Simulasi Kredit Mobil BRI untuk Mobil Brio & Avanza

31/03/2021

Jual beli

3 menit

Mengetahui simulasi kredit mobil BRI atau bank lain, bisa menjadi acuan Anda sebelum membeli mobil baru atau bekas. Simak di sini

Tingginya penggunaan kredit dalam hal kepemilikan mobil, membuat prosesnya juga semakin mudah. Tidak hanya dari leasing dan bank saja yang menawarkan, tapi juga fintech. Salah satu bank yang menjadi pilihan banyak orang adalah BRI.

Nah, informasi berikut akan menjelaskan syarat, proses, hingga simulasi kredit mobil BRI khususnya untuk Honda Brio dan Toyota Avanza. Kedua mobil ini memang menjadi bagian penting dalam industri otomotif Tanah Air tahun lalu, mengingat keduanya merupakan duo mobil terlaris 2020 meski diterpa tantangan pandemi.

>>> Tertarik Membeli Mobil? Berikut Tips Menghitung Simulasi Kredit Mobil Bekas

Penting Diketahui Sebelum Kredit Mobil di Bank 

Honda Brio dan Toyota Avanza masih mendominasi kendaraan yang kerap Anda temui di jalan raya. Bahkan mobil Brio menjadi mobil Honda paling murah di Indonesia. Tak heran jika Brio menjadi tulang punggung penjualan HPM di Indonesia, baik tunai maupun kredit.

Mengetahui simulasi kredit mobil Brio melalui Bank BRI Syariah menjadi hal penting. Jika budget Anda belum memenuhi membeli mobil secara cash, membeli kredit bisa jadi solusi. Fasilitas pinjaman ini sangat membantu Anda dalam mempunyai mobil buat keperluan mendesak tanpa harus menunggu uang cashnya cukup. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum menghitung simulasi kredit mobil.

  1. Ketahui harga mobil. Dengan mengetahui harga mobil, Anda jadi tahu berapa biaya yang akan dipinjam kepada bank.
  2. Mengetahui uang muka. Beberapa bank menerapkan uang muka minimal 25%-30% harga mobil. Harga mobil akan dikurangi uang muka. Jika ingin cicilan lebih ringan, siapkan uang muka yang besar.
  3. Suku bunga kredit mobil. Ada dua jenis suku bunga pada simulasi kredit mobil, yakni suku bunga flat dan suku bunga floating. Flat menawarkan suku bunga yang tak berubah dari tahun ke tahun yang biasanya menggunakan angka 4,8% per tahun.
  4. Jangka waktu. Biasanya jangka waktu kredit berdasarkan kesepakatan Anda dengan leasing yang dibagi menjadi per tahun, seperti 1 tahun, 2 tahun, atau 5 tahun, bahkan beberapa leasing memberikan tenor maksimal 10 tahun.
  5. Biaya lainnya. Ada biaya tambahan saat Anda melakukan kredit mobil. Bukan hanya tenor dan suku bunga, tapi juga ada biaya administrasi, provinsi, asuransi, hingga polis asuransi tambahan.

>>>  Ini Dia Perbedaan Kredit Mobil Syariah dengan Kredit Konvensional

        Simulasi Kredit Mobil BRI untuk Brio dan Avanza

Jika ingin kredit mobil, pastikan jumlah tabungan sudah cukup dan memenuhi syarat. Biar lebih jelas, Anda dapat melakukan simulasi kredit. Simulasi akan membantu menghitung berapa besar tagihan setiap bulannya. Tentukan dulu mobil yang ingin Anda beli dan lakukan simulasi seperti simulasi kredit mobil Brio dan Avanza. Bila Anda lebih tertarik pada mobil second, juga bisa membuat simulasi kredit mobil bekas. Saat ini, sudah banyak dari penjual yang menawarkan kredit buat mobil bekas. Berikut referensi simulasi kredit mobil dari Bank BRI.

Contoh Simulasi Kredit Mobil Brio Bank BRI Finance

Tampak samping  Honda Brio RS putih

Mobil Brio menjadi mobil ramah lingkungan

>>> Begini Simulasi Kredit Mobil Honda Jazz DP 20 Juta

Sejak pertama kali dikenalkan di Indonesia, Honda telah merilis berbagai tipe mobil Brio. Hal ini memungkinkan Anda memiliki pilihan Brio, salah satunya Brio Satya yang menjadi mobil ramah lingkungan Low Cost Green Car (LCGC) dengan tipe A, S, dan E. Pada 2016, HPM menambah Brio RS dengan model city car. Sebelum mengetahui simulasi mobil Brio, ketahui dahulu harga mobil Brio 2021.

