Setelah Membeli Mobil Bekas Impian, Ini Yang Harus Anda Lakukan Selanjutnya

20/10/2019

Jual beli

4 menit

Share this post:
Setelah Membeli Mobil Bekas Impian, Ini Yang Harus Anda Lakukan Selanjutnya
Segera lakukan hal ini agar mobil baru Anda bisa secepatnya dibawa berkendara dengan aman dan legal

Anda pasti senang dan bangga karena akhirnya bisa meminang mobil bekas impian. Namun jangan terlalu lama larut dalam perasaan senang atau memandang mobil baru kesayangan , karena masih ada beberapa hal penting yang perlu Anda lakukan agar mobil baru dapat digunakan secara aman dan legal ketika diajak menemani berbagai aktivitas bersama Anda dan keluarga. Untuk itu, Cintamobil akan memberikan tips seputar apa yang harus Anda lakukan setelah membeli mobil bekas berikut ini.

>>> 6 Mobil Bekas Terpopuler Tahun 2016 dengan Harga Terbaik dari Cintamobil.com

Segera lakukan pengecekan dan servis

Foto ilustrasi servis di bengkel resmi

Lakukan pengecekan kembali dan servis agar mobil baru Anda aman dan nyaman saat digunakan

Hal yang Anda lakukan setelah membeli mobil bekas adalah kembali melakukan pengecekan dan servis. Minta pihak bengkel kembali lakukan pengecekan secara keseluruhan dan perhatikan apa saja yang yang harus diganti atau diperbaiki. “Minimal ganti pelumas atau cek kondisi air filter, ban, kampas & minyak rem, filter AC dan lampu-lampu,” sahut Yusuf dari Astrido Toyota, Pondok Gede. Tujuannya, agar Anda bisa bebas khawatir dan aman ketika berkendara.

>>> Servis Mobil Tua Sebaiknya di Bengkel Resmi atau Bengkel Umum?

Urus dokumen kepemilikan

Foto dokumen kepemilikan kendaraan bermotor

Segera lakukan balik nama agar mobil Anda dapat digunakan secara legal

Selanjutnya, Hal yang Anda lakukan setelah membeli mobil bekas selanjutnya adalah mengurus Dokumen dan legalitas mobil yang baru saja Anda beli. Pertama Anda harus melakukan balik nama untuk mengganti kepemilikan dari pemilik mobil sebelumnya menjadi sepenuhnya milik Anda. Persiapkan dokumen seperti KTP asli, STNK & BPKB asli, faktur atau kwitansi pembelian dan fotokopi KTP pemilik sebelumnya. sebelum Anda melakukan proses bea balik nama, Anda terlebih dahulu harus melakukan cek fisik kendaraan di Samsat. Pengurusan balik nama ini juga akan menentukan Pajak Kendaraan Bermotor yang perlu Anda bayarkan jika memang sudah jatuh tempo agar mobil Anda legal untuk digunakan di jalan raya.

>>> Dapatkan tips jual beli lainnya hanya di sini

Pertimbangkan untuk gunakan asuransi

Foto ilustrasi tentang asuransi mobil

Asuransi diperlukan untuk memberikan perlindungan finansial ketika hal yang tak diinginkan terjadi pada mobil Anda

Banyak keuntungan saat Anda menggunakan asuransi, seperti perlindungan dari hal tak diinginkan yang mungkin saja bisa menimpa mobil Anda. Asuransi juga menyediakan perlindungan untuk mobil bekas dengan batasan usia tertentu. Anda bisa memilih untuk tipe asuransi, seperti all risk atau Total Loss Only (TLO). Untuk asuransi all risk, tanggungan atas segala jenis kerusakan dapat tercover, bahkan untuk kerusakan ringan seperti baret, bisa Anda klaim. Namun Anda perlu membayar premi yang lebih besar. Sementara untuk asuransi TLO, Anda hanya akan membayar klaim saat terjadi kehilangan mobil total akibat perampasan maupun pencurian. TLO juga akan mengganti kerugian kehilangan akibat kerusakan yang terjadi di atas 75%.

>>> Temukan mobil pilihan dengan harga terbaik di sini

Cek kembali dan lengkapi aksesori mobil Anda

Foto tool set dan emergency kit untuk mobil

Tool set dan emergency kit sangat diperlukan saat kondisi darurat di jalan

Hal yang Anda lakukan setelah membeli mobil bekas terakhir adalah dengan melengkapi aksesori yang penting untuk Anda miliki, seperti tool kit, kompresor ban portable, kabel jumper, tali atau strap untuk menarik kendaraan hingga senter. Selain itu, cek juga peralatan bawaan mobil seperti dongkrak, kunci ban, segitiga pengaman dan P3K. Jika rusak atau tak lengkap, segera siapkan dana untuk membeli yang baru, karena Anda akan sangat membutuhkannya saat darurat di jalan.

>>> Simak juga tips seputar otomotif di sini

Share this post:

Berita lain

Untung Rugi Beli Mobil Bekas di Diler Resmi APM

12/10/2019

Jual beli

5 menit

Saat memutuskan untuk beli mobil bekas di diler resmi yang disediakan APM, maka ada kerugian dan keuntungan yang perlu Anda perhatikan. Apa saja?

Lihat juga

Harga Mobil Baru Naik, Pasar Mobil Bekas Diuntungkan

07/10/2019

Jual beli

3 menit

Kenaikan harga mobil baru seringkali tak terelakkan, namun hal tersebut justru membuat pedagang mobil bekas senang. Tiap ada kenaikan harga mobil baru, pasar mobil bekas cenderung mengalami peningkatan.

Lihat juga

Bekas Rasa Baru, Ini Dia 3 Mobil Bekas Terpopuler Tahun 2018 di Cintamobil.com

05/10/2019

Jual beli

4 menit

Jika harga menjadi prioritas bagi Anda untuk membeli mobil, Anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan umur yang tergolong muda. Dan Cintamobil.com siap memberikan 3 daftar mobil bekas terpopuler tahun 2018 yang bisa Anda pilih.

Lihat juga

Tips Membeli Mobil Pick Up Bekas

17/10/2019

Jual beli

5 menit

Tak hanya mobil penumpang saja, kami juga akan memberikan tips membeli mobil komersial, salah satunya adalah tips membeli mobil pick up bekas. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan ketika ingin membeli mobil pick up bekas?

Lihat juga

Banyak Penjual Suku Cadang Mobil Online, Simak Tips Berburu Spare Part Murah di Sini

09/10/2019

Jual beli

5 menit

Sedang mencari suku cadang mobil kesayangan dengan metode online shopping, apa saja hal yang harus diperhatikan agar mendapatkan harga termurah? Simak ringkasannya pada artikel ini.

Lihat juga