Tidak Hanya Sedan, Ini 6 Pilihan Mobil Bekas Bergaya Pejabat Negara

03/11/2018
Mempunyai mobil bekas tidak selalu terlihat usang atau tidak mewah. Bila Anda membeli mobil-mobil yang pernah dipakai pejabat negara, tentu sisi mewah akan terlihat karena mempunyai catatan sejarah yang baik.

Seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan mobil pendukung mobilitas para pejabat pemerintahan identik dengan citra mewah dan eksklusif. Tak diragukan mobil dengan kualitas istimewa pun dipilih untuk menunjang kinerja mereka lebih optimal. Salah satu aspek yang melekat pada mobil dinas kenegaraan adalah aspek kenyamanan ekstra. Namun, untuk beberapa pejabat pun tak segan memilih jenis kendaraan SUV sebagai mobil operasional. Citra gagah dan tangguh adalah tawaran yang sulit ditolak.

>>> Mungkin Anda tertarik: 6 Pilihan Mobil Bekas Ini Punya Harga Stabil Dan Depresiasi Rendah

Jika Anda terobsesi dengan itu, Anda pun bisa merasakannya. Tentu maksud kami merasakan mobil yang digunakan. Menariknya, itu bisa diraih dengan harga yang terjangkau karena kebanyakan dari mobil tersebut sudah ada di pasar mobil bekas. Meski tak lagi baru, jika Anda mendapatkannya di kondisi terbaik tentu menjadi kepuasan tersendiri. Bila kami boleh menyarankan, baiknya Anda memilih warna hitam sebagai opsi. Pastinya demi citra sebagai mobil kepemerintahan kian terpancar.


1. Mercedes-Benz S 500 L (2014) Rp 2 miliaran – Rp 2,5 miliaran

Sedan mewah dari Jerman Mercedes-Benz S 500 L

Sedan mewah Mercedes-Benz S 500 L pernah dipakai oleh Presiden Republik Indonesia dan masih dipakai tipe ini hingga saat ini

Bagi Anda yang mendambakan sebuah kenyamanan sejati layaknya kebanyakan kepala negara baiknya jangan lewatkan Mercedes-Benz S 500 L. Dari sisi teknis ia memiliki bantingan yang sangat lembut. Di dalam kabin Anda akan begitu dimanjakan, terutama ketika Anda duduk di bangku belakang. Dengan ruang kaki lapang, suasana kabin yang tenang, dan diperlengkap oleh perangkat hiburan sudah pasti membuat posisi duduk Anda rileks. Namun, bila Anda ingin sekadar menikmati kemudi setir sedan besar Mercy ini, ia mudah dikemudikan. Mercedes-Benz S 500 L memiliki visilibitas luas serta stabilitas mumpuni. Soal performa, mesin V8 berkapasitas 4.663 cc dengan tenaga 435 dk adalah tenaga yang besar dan menggoda untuk dipacu kencang. Namun, di lain sisi kapasitas mesin besar menuntut asupan BBM lebih.

>>> Mungkin Anda tertarik: Berdimensi Compact Dan Tangguh, Inilah Pilihan Mobil Bekas Medium SUV Terbaik di Listing Cintamobil.com

2. Mitsubishi Pajero Sport Dakar (2013-2015) Rp 280 jutaan – Rp 350 jutaan

Mitsubishi Pajero Sport juga diminati oleh pejabat negara

Tidak hanya sedan, pejabat negara juga suka dengan mobil gagah seperti Mitsubishi Pajero Sport

Di pasar mobil bekas, Mitsubishi Pajero Sport merupakan salah satu Big SUV yang banyak diburu konsumen. Beberapa aparat kenegaraan tak segan menjatuhkan pilihannya pada Pajero Sport. Ground clearance tinggi membuatnya terlihat gagah. Namun tak hanya sebatas itu, hal tersebut juga berimbas positif pada daya jelajahnya. Apalagi kontur jalan Indonesia yang sering menantang di kala musim hujan. Mesin diesel berkapasitas 2.477 cc 4 silinder yang telah menggunakan teknologi turbodiesel mampu mengeluarkan tenaga 178 dk. Sudah cukup baik untuk dalam kota maupun luar kota. Perlu diakui desain terbaru memang menggoda dan tampak modern. Jika bukan masalah, generasi ini pun masih terlihat macho. Sesuai postur tubuhnya yang besar, kabinnya pun lapang. Head unit sudah mengadopsi layar sentuh lengkap dengan fitur navigasi.


