Tahu Kapan Facelift Mobil Adalah Cara Terbaik Memilih Mobil, Kenapa?

10/03/2020

Jual beli

3 menit

Share this post:
Tahu Kapan Facelift Mobil Adalah Cara Terbaik Memilih Mobil, Kenapa?
Facelift dan generasi baru menjadi istilah yang sering digunakan oleh pabrikan mobil. Ternyata mengetahui kapan facelift mobil adalah salah satu cara terbaik untuk memilih mobil. Ini alasannya.

Bagi Anda yang ingin membeli kendaraan, ada banyak pertimbangan yang dibutuhkan, seperti harga, tampilan serta fitur yang diberikan. Pabrikan kendaraan memiliki facelift serta perubahan generasi untuk menarik minat konsumen. Nah, untuk mempermudah Anda memilih, mengetahui kapan facelift mobil adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan model baru dengan tampilan dan fitur yang lebih baru.

Apa itu facelift mobil

Secara umum, mobil baru mendapatkan desain ulang setiap empat hingga enam tahun. Di sela-sela perancangan ulang, setiap tiga tahun atau lebih, mobil akan mendapatkan facelift untuk membantu mobil terlihat lebih segar. Dilansir dari Auto Trader, pergantian ini disebut dengan ‘Siklus Model” otomotif yang dilakukan oleh semua perusahaan otomotif.

mobil baru Mitsubishi Xpander 2020 berwarna hitam
Facelift mobil adalah perubahan minor, seperti kehadiran Mitsubishi Xpander 2020

>>> Toyota Agya Facelift Siap Hadir Bulan Ini, Sudah Pakai Keyless Entry!

Lalu apa yang disebut dengan facelift atau desain ulang? Facelift mobil adalah pembaruan minor pada eksterior maupun interior atau peningkatan fitur yang dirancang agar mobil tetap segar dan modern. Anda bisa melihat mobil facelift adalah tampilan baru dari model sebelumnya; seperti penambahan bumper baru, desain roda baru, warna cat baru, bahkan beberapa fitur baru.

Beberapa facelift mencakup pembaruan teknologi kendaraan, sementara yang lain fokus pada fitur yang lebih canggih dan sesuai dengan perkembangan teknologi terbaru. Contohnya minor facelift yang diberikan pada Mitsubishi Xpander bulan lalu. Xpander mendapatkan desain grille baru pada bagian luar serta fitur Hands Free Steering yang diberikan pada varian Xpander Sport.

>>> Review Mitsubishi Xpander Limited 2019, Hanya Xpander Dengan Tambahan Paket Aksesoris?

Generasi baru (Redesign)

Tak hanya perubahan berupa facelift, namun pabrikan memiliki berbagai cara untuk membuat kendaraan tak membosankan. Salah satunya dengan melakukan redesign atau tampilan yang lebih baru dalam generasi baru. Perubahan tampilan yang lebih besar biasanya digunakan ketika kendaraan sudah berumur empat atau lima tahun.

sports car Toyota Supra baru dan lama berwarna merah
Perbedaan desain generasi baru dan lama Toyota Supra

Dari tahun ke tahun, pabrikan otomotif biasanya melakukan perancangan ulang (redesign) untuk memperbarui eksterior dan interior kendaraan, dan bahkan di bawah kap. Perubahan tentu saja dilakukan untuk menciptakan pengalamanan berkendara yang lebih baik bagi pemiliknya, serta untuk berkompetisi dengan model lain di segmen yang sama.

Beberapa desain ulang dalam generasi baru mencakup pembaruan teknologi kendaraan. Sementara yang lain fokus pada fitur baru yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dibandingkan facelift, redesign biasanya dilakukan setiap beberapa tahun, memberikan waktu untuk mengukur fitur dan desain baru sebagai daya tarik bagi pembeli.

>>> Begini Cara Kerja G-Vectoring Control Plus Pada Mazda 2 Facelift 2019​​​​​​​

Ubahan model year (MY)

Istilah Model Year (MY) lebih terkait dengan spesifikasi atau perubahan minor yang dilakukan pabrikan terhadap mobil untuk menyambut tahun baru. Dilansir dari Auto Expert, penggantian Model Year didefinisikan sebagai ‘perubahan produk baru, biasanya menunjukkan perubahan spesifikasi dasar dibandingkan model sebelumnya.”

model baru Suzuki Ertiga 2019 berwarna cokelat
Model Year baru bisa ditemukan pada Suzuki Ertiga 2020

Jika facelift mobil adalah ubahan kendaraan, Model Year sebenarnya tak terlalu banyak berbeda. Hal ini pun terletak pada penamaan yang dilakukan oleh pabrikan otomotif. Di Indonesia, salah satu ubahan Model Year yang baru saja dilakukan bisa ditemukan pada Suzuki Ertiga 2020. Penambahan fitur terbaru dari Suzuki Ertiga dilakukan pada awal tahun lalu, sebelum PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan Suzuki XL7.

