TIPS BELI MOBIL BEKAS: Honda Brio 1st Gen 2012-2017, Si Hatchback Kompak Yang Diganduringi Millenials

28/11/2018
Honda Brio begitu digandrungi oleh para millenials serta keluarga muda di Indonesia, apa yang menyebabkan ia begitu diminati?

Tampak Honda Brio Generasi Pertama Tahun 2012

Beginilah tampang awal Honda Brio yang memang target pasarnya anak muda (millenials) dan keluarga muda

Siapa tak kenal dia? Sosoknya khas dan saat melihat bokongnya akan langsung mengingatkan kepada Honda Civic Wonder yang sempat berjaya dan juga digandrungi gen baby boomers saat remajanya pada medio ‘80an. Honda Brio memang bukanlah reinkarnasi dari generasi Honda Civic yang begitu fenomena itul. Harga bekasnya pun jadi andalan para penjual mobil bekas. Inilah persembahan khusus dari Cintamobil.com, How To Buy: Honda Brio 1st Gen tahun produksi 2012 - 2017, si hatchback kompak yang digandrungi millenials dan keluarga muda di Indonesia.

>>> Ini pendapat kami mengenai All New Honda Brio Satya, mobil terbaik dikelasnya

Tampak buntut Honda Brio 2012 yang mirip dengan Honda Civic Wonder Tahun 1980-an

Bokong Honda Brio generasi pertama yang mirip dengan Honda Civic Wonder 3 pintu membuat ciri khas tersendiri

Ada beberapa alasan mengapa mobil ini begitu digandrungi baik oleh millennials maupun keluarga muda di Indonesia. Nomor satu sudah pasti merek Honda, yang menyajikan kualitas dan rasa berkendara fun to drive yang tak terbantahkan di setiap lini produk mereka. Dan yang paling utama, agak berbeda dengan rival terdekatnya berlogo triple elips (Toyota, red) yang juga sesama produk Jepang. Honda seolah menyajikan gengsi yang sedikit diatas musuh bebuyutannya tersebut. Terbukti dari penjualan Honda Brio Satya yang cukup jauh meninggalkan Toyota Agya apalagi Datsun Go+ Panca.

Tampak Honda Brio Amaze dengan format Sedan di India dan Thailand serta Malaysia

Di negara tetangga seperti India, Thailand, bahkan Malaysia, Honda Brio juga dijual dengan format sedan

Tidak sampai disitu saja, dalam kondisi bekas harga jual Honda Brio baik varian 1.3, Satya, maupun Road Sailing (RS) begitu bertahan, sampai-sampai membuat heran sekaligus pusing dua pihak yang berbeda. Pihak yang heran adalah pedagang, beberapa pedagang mobkas (mobil bekas) yang tim Cintamobil temui mengaku heran mengapa mobil Honda Brio ini begitu diminati, sehingga membuat harga bekasnya bertahan. Sementara pihak yang pusing adalah calon pembeli Honda Brio, rata-rata calon pembeli memusingkan harga jual bekasnya yang masih tinggi bila dibandingkan mobil lain.

>>> Mau mencari mobil Honda bekas? Temukan banyak sekali pilihannya disini

Tampak Iklan Honda Brio berwarna merah

Di negara lain pun, Honda Brio dijual dengan target pasar yang sama, yakni keluarga muda dan millenials

Lalu apa saja yang harus Anda perhatikan ketika ingin meminang Honda Brio generasi pertama ini? Simak terus segmen khusus How To Buy: Honda Brio 1st Gen tahun produksi 2012-2017, si hatchback kompak yang digandrungi millenials.

1. Bodi Dan Tipe

Tampak varian dan tipe Honda Brio generasi pertama

Honda Brio dijual dalam dua varian di Indonesia yakni RS yang masuk kelas city car dan Satya di kelas LCGC

Honda Brio lahir di bumi Indonesia pada tahun 2012, tepatnya pada bulan Agustus 2012. Saat itu kehadirannya bisa kami katakan tepat. Karena Dimensi kakaknya yakni Honda Jazz sudah membengkak. Dan pasar masih menginginkan mobil yang kompak, praktis, lagi bertenaga dan tiga patron tersebut akan ditemukan pada Honda Brio. Honda Brio pertama ini sangat baik dari sisi kacamata teknis Cintamobil.com karena bisa dibilang nyaris tanpa overhang, ditambah kaca belakang yang datar, mambuat aerodinamika dari Honda Brio generasi pertama ini sangat baik, bahkan saat hujan lebat sekalipun Anda enggak akan butuh wiper belakang, karena cipratan air ke kaca belakang minim.

