Tahun Baru Mobil Baru? Kenali Dulu 12 Istilah dalam Pembelian Mobil Berikut Ini

02/02/2019

Jual beli
Share this post:
Tahun Baru Mobil Baru? Kenali Dulu 12 Istilah dalam Pembelian Mobil Berikut Ini
Tahun baru identik dengan semua peralatan serba baru. Termasuk mobil baru. Nah, jika Anda ingin membeli mobil baru, Anda perlu mengetahui istilah dalam pembelian mobil agar lebih mudah mengatur keuangan dalam membeli mobil idaman Anda.

Bagi Anda yang ingin membeli mobil pertama kali, tentu tidak semuanya mengenal lebih jauh tentang istilah-istilah dalam pembelian mobil. Misalnya perbedaan Down Payment (DP) dan Total Down Payment (TDP), bahkan lebih banyak lagi. Karena itu, Cintamobil.com akan mengurai beberapa istilah dalam pembelian mobil yang patut Anda ketahui sebelum mengeluarkan sejumlah besar uang untuk membawa pulang mobil impian Anda.

1. All-Risk Comprehensive

Dikenal juga dengan Asuransi Comprehensive, ini adalah jenis asuransi yang akan mengganti semua kerusakan yang terjadi pada kendaraan. Tentu saja jenis kerusakan akan dijelaskan lebih lanjut oleh pihak asuransi. Karena itu, untuk memilih jenis asuransi ini juga perlu pertimbangan lebih lanjut. Bisa dibilang, nilai asuransi comprehensive berkisar antara 1.5% hingga 3% per tahun dari harga On the Road kendaraan.

kertas berwarna putih dengan mobil mainan berwarna merah

Kenali dulu asuransi yang ingin Anda pakai untuk mobil Anda

2. Angsuran Dibayar Di Muka (ADDM)

Angsuran atau cicilan merupakan sejumlah uang yang harus dibayarkan setiap bulan jika Anda membayar mobil dengan sistem kredit. Sedangkan ADDM berarti angsuran pertama langsung dibayar bersamaan dengan uang muka. Dengan begitu, tenor pinjaman Anda akan dikurangi satu bulan.

3. Angsuran Dibayar Di Belakang (ADDB)

Berkebalikan dengan ADDM, sistem ADDB mengharuskan Anda membayar angsuran pada saat atau sebelum tanggal jatuh tempo. Hal ini mengindikasikan pembayaran tenor akan dilakukan sebagaimana mestinya, tanpa ada pengurangan.

>>> Beli Asuransi Semakin Gampang, Cukup “Ngobrol” Sama Garxia

4. Biaya Fidusia

Biaya Fidusia merupakan sejumlah biaya yang dibayarkan untuk menjamin benda yang diajukan kreditnya merupakan milik debitur secara sah, meskipun status benda tersebut masih kredit dengan BPKB kendaraan biasanya dijadikan agunan Biaya ini umumnya dibayar 2 kali, pada masa awal dan akhir kredit. Tidak hanya kendaraan bermotor, biaya fidusia juga dikenakan untuk jaminan benda lainnya, dengan harga paling rendah Rp 50.000 untuk benda dengan harga di bawah Rp 50 juta, serta Rp Rp. 12.800.000 untuk benda di atas Rp 1 Triliun.

sales sedang menerangkan pembelian mobil kepada pengemudi

Untuk membeli mobil, perhatikan semua biaya tambahan yang akan Anda bayar

5. Booking Fee

Mungkin Anda tidak hanya mengenal istilah ini ketika membeli kendaraan, tetapi juga dalam kondisi lainnya. Tidak ada yang berubah, booking fee merupakan sejumlah uang yang harus Anda bayarkan sebagai tanda bahwa Anda serius ingin memesan – atau disebut juga dengan inden – sebuah kendaraan bermotor.

6. Debitur dan Kreditur

Debitur merupakan perseorangan atau badan usaha yang mengajukan fasilitas pinjaman, sedangkan kreditur merupakan badan atau perseorangan yang memberikan pinjaman atau kredit. Bagi Anda yang membeli mobil dengan cara kredit, Anda merupakan debitur serta pihak bank akan menjadi pemberi pinjaman.

>>> Mau Aman Membeli Mobil Bekas Secara Online, Perhatikan 4 Tips Berikut!

7. Harga On the Road

Banyak produsen yang memberikan harga On the Road dalam selebaran maupun iklan yang ditawarkan. Sedangkan harga On the Road sendiri adalah harga beli kendaraan setelah ditambahkan dengan seluruh pajak serta pembiayaan dokumen lainnya, misalnya STNK dan BPKB. Disingkat juga dengan harga OTR, inilah harga keseluruhan yang akan Anda bayarkan untuk membawa pulang kendaraan tersebut.