3. Toyota Crown Royal Saloon (2009-2011) Rp 450 jutaan – Rp 550 jutaan

Mobil Toyota Crown Royal Saloon dengan logo mahkota

Salah satu mobil yang sempat dipakai untuk keperluan dinas para menteri

Toyota Crown adalah salah satu mobil yang sempat dipakai untuk keperluan dinas para menteri. Tepatnya pada masa Kabinet Indonesia Bersatu II (2009-2014). Dari sisi eksterior ia terlihat elegan dan berkelas yang terciri dari emblem mahkota pada grilnya. Di dalam kabin pun aura mewah terasa kuat berkat pilihan warna two-tone. Soal kenyamanan, sedan yang didatangkan langsung dari Jepang memiliki kualitas bantingan yang lembut. Hanya saja, ketika Anda ingin meminangnya rasanya Anda harus berpikir ulang karena beberapa pengaturan seperti perangkat hiburan masih memakai huruf Kanji. Namun bila itu bukan masalah, citra Toyota yang kuat dan jaringan servis luas memudahkan untuk melakukan perawatan berkala.

>>> Tips dan trik untuk jual beli mobil anda bisa dilihat disini

4. 
Hyundai Sonata 2.4 (2011) Rp 200 jutaan

Sedan Hyundai Sonata 2.4 asal korea selatan

Sedan asal Korea Selatan ini pernah dipakai oleh pejabat negara

Tidak hanya dari pabrikan Jepang, pabrikan Korea Selatan juga memiliki mobil yang pernah dipakai pejabat negara. Hyundai Sonata memiliki garis desain yang mengacu pada mobil-mobil Eropa. Mewah, elegan dan progresif. Di samping memiliki legroom baris kedua yang lega, bagasinya pun sanggup menampung barang bawaan seukuran golf bag. Untuk performa mesin, mobil ini pun termasuk baik. Mesin berkapasitas 2.359 cc 4 silinder mampu mengeluarkan tenaga maksimum 178 dk dan sudah cukup untuk sebuah sedan.Hadirnya tuas paddle-shift di balik kemudi setir membuat rasa berkendara lebih mengasyikkan jika sedang tidak disupiri. Hanya saja selain terkendala citra mobil Korea yang belum kuat, resale value Sonata terdepresiasi tinggi. Namun, jika itu bukan persoalan, ini justru menjadi alternatif menarik dari sisi harga yang lebih ekonomis.


5. Toyota Camry V 2.5 (2013-2015) Rp 220 jutaan – Rp 420 jutaan

Salah satu sedan Toyota Camry V 2.5 yang pernah dipakai pejabat negara

Tidak selalu sedan mahal dan mewah, Toyota Camry juga pernah dipakai oleh beberapa pejabat negara

Terlepas nama Toyota Camry yang lekat akan citra mobil dinas negara. Ia adalah salah satu sedan mewah yang banyak diburu pasar. Di generasi ini dengan mempertahankan jati dirinya sebagai mobil nyaman, ia juga terlihat sporti. Sehingga tidak sedikit eksekutif muda tertarik untuk meminangnya. Ruang kaki yang lapang sampai baris kedua mampu membuat posisi duduk Anda lebih santai saat berkendara. Toyota membenamkan mesin 2AR-FE 2.494 cc yang mampu melontarkan tenaga lebih besar 14 dk dibanding pendahulunya yang bermesin 2AZ-FE 2.362 cc. Urusan fitur, Toyota Camry termasuk lengkap, seperti cruise control, AC dual zone dan climate control, serta sistem navigasi, keyless entry hingga pengaturan jok elektrik sudah menjadi kelengkapan standar. Hanya saja untuk bantingannya terasa lebih rigid demi menghasilkan pengendalian yang lebih baik.

>>> Baca juga: Bukan Hanya Odometer, Inilah Tips Memeriksa Usia Dan Kondisi Pakai Mobil Bekas

6. 
Toyota Land Cruiser (2012-2013) Rp 1,1 miliaran – Rp 1,3 miliaran

SUV Toyota Land Cruiser  satu ini juga pernah dipakai Gubernur

Pejabat negara seperti gubernur juga menggunakan Toyota Land Cruiser sebagai mobil dinasnya

Postur tubuhnya yang besar membuat Toyota Land Cruiser terlihat gagah tapi juga berkarakter. Dimensinya yang besar berimbas pada kabin yang lapang untuk ditempati. Bantingan suspensi terasa empuk, mampu bekerja baik dalam meredam goncangan. Sayang, Land Cruiser 200 versi APM fiturnya tidak selengkap yang didatangkan oleh Importir Umum. Namun, hal tersebut tidak mempengaruhi ketangguhannya berjalan di medan off-road. Ia tetap dilengkapi penggerak empat roda dengan pembagian traksi yang sangat mumpuni. Kemudian jaringan Toyota yang luas menjadi keuntungan soal perawatan. Satu yang diakui oleh banyak penggemar mobil, Land Cruiser adalah mobil dengan durabilitas sangat tinggi.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Mahmudi Restyanto

Ulasan anda

berita lain