TIPE MOBIL

HARGA HONDA BRIO BARU (OTR)

Honda Brio Satya S M/T

Rp. 149.000.000

Honda Brio Satya E M/T

Rp. 158.000.000

Honda Brio Satya E CVT

Rp. 173.500.000

Honda Brio RS M/T

Rp. 188.500.000

Honda Brio RS CVT

Rp. 204.000.000

Setelah mengetahui harga mobil Brio, berikut ini simulasi kredit mobil Brio di Bank BRI. Simulasi Honda Brio RS CVT untuk area Jawa Wilayah 2 (DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten) dengan asuransi mobil komprehensif dan angsuran dibayar dibelakang (ADDB).

  • Harga mobil: Rp 204.000.000
  • Uang muka: 30%
  • Tipe pembayaran asuransi: dicicil
  • Tenor: 60 bulan
  • Total bayar pertama: Rp 65.344.182
  • Angsuran: Rp 3.772.000

>>> Simulasi Kredit Mobil Avanza DP 50 Juta

Contoh Simulasi Kredit Mobil Avanza Bank BRI

Tampak samping New Avanza hitam

Mobil Avanza menjadi pilihan keluarga Indonesia

Harga terjangkau, irit bahan bakar, dan perawatan yang mudah mungkin menjadi ciri khas mobil Toyota Avanza. Sejak dirilis 2013, Avanza menjadi pilihan keluarga Indonesia. Besaran kredit mobil Avanza pun bervariasi, ada yang mulai dari satu tahun hingga lima tahun. Sebelum membahas simulasi kredit Avanza melalui Bank BRI, ketahui harga Toyota Avanza 2021:

Model

Harga Toyota Avanza

TOYOTA AVANZA 1.3 E STD M/T

Rp. 200.200.000

New Avanza 1.3 E STD A/T

Rp. 211.400.000

New Avanza 1.3 E M/T

Rp. 202.700.000

New Avanza 1.3 E A/T

Rp. 213.900.000

New Avanza 1.3 G M/T

Rp. 220.550.000

New Avanza 1.3 G A/T

Rp. 231.250.000

>>> Refinancing Mobil, Solusi Kesulitan Cicilan Kredit

Dari daftar tersebut, Anda bisa membuat simulasi kredit mobil Avanza. Misalnya Anda berencana membeli Avanza tipe 1.3 G A/T dengan harga Rp 231.250.000, tenor kredit 5 tahun, dengan DP 25%, maka hitungannya adalah sebagai berikut:

  • Harga mobil: Rp 231.250.000
  • Tenor kredit: 60 bulan
  • DP 25%: Rp 57.812.500
  • Pokok hutang: Rp 231.250.000 – Rp 57.812.500 = Rp 173.437.500
  • Bunga: 5.5%
  • Angsuran pokok: Rp 2.890.625
  • Angsuran bunga/bulan: Rp 794.922
  • Angsuran/bulan: Rp 3.685.547
  • Provinsi: Rp 1.734.375
  • Administrasi: Rp 1.500.000
  • TDP (DP+Biaya Administrasi+Provinsi: Rp 61.046.875

>>> Kredit Mobil Paling Murah di Bank Mana? Ini Tips Mencarinya

Simulasi kredit mobil juga dapat Anda lakukan di Bank lain dan nominalnya juga tidak jauh berbeda. Anda dapat mengunjungi website atau menghubungi bank yang diinginkan untuk mengetahui simulasi kredit mobil bank BRI Syariah, simulasi kredit mobil Mandiri, simulasi kredit mobil BNI, Bank BCA, dan lain lagi. Perlu diingat, setiap bank punya syarat dan kebijakan berbeda dalam proses peminjaman. 

Bank BRI menjadi salah satu bank terpercaya, aman, dan mudah dalam proses peminjamannya. Tak heran banyak orang yang memilihnya. Adanya simulasi kredit mobil BRI seperti tadi, dapat dijadikan acuan untuk mengetahui berapa besar biaya yang harus dikeluarkan tiap bulannya jika ingin membeli mobil bekas atau baru. Selain BRI, Anda juga bisa melakukan simulasi sendiri di bank lain seperti Mandiri, BNI, atau BCA.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya tentang mobil baru dan bekas

Pertanyaan Sering Diajukan

Bagaimana prinsip kredit mobil Syariah?
Kredit mobil syariah menggunakan akad jual beli (murahabah) atau akad sewa dengan perubahan kepemilikan di akhir (ijarah wa iqtina).
Apa saja yang dibutuhkan sebelum kredit mobil?
Beberapa dokumen yang dibutuhkan seperti, KTP, SIM, atau paspor, KK, NPWP, slip gaji, bukti bayar PBB, rek listrik dan air, dan tagihan kartu kredit 3 bulan.
Berapa lama waktu kredit mobil?
Jangka waktu atau tenor kredit mobil tergantung dari kesepakatan Anda dengan leasing, umumnya 1-5 tahun.

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.

 
back to top