapi jika test drive tersedia, jangan takut untuk mencobanya. Cobalah untuk mendapatkan sensasi mengendarai mobil yang ingin anda beli sebelum anda membelinya.

>>> Baca juga tips jual beli lainnya disini

5. Perhatikan bagian dalam dan sistem pameran

Bahkan jika anda tidak mendapatkan kesempatan untuk melakukan uji coba kendaraan, anda bisa masuk ke dalam kendaraan dan memeriksa bagian dalamnya. Duduklah di kursi depan dan belakang, perhatikan bagaimana kenyamanan duduk dan apa yang sesuai dengan yang anda inginkan dari sebuah mobil.

Gambar yang menunjukan beberapa orang sedang melihat ke dalam mobil Datsun Go Cross berwarna kuing

Jika tidak ada test drive, anda masih bisa melihat-lihat ke dalam mobil

Lihatlah tombol di panel instrumen. Perhatikan sistem keamanan dan keselamatan yang diberikan oleh mobil. Jelajahi teknologi baru. Pakar produk bisa memberi anda tutorial tentang berbagai topik, mulai dari menintegrasikan smartphone anda pada mobil dan memahami fitur-fitur yang diberikan oleh mobil.

Perhatikan beberapa saran untuk berbelanja di pameran mobil berikut ini

Jika anda sudah selesai menganalisa, anda bisa memikirkan akan membeli mobil apa pada pameran mobil tersebut. Pertimbangkan untuk membeli mobil di pameran mobil karena biasanya pameran mobil memberikan banyak potongan harga dan kemudahan lainnya bagi anda. Tertarik untuk membeli mobil?

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top