Agar Tidak Salah Pilih, Ini 5 Tips Membeli Mobil di Showroom Mobil Bekas Jakarta

27/04/2021

Jual beli

3 menit

Jika Anda hendak membeli mobil di showroom mobil bekas, tidak ada salahnya menyimak beberapa tips berikut agar tidak salah pilih mobil.

Urbanisasi menjadikan Jakarta sebagai kota yang penuh sesak dengan segala aktivitas. Dengan banyaknya aktivitas warga Jakarta, mobilitasnya pun tentu sangat cepat dan tinggi. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor di ibukota, baik mobil atau kendaraan roda dua. Tidak hanya mobil baru, mobil bekas di Jakarta pun banyak diminati. 

Membeli mobil bekas di showroom adalah solusi yang tepat bagi sebagian orang. Di showroom mobil bekas, Anda dapat menemukan berbagai jenis mobil dari banyak merk, tahun pembuatan hingga kisaran harga yang sesuai dengan budget. Di Jakarta sendiri, ada banyak showroom mobil yang menawarkan berbagai macam mobil bekas, namun Anda harus teliti sebelum memutuskan membeli mobil di showroom mobil bekas Jakarta.

Membeli mobil bekas di Jakarta tidak semudah yang dibayangkan, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. Berikut tips membeli mobil di showroom mobil bekas Jakarta.

1. Hati-Hati pada Mobil Bekas Banjir

Mobil Bekas Banjir Bisa Berisiko Rusak

Mobil terendam banjir kemungkinan besar mengalami masalah

Jakarta memang tidak hanya terkenal dengan kemacetannya saja, tetapi juga masalah banjir yang sering ditemui ketika musim hujan. Jangan sampai Anda membeli mobil bekas banjir. Agar tidak salah memilih cek terlebih dahulu kondisi mobil yang hendak dibeli dengan melihat bodi sampingnya, jika terdapat garis kotor pada bodi mobil kemungkinan besar mobil tersebut bekas terendam banjir.

Jika Anda membeli mobil di showroom mobil bekas di Jakarta, tanyakan secara mendetail kondisi mobil yang hendak dibeli. Anda harus teliti dan waspada saat membeli mobil bekas. Agar lebih yakin, tak ada salahnya Anda membawa seseorang yang ahli untuk memerika sebelum membeli mobil di showroom mobil bekas.

>>> Cek Showroom Toyota, Ada Mobil dengan Insentif Pajak 0%

2. Bekali dengan Informasi Seputar Mobil 

Sebelum pergi mendatangi showroom mobil bekas, bekali diri Anda dengan informasi melalui riset online. Saat ini sudah banyak website yang menyediakan ulasan mobil bekas secara lengkap, salah satunya Cintamobil.com. Anda dapat mencari tahu jenis dan merk mobil yang hendak dibeli. Setelah menemukan merek dan model yang cocok, pastikan harga pasaran dan spesifikasinya. Jangan lupa untuk selalu mencatat informasi yang Anda dapat agar dapat berkonsultasi dengan pihak showroom.

3. Manfaatkan Situs Online 

Browsing di Situs Online untuk Mencari Info Mobil Bekas

Browsing di situs online untuk mencari info mobil bekas sebelum membeli

Bagi Anda yang sibuk dan tidak sempat untuk mendatangi showroom, Anda dapat menggunakan smartphone atau laptop untuk membeli mobil bekas di Jakarta. Tak hanya itu Anda juga dapat mencari dimana tempat showroom mobil bekas murah Jakarta melalui internet. Kini sudah banyak situs jual beli mobil bekas online di Jakarta yang menawarkan kemudahan proses. Hal ini sangat membantu konsumen agar tidak perlu membuang-buang waktu mengunjungi setiap showroom mobil.

Dengan mengunjungi situs jual beli mobil bekas ini, Anda dapat mencari showroom mobil bekas sesuai dengan domisili. Contohnya jika Anda tinggal di Jakarta Barat, dengan situs online akan sangat mudah menemukan showroom mobil bekas Jakarta barat. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mencari showroom mobil bekas Jakarta Selatan, showroom mobil bekas di Jakarta Timur dan daerah sekitar Jakarta. 

