Tak Punya Dana Cash? Beli Mobil dengan Memilih Kredit Mobil Terbaik

10/05/2018

Jual beli
Share this post:
Tak Punya Dana Cash? Beli Mobil dengan Memilih Kredit Mobil Terbaik
Beberapa konsumen akan menghabiskan hari-hari mereka untuk mencari harga terandah dari mobil yang dijual. Tapi, banyak konsumen atau calon konsumen yang lalai berbelanja untuk memilih kredit mobil terbaik.

Pembeli mobil yang tidak memiliki pembiayaan yang cukup ketika mengunjungi diler rentan untuk membeli apa yang ditawarkan oleh diler, yang mungkin memiliki tingkat bunga yang jauh lebih tinggi daripada yang bisa mereka dapatkan di tempat lain. Memilih kredit mobil terbaik merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membeli mobil meskipun tanpa membayar langsung.

Merupakan sebuah kesalahan yang dilakukan oleh calon pembeli untuk langsung membeli mobil dengan kredit atau pinjaman tanpa memeriksa penawaran-penawaran yang diberikan oleh diler lain. Diler sering menaikan suku bunga pinjaman dari yang benar-benar layak dibeli pembeli. Karena itu, banyak pembeli yang menghabiskan banyak dana selama jangka waktu peminjaman.

Gambar yang menunjukan mobil berwarna putih yang sedang diikat dengan pita berwarna merah

Menggunakan kredit sah-sah saja jika Anda tahu caranya

Pada akhirnya, jika Anda mencari pinjaman atau kredit mobil. Anda harus menyeimbangkan biayanya dengan pembayaran per bulan yang Anda mampu. Tapi fokus pada pembayaran bulanan dapat meningkatkan peluang Anda akan berakhir dengan transaksi yang merugikan. Jadilah pintar dan tentukan harga yang bisa Anda bayar sebelum menetapkan pilihan pada kendaraan impian Anda.

Perhatikan Total Biaya Kredit

Ketika membandingkan total biaya untuk kredit mobil, angka yang harus difokuskan adalah tingkat presentase tahunan. Persentase yang lebih rendah dapat menghasilkan penghematan jangka panjang yang signifikan. Contohnya, jika pinjaman tiga tahun sebesar Rp. 200 Juta dengan suku bunga pertahun sebesar 5%, maka Anda akan menghemat sebesar Rp. 4 sampai 5 Juta dibandingkan dengan pinjaman yang sama tapi dengan suku bunga tahunan 7%.

>>> Baca juga 8 kesalahan dalam memilih asuransi untuk mobil Anda

Pertimbangkan Jangka Waktu Kredit

Pertimbangan utama lainnya adalah lamanya pinjaman yang datang secara signifikan mempengaruhi pembayaran bulanan Anda dan total biaya pembiayaan Anda. Jangka waktu yang lebih pendek berarti pembayaran bulanan yang lebih tinggi, tapi lebih sedikit uang yang akan dibayarkan secara keseluruhan. Cobalah untuk menjaga jangka waktu pinjaman sesingkat yang Anda mampu.

Gambar yang menunjukan mobil mainan berwarna merah yang berada ditangan

Pertimbangkan jangka waktu kredit mobil Anda

Melihat algoritma pembiayaan kredit, biaya untuk kredit tiga tahun lebih rendah daripada pinjaman lima tahun. Misalnya ketika Anda meminjam Rp. 200 Juta dengan bunga pertahun sebesar 6.5% dengan masa waktu 36 bulan, pembayaran bulanan Anda adalah sekitar Rp. 6 Juta per bulan dengan total bunga sebesar Rp. 39 Juta.

>>> Baca juga tips jual beli lainnya disini

Namun juga Anda memperpanjang jangka waktu pembayaran, menjadi 5 tahun atau 60 bulan, Anda bisa menurunkan biaya pembayaran bulanan menjadi Rp. 3.5 Juta tapi dengan tambahan bunga yang harus Anda bayar menjadi Rp. 65 Juta, meningkat Rp. 26 Juta. Belum lagi memperhitungkan bahwa biaya pinjaman yang lebih lama sering mempunyai suku bunga yang lebih tinggi.

Pinjaman jangka panjang otomatis juga akan memperpanjang waktu Anda untuk membangun ekuitas dalam kendaraan. Misalnya, dengan kredit 60 bulan, mungkin diperlukan waktu 18 bulan pembayaran atau lebih lama sebelum mobil bernilai lebih dari yang Anda miliki.

Gambar yang memperlihatkan mobil dengan tulisan garansi tahun pada gedung

Waktu yang lebih lama membuat Anda membayar lebih banyak

Hal ini berarti bahwa jika Anda ingin menukar atau menjual mobil lebih awal, harga yang Anda dapatkan tidak akan menutupi jumlah hutang Anda. Hal yang sama berlaku jika Anda mengalmi kecurian atau kecelakaan, pembayaran asuransi Anda mungkin tidak akan cukup untuk melunasi sisa pinjaman Anda ditambah dengan penggantian mobil Anda.

Pinjaman yang lebih pendek akan mengurangi jumlah waktu Anda. Misalnya dengan pinjaman selama tiga tahun, Anda dapat membangun ekuitas jutaan rupiah untuk kendaraan Anda pada akhir tahun pertama.

Terakhir, untuk memilih kredit mobil terbaik, Anda bisa melakukan pembayaran uang muka yang signifikan. Kami menyarankan Anda memiliki pembayaran trade-in atau uang muka minimal 15% dari total biaya ketika membeli kendaraan baru. dengan itu, Anda memiliki lebih sedikit tanggung jawab untuk pelunasan kredit mobil Anda.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:
 
back to top