Tesla Model 3 Racikan Manhart Buktikan Mobil Listrik Bisa Dimodifikasi

07/09/2021

Jual beli

3 menit

Tuner asal Jerman, Manhart membuktikan bahwa mobil listrik juga bisa dimodifikasi melalui Tesla Model 3. Tak hanya kosmetik, performa pun ikut ditingkatkan.

Nama Manhart dikenal melalui modifikasi BMW atau Mini mereka. Terkadang, tuner asal Jerman ini juga melakukan modifikasi terhadap Audi, Porsche, bahkan sebuah Toyota. Namun, mereka belum pernah mencoba untuk memodifikasi sebuah mobil listrik.

Merasa tertantang, kali ini Manhart melebarkan portofolio modifikasi mereka dengan 'mendandani' mobil listrik Tesla Model 3. Mobil listrik memang kerap dikritik oleh para petrolhead garis keras karena dianggap tidak memiliki potensi untuk dimodifikasi atau personalisasi.

Gambar Manhart Tesla Model 3

Manhart membuktikan bahwa mobil listrik juga bisa dimodifikasi agar tampil beda dan lebih menyenangkan.

>>> Modifikasi BMW M5 CS ala Manhart, Tampil Agresif dengan 777 HP

Tak Hanya Ubahan Kosmetik

Bukan Manhart namanya jika ubahan yang dilakukan hanya terbatas pada kosmetik. Model 3 mendapat paket lengkap untuk meningkatkan visual dan performa mobil.

Dari sisi kosmetik, perubahan paling kentara terlihat pada bagian fascia depan dengan penggunaan decal di yang menyerupai grille dengan motif honeycomb. Tak hanya itu, bagian kap depan, samping mobil, dan bagasi mendapat sentuhan livery racing stripe berwarna abu-abu dengan aksen merah.

Gambar Manhart TM3 720

Penggunaan decal dan body kit simpel sudah bisa membawa nuansa yang berbeda pada Model 3

Mobil ini juga dibekali dengan body kit sporty nan simpel yang membuat mata awam tak melihat perubahan pada Model 3 ini. Tak ketinggalan, velg bawaan Tesla juga dipensiunkan untuk memberi ruang pada velg Baracuda berukuran 21 inci dengan warna platinum grey.

Agar makin sempurna, Model 3 ini dibuat lebih rendah melalui penggunaan sport springs kit lansiran H&R yang ikut meningkatkan kemampuan mobil dalam bermanuver.

>>> Manhart Hadirkan Paket Modifikasi BMW M2 CS Super Ekstrem

Peningkatan Tenaga 37 HP

Manhart juga meracik modul MHtronik Powerbox untuk mengirim sinyal pada ECU agar bisa menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar. Hasilnya, motor listrik Model 3 ini sanggup menyalurkan tenaga 543 HP dengan torsi 720 Nm. Peningkatan 37 HP dan 60 Nm dari standar bawaan pabrik.

Gambar Manhart TM3 720

Tenaga besar dan kaki-kaki lebih sporty, Model 3 racikan Manhart menjanjikan pengendaraan yang lebih sporty

Secara keseluruhan, mobil modifikasi yang dinamakan TM3 720 (dari torsinya) ini menghadirkan sensasi berkendara yang lebih sporty dibanding Model 3 standar yang cenderung utilitarian.

Mereka membanderol mobil ini dengan harga €74,900 atau setara Rp 1,26 miliar untuk pasar Eropa. Lebih mahal sekitar Rp 300 juta dari versi standar Tesla Model 3.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top