>>> Tips Beli Mobil Bekas di Showroom, Wajib Teliti Jika Tak Mau Rugi

4. Lebih Baik Kredit mobil Bekas Jakarta 

Membeli mobil secara tunai memang jauh lebih menguntungkan. Tapi bagi sebagian orang menabung untuk membeli mobil sangatlah sulit apalagi tinggal di Jakarta. Kebutuhan hidup sehari-hari membuat banyak orang sulit menabung untuk membeli mobil. Redi mobil bisa menjadi solusi utama untuk Anda membeli mobil bekas.

Selain itu, jika membeli mobil secara kredit Anda sudah mendapat asuransi. Mobil di Jakarta sangat rentan overheat dan sering melewati banjir, sehingga dibutuhkan perawatan lebih. Melakukan perawatan mobil memerlukan biaya yang tidak sedikit, akan sangat menguntungkan jika hal itu dicover oleh asuransi. 

5. Lakukan Test Drive 

Agar lebih yakin dengan mobil pilihan Anda di showroom mobil bekas di Jakarta, jangan ragu untuk melakukan test drive. Anda tentu akan lebih mudah merasakan dan mengidentifikasi kenyamanan mobil tersebut saat membawa menuju jalan raya. 

Orang sedang melakukan test drive

Sebelum membeli, pastikan untuk test drive terlebih dahulu 

>>> Nasib Penjualan Mobil Bekas di Tengah Diskon PPnBM Mobil Baru

6. Tawar Harga di Bawah Budget Anda

Berapa anggaran Anda untuk membeli mobil di showroom mobil bekas? Berapapun budget Anda jangan pernah menawar harga mobil langsung pada budget maksimum yang dimiliki. Contohnya Anda menganggarkan Rp150 juta untuk membeli sebuah mobil bekas. Jika mobil yang Anda inginkan lebih dari budget, jangan tawar langsung sesuai budget.

Mulai dari harga terendah, contohnya Rp100 juta. Tawar mobil sewajarnya. Tawar menawar lazim dilakukan pembeli di showroom mobil second Jakarta sebelum membeli mobil. Jika Anda menawar dengan harga terlalu rendah bisa-bisa pihak showroom menganggap Anda tidak serius membeli. 

penampakan showroom mobil bekas

Periksa kembali kondisi mobil sebelum membeli

7. Jangan Sebutkan Budget Anda Saat Membeli Mobil

Sangat pantang menyebutkan berapa banyak budget atau anggaran untuk membeli mobil saat melakukan negosiasi dengan showroom. Contohnya, jika Anggaran Anda sebanyak Rp 250 juta, tapi belum bisa menentukan mobil pilihan jangan katakan budget Anda pada pihak showroom mobil second Jakarta.

Jika Anda menyebutkan besarnya anggaran yang dimiliki untuk membeli mobil pihak showroom akan memberikan pilihan mobil seharga budget yang Anda miliki. Hal ini membuat sulit melakukan tawar menawar, padahal dengan tidak menyebutkan besarnya anggaran yang dimiliki bisa menjadi salah satu strategi mendapatkan mobil impian dengan harga murah.

Itulah 7 tips membeli mobil di showroom mobil bekas Jakarta yang bisa Anda terapkan sebelum membeli mobil. Jika sudah menemukan mobil bekas idaman yang cocok dan kondisinya baik, Anda dapat melakukan pengecekan dokumen sebagai langkah akhir sebelum membeli mobil bekas. Pastikan STNK dan BPKB mobil lengkap, jika memungkinkan cek juga riwayat servis mobil yang hendak Anda beli.

>>> Tips Beli Mobil Bekas di Showroom, Wajib Teliti Jika Tak Mau Rugi

Pertanyaan Sering Diajukan

Bagaimana cara kredit mobil?
Anda dapat menghubungi dealer resmi atau showroom mobil baru atau bekas untuk proses kerdit mobil.
Berapa lama pengajuan kredit mobil di-acc?
Proses pengajuan hingga disetujui oleh leasing untuk kredit mobil biasanya membutuhkan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu. Jika seluruh syarat terpenuhi maka akan semakin cepat prosesnya.
Apakah mobil kredit bisa balik nama?
Bisa, Anda harus meminta surat keterangan dari pihak leasing untuk balik nama mobil yang sedang dalam masa kredit.
Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top