BPKB dan STNK kendaraan bermotor di Indonesia

Biaya BPKB dan STNK sudah termasuk dalam biaya On the Road

8. Harga Off the Road

Mungkin inilah yang patut Anda perhatikan. Jangan terkecoh hanya dengan perbedaan On dan Off, tetapi kedua harga ini jelas-jelas berbeda. Untuk harga Off the Road, Anda harus membayar banyak biaya lainnya, karena harga ini hanya mencakup pembelian mobil saja. Jadi Anda harus menambah untuk pembayaran biaya dokumen, seperti BPKB dan STNK.

>>> Ingin membeli mobil baru? Lihat dulu daftarnya di sini

9. Inden

Bagi mobil yang memiliki popularitas tinggi seringkali mengalami inden. Inden adalah saat dimana proses pembelian tidak bisa langsung dilakukan karena sang pembeli harus menunggu proses produksi kendaraan tersebut. Untuk lebih mudahnya, mobil yang Anda pesan tidak ready serta Anda harus mengantri agar bisa mendapatkan mobil tersebut.

pekerja yang sedang merakit Mitsubishi Xpander

Xpander salah satu kendaraan dengan masa inden yang lama beberapa waktu belakangan

10. Plafon

Plafon berhubungan dengan uang yang akan Anda bayarkan. Plafon merupakan jumlah kredit yang sudah disepakati oleh kedua belakang pihak, yaitu debitur dan kreditur. Plafon bisanya sudah ditambahkan dengan biaya serta bunga yang dikenakan oleh bank. Sedangkan nilai plafon seringkali diambil dari selisih harga On The Road dan harga uang muka yang sudah Anda bayarkan.

>>> Tips dan trik untuk jual beli mobil anda bisa dilihat disini

11. Surat Pemesanan Kendaraan (SPK)

Dokumen ini juga disebut dengan Surat Pemesanan Mobil (SPM) yang dibuat setelah proses pembelian disepakati. Surat ini akan mencakup informasi pemilik yang sudah tertera di BPKB dan STNK, misalnya detail tipe dan warna mobil, hingga harga yang sudah disetujui. SPK dibutuhkan untuk proses pembayaran dan penyerahan kendaraan.

ilustrasi Surat Pemesanan Kendaraan berwarna putih dengan ballpoint

Surat Pemesanan Kendaraan mencakup informasi tentang mobil Anda

12. Tenor

Ada yang namanya tenor 24 bulan atau tenor 36 bulan. Umumnya menggunakan bilangan bulan atau tahun, tenor sendiri merupakan jangka waktu pelunasan kredit yang sudah diberikan. Seperti biasanya, tenor yang lebih lama akan membuat Anda membayar bunga yang lebih banyak. Karena itu, pilih tenor yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda.

>>> Tips dan trik otomotif paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Ingin Membeli Mobil Baru, Pahami Dulu Perbedaan DP dan TDP

17/01/2019

Jual beli

6 menit

Sebagian besar dari kita hanya mengetahui DP yang dibayarkan ketika membeli mobil dengan sistem cicilan. Namun ternyata masih ada TDP. Lalu, apa sebenarnya perbedaan DP dan TDP?

Lihat juga

Apa yang Harus Dipertimbangkan Ketika Membeli Mobil Bekas Rental?

27/08/2018

Jual beli

Meski bekas, namun bila seseorang pintar memilihnya, maka bisa mendapatkan mobil bekas dengan kualitas dan performa mesin prima yang tidak kalah dengan mobil baru. Mobil bekas rental juga bisa menjadi pilihan dengan beberapa pertimbangan juga tentunya.

Lihat juga

Hilangkan Kecemasan dengan Membeli Mobil Bekas Bergaransi

16/08/2018

Jual beli

Meskipun banyak yang tidak tahu, namun membeli mobil bekas bergaransi bukan tidak mungkin dilakukan. Meskipun bukan garansi resmi dari produsen, garansi penjual cukup untuk memastikan kendaraan berada dalam kondisi prima.

Lihat juga

Tidak Bisa Sembarangan, Ternyata Ada Batas Usia Mobil untuk Asuransi

22/09/2018

Jual beli

Meskipun semua asuransi mampu memberikan pelayanan terhadap kendaraan, namun ternyata ada batas usia mobil untuk asuransi yang diperbolehkan.

Lihat juga

Jangan Sembarangan Beli, Berikut Adalah Mobil yang Rawan Ditolak Asuransi

16/09/2018

Jual beli

Menggunakan asuransi merupakan proteksi terhadap segala kemungkinan yang ada. Namun tidak semua mobil bisa langsung diterima. Ada beberapa mobil yang rawan ditolak asuransi. Apa saja?

Lihat juga