>>> Luar biasa penjualan All New Honda Brio ditahun pertama, simak beritanya disini

Tampak sebuah Honda Brio tipe S bermesin 1300 cc dengan transmisi manual 5 percepatan

Desain Brio yang baik dari sisi aerodinamika, sebetulnya enggak memerlukan wiper belakang di kaca, tapi pasar menghendaki

Honda Brio yang diperkenalkan pertama kali ke publik Indonesia ini diimpor utuh dari Honda Thailand, dan menggunakan mesin 4 silinder berkode L13 i-VTEC berkapasitas bersih 1,339 cc serta mampu menelurkan tenaga 98 Hp pada 6000 rpm. Tak pelak, bodi imut dipadu bobot ringan serta mesin bertenaga membuat akselerasi maupun konsumsi bahan bakar dari Honda Brio model ini menjadi sangat baik. Bahkan karena performanya yang superiornya itu, tak jarang yang menggunakan Honda Brio untuk sekedar ‘aksi’ di lintasan balap liar seperti Asia Afrika, Senayan, Jakarta maupun trek resmi semacam sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

>>> Mau Honda Brio baru dengan harga super terjangkau? Lihat caranya disini

Balap Honda Brio Racing Challange di Sirkuit Sentul, Jawa Barat

Performa yang baik dari Honda Brio membuat mobil ini sering diandalkan diajang motorsport tanah air maupun balap liar

Ketika kebijakan LCGC (Low Cost Green Car) yang digodok oleh pemerintah Indonesia akan mobil hemat bahan bakar dan berharga terjangkau disahkan. Ternyata kelas LCGC ini juga memancing minat PT. Honda Prospect Motor untuk mengintip celah peluang. Kami ingat betul saat launching Honda Brio Satya tahun 2013 bulan yang sama yaitu Agustus, Honda Brio Satya hadir dengan menggunakan material bodi yang lebih ringan namun kekuatannya sama serta memasang jantung baru mesin 4 silinder L12 I-VTEC, salah satu tim riset dan pengembangan Honda bilang mereka yakin sekali Brio Satya akan merajai pasar LCGC. Dan terbukti, saat ini Honda Brio Satya berseliweran dijalan.

>>> Berikut ini adalah 10 keunggulan All New Honda Brio bila dibandingkan dengan Honda Brio lama, apa saja ya?

Tampak sebuah Honda Brio Satya Tahun 2016 Beerwarna Biru

Honda Brio Satya merupakan primadona saat itu bahkan hingga kini di kelas LCGC

Oh ya, Honda Brio RS hadir di Indonesia tepatnya pada bulan April saat gelaran Indonesia International Motor Show 2016. Tipe RS ini hadir di kelas City Car bukan kelas LCGC seperti saudaranya tipe Satya. Pada saat peluncuran Honda Brio RS ini pula Honda Brio tipe Satya mendapatkan penyegaran di bagian eksterior yang kini tampil lebih segar, dan bagian interiornya yang menggunakan dasbor serupa kakaknya yang juga satu platform yaitu Honda Mobilio maupun Honda BR-V.

>>> Tertarik dengan Honda Brio? Segera cek kelebihan dan kekurangannya disini

Tampak dua buah Honda Brio RS 2016 sedang siap-siap media test drive

Honda Brio RS masuk ke kalas yang lebih tinggi, yaitu city car dan juga menjadi jawara dikelasnya

2. Mesin, Transmisi, Dan Kaki-Kaki

Tampak sebuah mesin L13 i-VTEC yang terpasang pada Honda Brio keluaran awal

Mesin berkode L13 yang tersemat di Honda Brio generasi awal dengan teknologi katup variabel i-VTEC ini begitu digdaya performanya

Untuk sektor dapur pacu, baik unit bermesin L13 (1300 cc) yang hanya hadir tahun 2012, maupun bermesin L12 (1200 cc) tidak ada keluhan khusus. “Perhatikan saja riwayat servisnya, apakah pernah telat ganti oli atau tidak, lalu tune up-nya bagaimana, serta part apa saja yang sudah pernah diganti atau sudah waktunya untuk diganti, piara Honda enggak ribet kok,” ujar Hardy, punggawa bengkel Top Setup Kuztom Garage dibilangan Meruya, Jakarta Barat yang gape pegang mobil merek Honda dari mulai city car hingga sportscar macam S2000 ataupun CR-Z.