Perubahan ini terlihat pada bagian interior dimana All New Suzuki Ertiga tipe GL, GX, dan Suzuki Sport mendapatkan armrest pada bangku baris kedua. Model baru tipe GX dan Suzuki Sport mendapatkan pola black with wood grain. Sedangkan tipe GL mendapatkan panel AC digital serta peningkatan head unit 8 inci dengan remote control.

>>> Suzuki XL7 Meluncur Akhir Pekan Ini, Diskon Ertiga Jadi Tembus Puluhan Juta Rupiah

Keuntungan mengetahui facelift dan generasi baru

Setelah mengenal facelift serta desain ulang yang dilakukan oleh pabrikan, Anda bisa memahami siklus model otomotif. Lalu, apa pentingnya mengerti tentang facelift maupun perubahan generasi? Tentu saja hal ini berimbas pada perubahan serta peningkatan yang diberikan pada kendaraan, di antaranya desain yang lebih maskulin atau peningkatan teknologi yang digunakan.
Namun perhatikan prioritas utama Anda ketika membeli mobil baru. Anda bisa menunggu untuk facelift dengan tampilan yang lebih baru serta berbagai peningkatan fitur yang lebih canggih. Hanya saja, kemungkinan besar perubahan yang dilakukan membuat mobil baru memiliki harga yang lebih mahal.

mobil baru Wuling Cortez 2019 berwarna merah
Keuntungan membeli mobil lama adalah Anda bisa mendapatkan diskon

>>> Klik sini untuk simak tips dan trik jual beli mobil yang berguna lainnya

Tapi kehadiran model yang lebih baru membuat model lama akan mendapatkan berbagai diskon dan penawaran dari pabrikan. Diler akan memberikan berbagai diskon untuk menghabiskan model lama yang belum mendapatkan facelift. Hal ini juga berlaku untuk mobil dengan Nomor Identifikasi Kendaraan (NIK) di tahun lama ketika berganti tahun.

Saat Anda membeli mobil baru, jangan hanya melihat statistik dan harga. Pastikan juga untuk membaca ulasan dan mengetahui apakah mobil akan mendapatkan desain ulang, atau pembaharuan dalam waktu dekat. Mengerti tentang facelift mobil adalah salah satu cara untuk mendapatkan kendaraan terbaik untuk teman perjalanan Anda.

>>> Dapatkan berbagai tips dan trik menarik lainnya hanya di sini

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Sejarah Mobil SUV, Angkutan Perang yang Laris Manis di Pasaran

04/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Dikenal sebagai angkutan perang pada awal kemunculannya, sejarah mobil SUV berkembang menjadi kendaraan yang bisa digunakan di semua medan hingga menghadirkan interior yang mewah untuk jalanan perkotaan.

Lihat juga

Mobil Crossover Adalah SUV yang Lebih Mungil, Benarkah Demikian?

03/03/2020

Jual beli

3 menit

Banyak yang menyebutkan mobil crossover adalah SUV dengan dimensi yang lebih kompak. Sebenarnya, anggapan tersebut tidak salah. Tetapi ada beberapa pengertian lanjutan dari segmen yang semakin berkembang ini.

Lihat juga

7 Beda SUV dan MPV, Mulai dari Sejarah Hingga Profil Ban

03/03/2020

Jual beli

3 menit

Masih bingung akan membeli SUV atau MPV? Bagi Anda yang masih penasaran dengan beda SUV dan MPV, berikut Cintamobil.com menjelaskan beberapa perbedaan untuk memudahkan Anda memilih mobil pilihan Anda.

Lihat juga

5 Kategori Pilihan Mobil MPV Paling Nyaman untuk Keluarga Anda

09/03/2020

Jual beli

3 menit

Masih bingung memilih mobil MPV paling nyaman untuk keluarga? Berikut beberapa kategori yang bisa Anda pertimbangkan untuk memilih kendaraan terbaik bagi teman perjalanan Anda.

Lihat juga

First Drive Mitsubishi Xpander Cross, Paduan Fungsi MPV Dengan Citarasa Petualang SUV

06/02/2020

Mobil baru

3 menit

Apa jadinya ketika MPV Mitsubishi Xpander diimbuhi elemen desain macho ala SUV? Simak impresi first drive kami berikut ini…

Lihat juga