SIM Mati saat Lebaran? Ini yang Harus Dilakukan

10/05/2021

Jual beli

2 menit

Share this post:
Bagi Anda dengan kendala SIM mati saat Lebaran, Anda bisa memperpanjang SIM mengikuti masa dispensasi yang diberikan oleh Kapolri di layanan penerbitan SIM.

Di masa libur Lebaran 2021, seluruh kantor pemerintahan tak lagi beroperasi. Sehingga Anda perlu mempersiapkan diri ketika akan mengurus dokumen-dokumen resmi yang diperlukan. Seperti pengumuman baru dari Kapolri yang menyebutkan bahwa layanan penerbitan Surat Izin Mengemudi atau SIM akan ditutup beberapa hari ke depan.

Tutup selama masa libur Lebaran

Sesuai dengan surat Kapolri Nomor ST/959/V/YAN/1/1//2021 yang dikeluarkan pada 6 Mei 2021 lalu, menyebutkan bahwa layanan penerbitan SIM akan ditutup selama Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Idul Fitri 1442 H, mulai dari tanggal 12 Mei hingga 16 Mei 2021. Tak hanya di Jakarta, pemberitahuan ini juga berlaku di tempat layanan SIM keliling maupun Samsat di seluruh Indonesia.

layanan SIM keliling yang ada di Indonesia
Layanan penerbitan SIM ditutup selama libur Lebaran 2021

>>> Pembuatan dan Perpanjangan SIM Bisa Gratis? Begini Penjelasannya

Bagi Anda yang memiliki SIM sebelum Oktober 2020, maka masa berlaku SIM sesuai dengan tanggal lahir pemiliknya. Maka bagi SIM mati saat Lebaran akan mendapatkan dispensasi berupa perpanjangan masa tenggang. Sehingga Anda bisa mengunjungi pelayanan penerbitan SIM pada tanggal 17 hingga 19 Mei 2021.

Penting untuk diingat bahwa pemohon perpanjangan SIM berusia 5 yang melakukan mekanisme perpanjangan di luar masa tenggang tersebut akan diberlakukan mekanisme penerbitan SIM baru. Sebagaimana dijelaskan dalam surat ST/985/IV/2016 tertanggal 20 April 2016 huruf BBB poin 3 bahwa untuk SIM yang habis masa berlakunya, walaupun 1 hari, tak dapat diperpanjang.

>>> Cara Membayar Perpanjangan SIM Lewat Aplikasi Sinar

Perpanjang secara online

Namun bagi masyarakat yang ingin memperpanjang SIM mereka, Kepala Sub Direktorat SIM Direktorat Registrasi dan Identifikasi Korps Lalu Lintas Polri, Kombes Pol Jati menyebutkan bahwa perpanjangan SIM bisa dilakukan secara online. Walaupun prosesnya tentunya akan ditindaklanjuti setelah masa libur Lebaran 2021.

aplikasi Sinar untuk perpanjang SIM secara online
Anda bisa gunakan aplikasi Sinar untuk mengurus SIM mati

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat SIM baru atau perpanjang SIM online adalah Sinar. Hanya dengan mengisi informasi dan biodata serta melampirkan kelengkapan lainnya, Anda bisa membuat SIM baru dari rumah. Nantinya SIM baru akan dikirim ke rumah pemohon melalui layanan Pos Indonesia.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil bekas terbaik di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top