Tampak mesin Honda Brio RS dengan kode L12

Meski dari luar sama, namun mesin berkode L12 dengan teknologi katup variable i-VTEC ini lebih kecil 141 cc dari L13

Masih menurut pria ramah berkacamata ini untuk yang bertransmisi 5AT konvensional maupun CVT Honda juga menurutnya lumayan bandel asalkan pergantian oli transmisinya teratur dan tidak salah isi spek oli, “harus pakai oli khusus transmisi CVT ya, jangan salah,” paparnya. Untuk kaki-kaki ada beberapa pengguna Honda Brio yang mengeluhkan kaki-kaki Honda Brio-nya bunyi di bagian depan. Nah untuk kasus tersebut yang harus jadi perhatikan adalah ball joint, dan lower arm, biasanya mobil dengan penggerak depan dua part tersebut akan cepat aus apabila pemilik sebelumnya menggunakan mobil dengan kasar.

>>> Tips jual beli mobil paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Tampak kaki-kaki depan Honda Brio

Ball joint patut jadi perhatian ketika ingin meminang Honda Brio, namun jangan khawatir part tersedia dan harganya terjangkau

3. Pajak, Rentang Harga, Dan Biaya Perawatan

Tampak sebuah Honda Brio diservis

Ingin jaminan kualitas servis? Pastikan Honda Brio incaran Anda selalu servis di bengkel resmi

Jika mobil yang Anda incar sudah lepas masa garansi, maka Anda perlu mempertimbangkan biaya jasa servis di bengkel resmi. Meskipun terjamin, namun tidak sedikit yang mengeluhkan biaya jasa di bengkel authorized tersebut mahal. Solusinya Anda bisa mendatangi bengkel umum atau ahli Honda macam Top Setup Kuztom Garage dan bisa langsung kontak ke 0816-1717-2221. Yang jelas sepengalaman Cintamobil.com biaya perawatan Honda memang agak sedikit tinggi bila dibandingkan dengan Toyota, namun untuk urusan spare part Anda enggak perlu pusing.

>>> Ternyata tiga bagian ini sangat penting bagi aerodinamika All New Honda Brio

Tampak sebuah Honda Brio 2012 berwarna putih

Tenang saja, memelihara Honda Brio tidak sulit dan menyenangkan

Bagaimana dengan rentang harga? Untuk Honda Brio keluaran pertama tahun 2012 yang masih menggendong mesin 1300 cc kisaran harganya antara Rp 98 juta hingga Rp 123 juta tergantung kondisi. Lebih lengkapnya Anda bisa langsung cek disini, Begitupun untuk Honda Brio Satya produksi tahun 2013 hingga 2016 yang Anda bisa langung lihat unitnya disini. Kalau Anda lebih tertarik dengan tipe RS, Anda juga bisa langsung cek juga disini. Kami sajikan lengkap karena Cintamobil.com adalah marketplace nomor satu di Indonesia. Untuk pajak, dibawah Rp 2,5 juta untuk kepemilikan mobil pertama (non progresif).

Tampak Honda Brio Satya 2016 berwarna silver

Kombinasi pajak tahunan terjangkau, biaya kepemilikan rendah, irit dan fun to drive membuat Honda Brio diminati

4. Kesimpulan

Tampak sebuah Honda Brio Satya 2016 berwarna biru

Honda Brio Satya 2016 CVT adalah varian yang paling Cintamobil.com rekomendasikan untuk Anda

So, which one you should choose? Dengan budget Rp 100 jutaan memang paling pas Anda mencari Honda Brio yang masih bermesin 1300 cc. Selain tenaganya yang extraordinary, juga digadang-gadang kualitas buatannya juga lebih oke karena masih datang utuh dengan format CBU. Namun, bagi Anda yang lebih mementingkan logika, dan enggak mau ribet dengan biaya perawatan serta ganti parts ini serta itu maka tambah-lah dana Anda jadi 130 jutaan, Anda bisa membawa pulang Honda Brio Satya bahkan RS yang merupakan top of the line Honda Brio. Honda Brio enggak akan membuat Anda menyesal.

>>> Baca juga tips dan trik mobil lainnya disini

Arfian Alamsyah

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0