Tips Beli Mobil Bekas di Showroom, Wajib Teliti Jika Tak Mau Rugi

25/04/2019
Keuntungan beli mobil bekas di showroom adalah Anda akan mendapat pilihan lebih beragam dalam satu lokasi. Namun tentunya ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika Anda hendak memutuskan membeli mobil bekas yang ada di showroom mobil bekas.

Membeli mobil bekas memang bisa dilakukan dari mana saja, mulai dari teman atau keluarga, dari iklan online, atau hunting ke berbagai showroom mobil bekas. Kali ini kami akan membahas apa saja yang perlu diperhatikan saat beli mobil bekas di showroom mobil bekas.

Selain diler-diler mobil baru, tentu saja disetiap daerah terdapat showroom mobil bekas. Berbeda dengan diler mobil baru yang hanya menjual satu merek mobil, maka showroom mobil bekas menjual beragam merek mobil bekas.

>>> Langkah-Langkah Sederhana Membeli Mobil Bekas

Beberapa keuntungan beli mobil bekas di showroom antara lain Anda akan mendapat pilihan lebih beragam dalam satu lokasi daripada harus mencari mobil bekas milik pribadi dengan lokasi terpisah antara satu mobil dengan mobil lainnya.

Tetapi tentunya ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika hendak membeli mobil bekas dari showroom. Cintamobil pun akan memberikan 5 poin penting yang wajib Anda ketahui saat datang ke showroom mobil bekas.

1. Cari Informasi Sebanyak-banyaknya

cari info tentang mobil di Internet

Gali informasi tentang mobil yang Anda butuhkan

Sebelum memutuskan untuk beli mobil bekas di showroom, sebaiknya cari informasi sebanyak-banyaknya tentang mobil apa yang sebenarnya Anda butuhkan. Pencarian bisa dilakukan dengan memilah berdasarkan harga, jenis mobil, merek mobil, hingga warnanya.

>>> Cara Mudah Pilih Mobil Idaman

Ini akan menjadi bekal Anda untuk menentukan mobil apa yang akan diincar saat datang ke showroom mobil bekas. Selain itu cari juga informasi sebanyak-banyaknya tentang showroom mobil bekas yang akan Anda datangi. Apakah showroom tersebut terpercaya atau tidak. Informasi seperti ini dengan mudah Anda dapatkan melalui media-media online.

2. Jangan Tergoda Harga Murah

banyak mobil dengan harga murah di showroom mobil bekas

Harga murah maka pertanyakan kualitas mobilnya

Saat membeli sesuatu tentu Anda ingin mendapatkan harga termurah, termasuk ketika beli mobil bekas. Namun jangan mudah tergoda showroom yang menawarkan promo-promo harga super murah. Biasanya hal tersebut dilakukan sebagai iming-iming supaya calon pembeli datang ke showroom.

>>> Tips dan trik untuk jual beli mobil anda bisa dilihat disini

Sebaiknya cari tahu dulu kebenaran promo tersebut serta syarat dan ketentuan untuk bisa menikmati promo yang diberikan. terkadang harga mobil bekas yang terlalu murah mengindikasikan mobil tersebut memiliki kualitas yang buruk. Jangan sampai Anda tergiur untuk membeli namun pada akhirnya Anda harus mengeluarkan banyak dana untuk perbaikan.

3. Tanyakan Service Record

buku servis mobil

Buku servis penting untuk dicek

Sama seperti tips membeli mobil bekas yang lain, sebaiknya tanyakan tentang riwayat perawatan kendaraan yang Anda incar kepada pihak showroom. Adakah service record dari bengkel resmi atau bengkel spesialis mobil tersebut yang bisa ditunjukkan kepada Anda.

Dengan service record ini Anda akan mengetahui komponen apa saja yang sudah mengalami perbaikan dan penggantian. Yang pada akhirnya hal tersebut akan menjadi perhitungan biaya perawatan Anda ketika membeli mobil tersebut.

4. Cek Kelengkapan Surat

Surat Tanda Nomor Kendaraan dan buku pemilik kendaraan bermotor

Cocokkan nomor rangkan dan nomor mesin di STNK serta BPKB

Mintalah surat-surat penting mobil seperti BPKB dan STNK untuk Anda cek keasliannya. Setelah itu, cocokkan pula nomor rangka serta nomor mesin mobil yang tertera pada kendaraan dengan dokumen asli tersebut.

Jangan lupa juga perhatikan kapan pajak habis pada lembar pajak yang biasanya ada di balik STNK. Jika pajak sudah hampir habis, Anda bisa minta keringanan harga mobil incaran Anda.

>>> Tertarik untuk membeli Toyota Avanza? Simak harga lengkapnya di sini

5. Periksa Kolong Mobil

kolong mobil

Pastikan kolong mobil tak ada bekas tetesan oli

Mobil bekas di showroom biasnaya diletakkan pada ruangan tertutup beralaskan lantai keramik. Sebelum memutuskan untuk membelinya, sebaiknya Anda lakukan tes menghidupkan mesin dan AC. Kemudian coba tengok bagian kolong mobil, apakah ada tetesan oli atau air AC yang tidak normal dari kolong mobil. Jika melihat ada bekas noda oli di lantai showroom, tanyakan juga kepada penjual apakah itu bekas tetesan oli dari mobil tersbeut.

>>> Sebelum Membeli Mobil Bekas, Jangan Lupa Cek 5 Hal Ini

Selanjutnya periksa pula secara manual kondisi mesin. Apakah ada bagian mesin yang memiliki rembesan oli. Biasanya mobil bekas yang dijual di showroom memiliki ruang mesin yang telah lebih dulu dibersihkan. Karena itu Anda wajib lebih teliti ketika memeriksa bagian ini. Jika perlu bawa senter kecil untuk mengecek sudut-sudut mesin yang tidak cukup jelas terlihat.

6. Bawa ke Luar Showroom

dua orang sedang cek mobil hatchback berwarna putih

Lakukan cek ulang di luar showroom

Saat hendak memutuskan untuk beli mobil bekas di showroom, sebaiknya Anda meminta agar mobil dikeluarkan dari showroom. Sebelum Anda melakukan tes jalan, lakukan kembali pengecekan ulang fisik mobil. Mulai dari bagian eksterior apakah ada bekas cat yang tidak sama warnanya, kemudian apakah ada bagian interior yang rusak atau robek, hingga bagian mesin.

Biasanya dengan bantuan cahaya matahari, fisik mobil akan jauh lebih terlihat jelas, terutama jika ada bagian eksterior yang sudah mengalami perbaikan. Setelah dicek secara menyeluruh, baru Anda bisa lakukan tes jalan untuk memastikan semua fitur dan sistem mekanis mobil bekerja.

>>> Tips dan trik lainnya bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
8

berita lain